Penerapan Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai Kejujuran pada Peserta Didik Sekolah Dasar

Yohana Antonia Nini Lebao, Vinsensius Bawa Toron, Petrus Tukan

Abstract


Abstract: This study aims to describe the strategy of Catholic Religious Education (PAK) teachers in shaping the honest character of students at Penikenek Elementary School. This research is important to do because the value of honesty is the main foundation in the formation of the character of students with integrity, but in practice it is often ignored in everyday life at school. Using a descriptive qualitative approach, data were collected through interviews, observations, and documentation. the data analysis technique used in this research is the Miles and Huberman model, namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results showed that honest character is instilled through value learning, habituation, exemplary, and educational sanctions. Teachers act as role models and moral facilitators who instill the value of honesty consistently according to the teachings of the Catholic faith. Despite challenges such as cheating behavior and minor dishonesty, a reflective and humanist approach helps students develop moral awareness. This study recommends strengthening school and parent cooperation, continuous teacher training, and integration of honesty values in all learning processes to form a school culture with character.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Katolik (PAK) dalam membentuk karakter jujur peserta didik di SDN Penikenek. Penelitian ini penting dilakukan karena nilai kejujuran merupakan fondasi utama dalam pembentukan karakter peserta didik yang berintegritas, namun dalam praktiknya sering kali diabaikan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Miles dan Huberman, yaitu redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter jujur ditanamkan melalui pembelajaran nilai, pembiasaan, keteladanan, dan pemberian sanksi edukatif. Guru berperan sebagai teladan dan fasilitator moral yang menanamkan nilai kejujuran secara konsisten sesuai ajaran iman Katolik. Meskipun ditemukan tantangan seperti perilaku mencontek dan ketidakjujuran kecil, pendekatan yang reflektif dan humanis membantu siswa mengembangkan kesadaran moral. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kerja sama sekolah dan orang tua, pelatihan guru secara berkelanjutan, serta integrasi nilai kejujuran dalam seluruh proses pembelajaran untuk membentuk budaya sekolah yang berkarakter.


Keywords


Teacher Strategies; Honesty Values; Catholic Religious Education; Students; Elementary School.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Amanah, Luluk Ma’rifatul. 2024. “The Authoritative Style as an Effective Approach to Fostering Discipline among Tahfidz Students at Pesantren Kyai Syarifuddin Lumajang.” Risalatuna Journal of Pesantren Studies 4(2): 139–52. doi:10.54471/rjps.v4i2.3532.

Andriani, R. 2020. Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Agama. Jakarta: Prenadmedia.

Block, Ilene G. 1978. 9 Middle School Journal Discipline with Dignity. doi:10.1080/00940771.1978.11495422.

Creswell, and Poth. 2018. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches Approaches. Sage: Publications.

Dianti, Yira. 2017. “Penerapan Moderasi Beragama Dan Peniddikan Karakter Di Lingkungan Pendidikan Agam Dan Keagamaan Katolik Nusa Tenggara Timur.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.: 5–24. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf.

Febriyanto B, Patimah D, and Rahayu A. 2020. “Pendidikan Karakter Dan Nilai Kedisiplin.” Elemantria Edukasia 3(1): 75–81.

Groome, Thomas H. 1998. “Hope for the ‘Dirty Hands’: A New General Directoty for Catechesis.” The Furrow 49(4): 220–28.

Gultom, Joni Manumpak Parulian, Vicky Baldwin Goldsmith Dotulong Paat, and Otieli Harefa. 2022. “Christian Mission, Spiritual Leadership and Personality Development of the Digital Generation.” PASCA : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 18(1): 47–63. doi:10.46494/psc.v18i1.179.

Hastin, Endang, Sekar Wulan, and Rosalina Br Ginting. 2024. “Implementasi Pojek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Menumbuhkan Karakter Mandiri Di Sekolah Dasar Negeri Jombor Kecamatan Jumo Kabupaten Temanggung.” Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 7(12): 13845–57.

Herdian. 2017. “Ketidakjujuran Akademik Pada Saat Unbk Tahun 2017.” Jurnal Psikologi Jambi 2(2): 1–9.

Hutabarat, Nunut, Hisardo Sitorus, Andar Gunawan Pasaribu, Iwan Setiawan Tarigan, and Arif Surpi Sitompul. 2024. “Pengaruh Keteladanan Guru PAK Terhadap Karakter Kristiani Dan Minat Belajar PAK Siswa / Siswi Kelas XI SMA Swasta HKBP 1 Tarutung Tahun Ajaran 2023 / 2024 Dan Terus Menerus . Karakter Dibentuk Melalui Pendidikan Karakter Dengan Adanya Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen dan Katolik 2(4): 220–30.

Hutapea, R. 2021. “Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Jujur Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal :Pendidikan Karakter 11(1): 55–64.

Kanji, Hasnah, Nursalam Nursalam, Muhammad Nawir, and Suardi Suardi. 2020. “Integration of Social Care Characters and Moral Integratif on Social Science Lessons in Elementary School.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 12(2): 413–27. doi:10.35445/alishlah.v12i2.260.

Lamberty, F. 2022. “Pendekatan Nilai Injil Dalam Pendidikan Katolik.” Jurnal: Teologi dan Pendidikan 9(2): 112–21.

Lestari, N. 2021. “Krisis Moral Generasi Muda Dalam Dunia Pendidikan.” Jurnal: Ilmu Pendidikan 23(4): 215–27.

Lickonia, Thomas. 2012. Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.

Linda, E. 2024. Nilai-Nilai Kejujuran Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Manik, J. 2022. “Guru Sebagai Teladan Dalam Pendidikan Karakter.” Jurnal: Edukatif 14(1): 48–59.

Marlina, S. 2019. “Kesenjangan Nilai Dan Perilaku Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal: Pisikologi Pendidikan 21(2): 132–40.

Miles, and Huberman. 2018. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Sage: Publications.

Munif, Muhammad, Fathor Rozi, and Siti Yusrohlana. 2021. “Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Nilai-Nilai Kejujuran.” Fondatia 5(2): 163–79. doi:10.36088/fondatia.v5i2.1409.

Muqodas, Idat. 2011. “Cognitive-Behavior Therapy : Solusi Pendekatan Praktek Konseling Di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling 1(14): 1–22.

Musbikin, Imam. 2021. Pendidikan Karakter Dan Religius Dasar Pembentukan Karakter. Nusamedia.

Muslich, Masnur. 2022. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Natalia, M. 2023. Pendidikan Katolik Dan Pembentukan Iman Anak. Bandung: Nusa Media.

Ndruru, Yurniman, Gina Glory Septiani, Laia Sekolah, Tinggi Theologi, Injili Arastamar, ( Setia, ) Jakarta, et al. 2024. “Pembentukan Karakter Kristen: Implikasi Teologi Terhadap Praktik Pengajaran PAK Yurniman Ndruru Sekolah Tinggi Theologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta.” Tri Tunggal: Jurnal Pendidikan Kristen dan Katolik 2(2): 134–47. https://doi.org/10.61132/tritunggal.v2i2.268.

Pattiasina, Petrus Jacob. 2024. Pendidikan Karakter.

Pertiwi, Nunung Dian. 2021. “Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Jujur Pada Anak.” Jurnal Pendidikan Dasar: Jurnal Tunas Nusantara 3(1): 324–35.

Pike, Mark A., Peter Hart, Shirley-Anne S. Paul, Thomas Lickona, and Paula Clarke. 2021. “Character Development through the Curriculum: Teaching and Assessing the Understanding and Practice of Virtue.” Journal of Curriculum Studies 53(4): 449–66. doi:10.1080/00220272.2020.1755996.

Pranata, A. 2020. “Kontribusi Pendidikan Agama Dalam Pembentukan Moral Siswa.” Jurnal:Pendidikan Agama 12(3): 90–101.

Ramadhani, S. 2021. “Peran Kepribadian Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa.” Jurnal: Guru Inspiratif 8(1): 34–45.

Resi, A, and L Peha. 2022. “Peran Guru Katolik Dalam Menumbuhkan Kejujuran.” Jurnal: Pastoral dan Pendidikan 10(2): 76–85.

Seran, M. 2023. “Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Siswa.” Jurnal: Pendidikan Moral 15(1): 89–98.

Stepu, Srinora, and Simbolon. 2024. “Guru Sebagai Gembala Dalam Pendidikan Karakter.” Jurnal: Pendidikan Teologi 7(2): 143–55.

Sugiyono. 2019a. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019b. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryana, Danan. 2021. Pendidikan Anak Usia Dini: Teori Dan Praktik Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Tandi, M. 2019. “Media Digital Dan Pengaruhnya Terhadap Nilai Moral Anak.” Jurnal: Teknologi Pendidikan 17(1): 100–110.

Wibowo, A. 2020. “Tantangan Pendidikan Karakter Di Era Global.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia 8(1): 67–75.

Widiana, Y W, A Saepudin, and R W Dari. 2023. “Strategi Perkembangan Nilai Moral Agama Pada Anak Usia Dini.” Plamboyan Edu 1(1): 83–94. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/plamboyan/article/view/325.

Wijaya, D, and B Purwanto. 2018. Gravissimum Educationis Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Katolik. Jakarta: Penerbit Obor.

Wiranto Wiranto, Lisa Sababalat, and Sandra R Tapilaha. 2024. “Guru Pendidikan Agama Kristen Memiliki Peran Penting Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral Dan Spiritual Kepada Peserta Didik Di Sekolah.” Tri Tunggal: Jurnal Pendidikan Kristen dan Katolik 2(2): 01–10. doi:10.61132/tritunggal.v2i2.226.

Yuliana, F. 2020. “Integritas Guru Dan Dampaknya Terhadap Moralitas Siswa.” Jurnal: Ilmu Pendidikan 22(2): 95–105.




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v8i2.31719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Yohana Antonia Nini Lebao, Vinsensius Bawa Toron, Petrus Tukan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: