Studi Literatur: Dampak Penerapan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP
Abstract
Abstract: Good education is one that keeps pace with the times. Education in the 21st century, also known as the 4th Industrial Revolution, utilizes digital technology and focuses on 21st-century learning skills. In this context, the Problem-Based Learning (PBL) model has emerged as a promising approach to enhancing critical thinking skills among junior high school students. This study aims to analyze the impact of implementing the Problem Based Learning (PBL) model on junior high school students' critical thinking skills through literature studies. The research method involved collecting and analyzing 13 scientific articles published in 2021-2025. The data analysis technique used was content analysis to categorize findings based on critical thinking indicators and the effectiveness of the PBL learning model. The results showed that PBL significantly improved students' critical thinking skills, with evidence of increased N-Gain, learning activity, and motivation. These findings are supported by various variations of PBL, including those assisted by technology and cultural contexts, demonstrating the effectiveness of PBL as an interactive and student-centered learning approach.
Abstrak: Pendidikan yang baik yaitu yang mengikuti perkembangan zaman. Pendidikan di abad 21, juga disebut revolusi industri 4.0, menggunakan teknologi digital dan berfokus pada keterampilan belajar abad ke-21. Dalam konteks ini, model Problem Based Learning (PBL) telah muncul sebagai pendekatan yang menjanjikan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis di kalangan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP).Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP melalui studi literatur. Metode penelitian melibatkan pengumpulan dan analisis 13 artikel ilmiah terbitan tahun 2021-2025. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik content analysis untuk mengkategorikan temuan berdasarkan indikator berpikir kritis, dan efektivitas model pembelajaran PBL.Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, dengan bukti peningkatan N-Gain, aktivitas belajar, dan motivasi. Temuan ini didukung oleh berbagai variasi PBL, termasuk yang berbantuan teknologi dan konteks budaya, menunjukkan efektivitas PBL sebagai pendekatan pembelajaran yang interaktif dan berpusat pada siswa.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Ali, M., & Nabilah, A. E. A. (2025). Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 85–90.
Anggraeni, D. M., Prahani, B. K., Suprapto, N., Shofiyah, N., & Jatmiko, B. (2023). Systematic review of problem based learning research in fostering critical thinking skills. Thinking Skills and Creativity, 49, 101334. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2023.101334
Anwar, I., Rohmani, L. A., & Putra, A. A. I. A. P. (2023). Peningkatan Berpikir Kritis Siswa Smp Dalam Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(01), 145–151. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i01.430
Ardiyanti, F., & Nuroso, H. (2021). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Mipa Dalam Pembelajaran Fisika. Karst : Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 4(1), 21–26. https://doi.org/10.46918/karst.v4i1.945
Azis, A. K., Yunus, S. R., & Saenab, S. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL ) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SAINS INDONESIA, 4(1), 129–140.
Berlian, L., Cahyani, A. P., Indriani, I., Liyanissani, H., Maisuni, N., & Putri, R. G. (2025). Pengembangan ensiklopedia berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pendidikan MIPA, 15(Maret), 303–314.
Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Accarya, 12(1), 61–69. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1056.61-69
Firdaus, J. A., Ummah, R. I., Aprialini, R. R., Fithriyyah, A., Mahsusi, & Faizin, A. (2025). Ketergantungan Penggunaan Kecerdasan Buatan ( AI ) pada Tugas Akademik Mahasiswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif. Jurnal Kependidikan, 14(1), 1203–1214.
Fitroty, I. Y., Wahyuni, E. A., Ahied, M., Hartiningsih, T., & Rakhmawan, A. (2023). Pembelajaran Problem Based Learning Berpendekatan Socio-Scientific Issue Berbantuan Buletin untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Natural Science Educational Research, 6(3), 1–11.
Gapari, M. Z. (2025). Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas VII melalui Model Pembelajaran Berbasis Keterampilan di MTs. NW Selebung Ketangga. AS-SABIQUN, 7(2), 322–335. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v7i2.5646
Hadi, M. S., & Metroyadi. (2023). Meningkatkan Aktivitas Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa, Menggunakan Kombinasi Model PBL, Discovery Learning dan Talking Stick. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 866–875.
Khairannawalirizki, Hasratuddin, Puryati, & Syahril. (2025). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Digital Berbasis Gender Terhadap Kemampuan Hasil Belajar Dan Berpikir Kritis Ipa Siswa Kelas VIII SMP IP Daarul Arqam. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 6(1), 635–649.
Maghfiroh, H., Hartiningsih, T., Rakhmawan, A., Fikriyah, A., & Sutarja, M. C. (2025). Keterampilan Berpikir Kritis Sebagai Dampak Model Pbl Berbantuan Mind Mapping Di SMPN 4 Bangkalan. Jurnal Natural Science Educational Research, 8(1), 68–76.
Meriska, N., & Sudibyo, E. (2025). Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 5(1), 398–406.
Newton, S. E., & Moore, G. (2013). Critical Thinking Skills of Basic Baccalaureate and Accelerated Second-Degree Nursing Students. Nursing Education Perspectives, 34(3), 154–158. https://doi.org/10.5480/1536-5026-34.3.154
Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 23–33. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11
Paul, R. W., & Elder, L. (2009). The Miniature Guide to Critical Thinking Concepts & Tools. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:197403892
Pravitasari, D. (2021). Implementasi Model Problem Based Learning ( PBL ) Secara Blended Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Smp Islamic Qon Gresik. Jurnal Pedago Biologi, 9(2), 9–18.
Putri, D. K., Hidayah, R., & Yuwono, Y. D. (2023). Problem Based Learning: Improve Critical Thinking Skills for Long Life Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(7), 5049–5054. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i7.4188
Putri, D. M., & Fitri, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Alveoli: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(1), 41–52.
Rizqa, Y., Danil, M., & Aldyza, N. (2025). Penerapan Model Problem-based learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Bagian-bagian Tumbuhan. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 5(1), 78–89. https://doi.org/10.32665/jurmia.v5i1.3638
Robbani, H. (2025). Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. ABDUSSALAM: Jurnal Pendiddikan Dan Kebudayaan Islam, 1(1), 79–85.
Sari, N. R., Alfiaturrohmah, H., & Sudarti, S. (2023). Analisis Dampak Radiasi Oleh Pltn Terhadap Populasi Organisme Di Laut. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(2), 73–81. https://doi.org/10.29100/.v5i2.4154
Sundari, U. Y., Panudju, A. A. T., Nugraha, A. W., Purba, Nugraha, F., Erilina, Y., Nurbaiti, N., Kalalinggi, S. Y., Afifah, A., Suheria, Elsandika, G., Setiawan, R. Y., Alfiyani, L., & Pereiz, Z. (2024). Metodologi Penelitian. CV. Gita Lentera.
Wahyuni, S., Hartono, F. V., Hafizhah, N., Slavira, L. D., Astutik, D. S., Lisnawati, W., & Izmarini, D. (2023). Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(4), 963–969.
Wayudi, M., Suwatno, S., & Santoso, B. (2020). Kajian Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 67–82. https://doi.org/10.17509/jpm.v5i1.25853
World Economic Forum. (2023). Annual report 2022/2023. In Veterinary Record (Vol. 193, Issue 4). https://doi.org/10.1002/vetr.3399
Yanti, E., Utari, M., & Putra, S. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 14(1), 91–101.
Yulisriyanti. (2024). Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(2), 942–953.
DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v8i3.32307
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ayu Agustina Zahro, Rayendra Wahyu Bachtiar, Firdha Yusma, Fauziyatul Iffah, Sri Wahyuni, Arvidhea Safira Gunawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: