Pengembangan Modul IPA Berbasis Suistainable Development Goals untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
Abstract
Abstract: This study aims to develop a science learning module based on the Sustainable Development Goals (SDGs) to enhance junior high school students' critical thinking skills. The development process follows the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The module integrates global issues such as climate change, biodiversity, and renewable energy into science subject matter. Content and media experts validated the module, while its effectiveness was tested through pretest and posttest using a critical thinking skills instrument. The results show that the developed module is highly valid, with an average validation score of 92%. Moreover, there was a significant improvement in posttest scores compared to pretest scores, indicating the module's effectiveness in enhancing students' critical thinking. Therefore, the SDGs-based science module can serve as an innovative alternative for contextual and sustainable learning in schools.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) guna meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Pengembangan dilakukan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Modul dirancang dengan mengintegrasikan isu-isu global seperti perubahan iklim, keanekaragaman hayati, dan energi terbarukan ke dalam materi pembelajaran IPA. Uji validitas dilakukan oleh ahli materi dan media, sedangkan efektivitas modul diuji melalui pretest dan posttest menggunakan instrumen keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan sangat valid dengan skor rata-rata validasi sebesar 92%. Selain itu, terjadi peningkatan signifikan pada hasil posttest dibandingkan pretest, menunjukkan bahwa modul efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Dengan demikian, modul IPA berbasis SDGs ini dapat dijadikan sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran kontekstual dan berkelanjutan di sekolah.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Apriani, R., Haruna, A. I., Erlina, E., Sahputra, R., & Ulfah, M. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Multipel Representasi dengan Bantuan Teknologi Augmented Reality untuk Membantu Siswa Memahami Konsep Ikatan Kimia. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(4), 305–330. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i4.23260
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Jamaluddin, J., Jufri, A. W., Muhlis, M., & Bachtiar, I. (2020). Pengembangan Instrumen Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pijar Mipa, 15(1), 13–19. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i1.1296
Makhrus, M., Harjono, A., Syukur, A., Bahri, S., & Muntari, M. (2018). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Terhadap Kesiapan Guru Sebagai “Role Model” Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran Ipa Smp. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1): 66-72 halaman? https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.171
Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa Pendidikan Matematika , Universitas Sanata Dharma Yogyakarta , Indonesia E-mail : Abstrak PENDAHULUAN Abad 21 memberikan banyak peluang bagi dunia pendidikan untuk be. Aksioma, 9(3), 480–492.
Novianti, R., Suhendar, S., & Ratnasari, J. (2023). Pengembangan E-Module Berbasis Education for Sustainable Development untuk Melatihkan Kompetensi Berpikir Kritis pada Siswa. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1), 639. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i1.7986
Pratama, R., Alamsyah, M., & Noer, S. (2022). Analisis Kebutuhan Guru Terhadap Pengembangan Modul dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 2(1), 7. https://doi.org/10.30998/edubiologia.v2i1.9769
Puspitasari, E., Dwi Aristya Putra, P., & Handayani, R. D. (2021). Pengembangan Buku Ajar Fisika Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor di SMA. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 2(1), 44–52. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i1.465
Putri, P. A., Chandra, A. N., Idrus, H., Deswita, P., & Anaperta, M. (2023). Validasi Modul Tata Surya Model PBL Terintegrasi Al-Qur’an Berbasis Augmented Reality (AR) untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs. Edusainstika: Jurnal Pembelajaran MIPA, 3(1), 74. https://doi.org/10.31958/je.v3i1.10134
Putri, S. K., Nugraha, A., Putri, A. R., & Indonesia, U. P. (2025). Analisis kebutuhan pengembangan e-modul berbasis 7. 08(01), 81–88.
Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 441.
Rahim, R., Siregar, R. F., Ramadhani, R., & Anisa, Y. (2022). Implementasi Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa di SD Amalyatul Huda Medan. Jurnal Abdidas, 3(3), 519–524. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i3.621
Ramdhani, E. P., Khoirunnisa, F., & Siregar, N. A. N. (2020). Efektifitas Modul Elektronik Terintegrasi Multiple Representation pada Materi Ikatan Kimia. Journal of Research and Technology, 6(1), 162–167. https://journal.unusida.ac.id/index.php/jrt/article/view/152
Rizkika, M., Putra, P. D. A., & Ahmad, N. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis STEM pada Materi Tekanan Zat untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 7(1), 41–48. https://doi.org/10.24905/psej.v7i1.142
Rikizaputra, Festiyed, Y. Adha, dan Yerimadesi. 2021. Meta-Analisis: Validitas dan Praktikalitas Modul IPA Berbasis Saintifik. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi. 8(1): 45-56.
Rusmiyati, B., Artayasa, I. P., & Raksun, A. (2024). Penerapan LKPD IPA Berbasis Sains Teknologi Masyarakat (STM) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 727–732. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2172
Setiawan, T. Y., Destrinelli, D., & Wulandari, B. A. (2022). Keterampilan Berfikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Radec di Sekolah Dasar: Systematic Literature Review. Justek: Jurnal Sains dan Teknologi, 5(2), 133-141
Shayan, N. F., Mohabbati-Kalejahi, N., Alavi, S., & Zahed, M. A. (2022). Sustainable Development Goals (SDGs) as a Framework for Corporate Social Responsibility (CSR). Sustainability (Switzerland), 14(3), 1–27. https://doi.org/10.3390/su14031222
Sukowati, V. P., & Harjono, N. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10641–10646. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3212
Tareze, M., Indri Astuti, & Afandi. (2022). Model Pembelajaran Kolaborasi SDGs Dalam Pendidikan Formal Sebagai Pengenalan Isu Global Untuk Meningkatkan Kesadaran Sosial Peserta Didik. Visipena, 13(1), 42–53. https://doi.org/10.46244/visipena.v13i1.1978
DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v8i3.32588
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Aliviosapta Teguh Irgiantoro, Pramudya Dwi Aristya Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: