Innovation of Non-Test Assessment of Maharah Kitabah through Integrative Assessment Approach of Arabic Language Book of Ministry of Religion Class VII (2020)

Lintang Lutfhi Kirani, Amanda Listiani, M. Sujatmiko, R. Umi Baroroh

Abstract


Abstract: This study was conducted to innovate authentic assessment so that it may serve as a reference for teachers in evaluating Mahārah Kitābah (Arabic writing skills). The purpose of this research is to identify and analyze forms of non-test assessment innovations in Arabic writing skills that align with the principles of integrative assessment. Data were collected through library research, a method that involves gathering, reviewing, and synthesizing theories from various relevant sources such as books, journals, and previous studies. Data analysis employed content analysis, where information obtained from the Grade VII Arabic Language Textbook published by the Ministry of Religious Affairs (2020) and supporting literature was first reduced by selecting data relevant to the focus of the study, namely non-test assessment, integrative approaches, and writing skills (Mahārah Kitābah). The filtered data were then categorized into specific themes, such as types of non-test assessments, integrative principles, and their application in teaching. Subsequently, the data were interpreted by connecting the textbook content with theories from the literature to identify models or forms of non-test assessment innovations. The findings indicate that two methods are employed in assessment, namely the census and survey method, and the authentic method. Within the census and survey method, five assessment instruments are utilized: questionnaires, interviews, attitude scales, checklists, and sociometry. In contrast, the authentic method employs two instruments: observation and portfolio. These findings highlight innovative forms of non-test assessment in evaluating Mahārah Kitābah as reflected in the 2020 edition of the Grade VII Arabic Language Textbook published by the Ministry of Religious Affairs.

Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk menginovasi pada penilaian autentik, agar penilaian ini dapat menjadi rujukan bagi guru dalam menilai maharah kitabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis bentuk-bentuk inovasi penilaian non-tes dalam keterampilan menulis bahasa Arab (mahārah kitābah) yang sesuai dengan prinsip penilaian integratif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode studi kepustakaan, yaitu metode penelitian yang melibatkan pengumpulan data serta mengkaji dan memahami teori-teori dari berbagai literatur yang relevan dengan topik penelitian. Dalam pengumpulan data, penelitian ini mengadopsi strategi penggalian dan penyusunan informasi dari berbagai referensi seperti buku, jurnal, dan penelitian terdahulu. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode analisis isi (content analysis). Data yang diperoleh dari Buku Bahasa Arab Kementerian Agama kelas VII (2020) serta literatur pendukung terlebih dahulu direduksi dengan cara memilih informasi yang relevan dengan fokus penelitian, yaitu penilaian non-tes, pendekatan integratif, dan keterampilan menulis (maharah kitabah). Selanjutnya data yang telah disaring dikelompokkan ke dalam kategori tertentu, misalnya jenis-jenis penilaian non-tes, prinsip integratif, dan bentuk penerapannya dalam pembelajaran. Setelah itu, data ditafsirkan dengan menghubungkan isi buku dengan teori yang ditemukan dalam literatur, sehingga dapat diidentifikasi model atau bentuk inovasi penilaian non-tes yang sesuai. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dua metode yang digunakan dalam penilaian, yaitu metode sensus dan survei, serta metode autentik. Untuk metode sensus dan survei, terdapat lima instrumen penilaian yang digunakan, yaitu angket, wawancara, skala sikap, daftar cek, dan sosiometri. Sedangkan untuk metode penilaian autentik, terdapat dua instrumen penilaian yang digunakan, yaitu observasi dan portofolio. Berikut adalah temuan-temuan yang berhasil ditemukan oleh peneliti untuk menginovasikan penilaian mahārah kitābah dalam buku Kemenag tahun 2020 untuk kelas VII.


Keywords


Innovation; Non-Test; Maharah Kitabah; Integrative Approach; Ministry Of Religion 2020.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Adzakiah, A., Fanirin, M. H., & Humaeroh, I. (2023). Analisis, Mah a ̄ rah al-kit a ̄ bah, Pembelajaran, Bahasa Arab. SIYAQIY: Jurnal Pendidikan Dan Bahasa Arab, 1(1), 1–9.

Agnes Sirinding, Dini Kania, Fajar Tri Nuryati, Muhammad Faizul Muzaqih, Nauval Ali Ahmad, S. N. K. (2023). Analisis Kesulitan Guru Dalam Penerapan Penilaian Autentik Pada Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Cendikia Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(3), 160–167.

Aziza, L. F., & Muliansyah, A. (2020). Keterampilan Berbahasa Arab Dengan Pendekatan Komprehensif. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 19(1), 56–71. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v19i1.2344

Boeriswati, E. (2019). Penilaian Integratif Bahasa Indonesia Berbasis Neuroscience Suatu Tututan Kurikulum 2013. Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV, c. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/viewFile/5022/3184

Dan, O., Dalam, S., & Ips, P. (2015). 41019-ID-pengembangan-instrumen-keterampilan-sosial-berbasis-observasi-dan-sosiometri-dal. 1.

Diva, Z. T. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi pada Siswa Kelas VII SMPN 13 Kota Bengkulu PENDAHULUAN Pembelajaran dapat menjadi rangkaian aktivitas yang menjadikan seseorang tidak tahu menjadi tahu tentang sesuatu yang bernilai . Pembe. 7(3), 433–444.

Djumingin, S. (2017). Indeks 379. In Penilaian Pembelajaran Bahasa & Sastra Indonesia Teori dan Penerapannya.

Firmaningrum, F., Ichwani, I., & Qomari, N. (2024). Model Tes Keterampilan Produktif : Maharah Kalam dan Kitabah. Risalah : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 10(3), 1146–1162.

Gonibala, M. L. (2022). Integrasi nilai-nilai moderasi beragama pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA kelas X. Journal of Islamic Education Policy, 7(1), 68–79. https://journal.iain-manado.ac.id/index.php/jiep/article/view/1905

Hapsari, N. A., & Mawardi, M. (2024). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap untuk Mengungkap Sikap Tanggung Jawab Siswa SD. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 2246–2255. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i3.6644

Hasbi, K., Islam, U., Sultan, N., & Kasim, S. (2024). Analisis Butir Soal pada Buku Lembar Kerja Siswa Madrasah Tsanawiyah Kelas 7 ( Maharah Kitabah ) dalam Perspektif Ali Alkhuli. MUMTAZA : Journal of Arabic Teaching, Linguistic And Literature, Vol 4 No 1 Tahun 2024., 4(1), 1–10.

Hermawan, A. (2021). Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab : Prinsip dan operasional ( rika indrawati (ed.); pertama). PT Remaja Rosdakarya.

Hidayah, L. U., Imam Supardi, K., & Woro Sumarni. (2018). Penggunaan Instrumen Lembar Wawancara Pendukung Tes Diagnostik Pendeteksi Miskonsepsi Untuk Analisis Pemahaman Konsep Buffer-Hidrolisis. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1), 2075–2085.

Ida Wijayanti, Asmal May, & Hikmah. (2024). Analisis Instrumen Maharah Kitabah di Buku Bahasa Arab VII Kemenag. INTIFA: Journal of Education and Language, 1(1), 30–40. https://doi.org/10.62083/9qxnhb20

Kemenag. (2024). Menggagas Integrasi Survei Keberagamaan Masyarakat Indonesia.

Laili, T. S., & Mulyati, Y. (2024). Pembelajaran integratif dalam pendidikan bahasa Indonesia : sebuah tinjauan literatur sistematis. 7, 603–612.

Magdalena, I., Eka Saputri, A., & Dia Dara, S. (2020). Penilaian Berbasis Kelas dan Portofolio Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa SDN Karang Tengah 2. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 327–341. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Maspeke, N. M., Baroroh, R. U., Mandaka, D. A. P., Wahyuni, H., & Nur, Y. M. (2024). Inovasi Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Kitabah Pada Buku Bahasa Arab Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Terbitan Kemenag 2020. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 7(2), 708. https://doi.org/10.35931/am.v7i2.3667

Musbar. (2019). Perbandingan Penilaian Otentik dan Konvesional. https://www.scribd.com/document/601491337/Perbandingan-Penilaian-Otentik-Dan-Konvensional

Mutiara, E. D., Baroroh, R. U., & ... (2025). Developing Technology-Based Authentic Assessment for Maharah Kitabah in the Ministry of Religious Affairs’ Arabic Textbook. LISANIA: Journal of …, 9(1), 174–199. https://ejournal.uinsalatiga.ac.id/index.php/lisania/article/view/3463

Nasution, Z. M., Ramadhan, F., Putri, N. A., Marhamah, A., & Nasution, S. (2023). Urgensi Mahāratul Kitābah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 4(2), 153–163. https://doi.org/10.31943/counselia.v4i2.115

Nazwa Awallul Rahma, Rizka Adillah Lesmana, Zuriatun Fitrah, Maulidatul Husna Khoinur, & Sakholid Nasution. (2024). Strategi Peningkatan Keterampilan Menulis Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(1), 28–36. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i1.269

Nilma Wahyuni Nasution. (2024). Urgensi Penerapan Pembelajaran Maharah Santri / Wati Pondok Pesantren Bi ’ Ibadillah Batang Angkola Tapanuli Selatan. Sathar: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab Vol., 2(2), 20. https://doi.org/10.59548/je.v2i2.235

Nurlitasari, A., & Hamami, T. (2023). Assessment as, for, of learning pembelajaran pendidikan agama Islam tingkat menengah atas. Humanika, 23(2), 225–234. https://doi.org/10.21831/hum.v23i2.61406

Peneltian, J., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Dasar, J. P., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Pura, U. T. (2013). Melalui Pendekatan Integratif Pada Siswa Kelas V Sdn 02 Sejaruk Param Yuliana Nim F33111026 Melalui Pendekatan Integratif Pada Siswa Kelas V Sdn 02 Sejaruk Param.

Perdata, I. B. K. (2016). Instrumen Observasi Kegiatan Inti Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik (5M) di SMA. Jurnal Santiaji Pendidikan, 6(2), 126–147.

Rudianto, R., & Mahfud, M. (2023). Konsep Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Proses Belajar Mengajar. Journal of Islamic Education, 1(1), 13–22. https://doi.org/10.61231/jie.v1i1.66

Semadi, Y. P. (2021). Pembelajaran keterampilan menulis melalui metode reseptif produktif berbantuan media teks bermuatan nilai humanisme pada siswa kelas x smk negeri 1 sukawati. Jurnal Stilistika, 9(2), 192–205. https://doi.org/10.5281/zenodo.4910415

Setyawan, C. E., Islam, A., Bungo, Y., Tinggi, S., Islam, A., & Syuhada, M. (2024). Implementasi Penilaian Non-Tes Dalam Perkuliahan Di Prodi Pendidikan Bahasa Arab Se-Yogyakarta. 07, 182–198.

Siregar, S. W., Dakwah, F., Komunikasi, I., & Padangsidimpuan, I. (2019). Penggunaan Instrumen Sosiometri dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(1), 1–21. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/alirsyad

Suciati Rahayu, & Adiman. (2021). Penilaian Autentik Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, Dan Rekreasi. Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science, 1(1), 52–66. https://doi.org/10.52188/ijpess.v1i1.136

Sukmariantika, A. Z., Setiawan, A., & Prihatini, A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Integratif Pada Menulis Teks Cerita Fantasi Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 1 Tambakboyo Tuban. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 14(1), 257–267.

Ubaidillah, M., Qomari, N., Haddad, A. Al, & ... (2025). Digital Portfolio as an Authentic Assessment Instrument in Arabic Language Learning: A Literature Review. … Ilmu Pendidikan Indonesia, 4, 838–846. https://jpion.org/index.php/jpi/article/view/486%0Ahttps://jpion.org/index.php/jpi/article/download/486/309

Winarno, W., Muhtadi, Y., & Aldiya, M. A. (2019). Application of Learning Management Using Non-test Instrument to Improve the Quality of Education. Aptisi Transactions on Management (ATM), 3(1), 46–56. https://doi.org/10.33050/atm.v3i1.831




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v8i3.33491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Lintang Lutfhi Kirani, Amanda Listiani, M. Sujatmiko, R. Umi Baroroh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: