Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Android untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran IPA
Abstract
Abstract: Science learning is the process of acquiring knowledge about natural phenomena through observation and discovery to shape students' scientific thinking. Science literacy is important because it encompasses the ability to understand science concepts, apply the scientific method, as well as think critically and analytically in solving problems. This type of research is Research and Development (R&D). This research uses the ADDIE to develop learning media in the form of an Android application. This media aims to improve the science literacy of junior high school students on the topic of motion and forces. Data were collected through validation questionnaires, student response questionnaires, implementation sheets, and science literacy tests. The analysis technique in this research uses qualitative descriptive analysis techniques. The results show that the media is very valid (91%), very practical (87%), and quite effective with an N-Gain of 0.64. Student responses were also very good (84%). Thus, this Android-based learning media is worthy of use and effective in improving the science literacy of junior high school students.
Abstrak: Pembelajaran sains adalah proses memperoleh pengetahuan tentang fenomena alam melalui observasi dan penemuan untuk membentuk pola pikir ilmiah siswa. Literasi sains penting karena mencakup kemampuan memahami konsep IPA, menerapkan metode ilmiah, serta berpikir kritis dan analitis dalam memecahkan masalah. Jenis penelitian ini adalah Research & Development (R&D. Penelitian ini menggunakan model ADDIE untuk mengembangkan media pembelajaran berupa aplikasi Android. Media ini bertujuan meningkatkan literasi sains siswa SMP pada materi gerak dan gaya. Data dikumpulkan melalui angket validasi, angket respon siswa, lembar implementasi, dan tes literasi sains. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan media sangat valid (91%), sangat praktis (87%), dan cukup efektif dengan N-Gain 0,64. Respon siswa juga sangat baik (84%). Dengan demikian, media pembelajaran berbasis Android ini layak digunakan dan efektif dalam meningkatkan literasi sains siswa SMP.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Ardiansyah, A., Sahari, S., & Imron, I. F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Torso (APTOR) Berbasis Android Pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar Materi Alat Gerak Manusia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9440–9448.
Avianti, E. E., Ridho, Z. R., & Supeno. (2023). Pengembangan Media E-LKPD Untuk Meningkatkan Argumentation Skills Siswa SMP Dalam Pembelajaran IPA. ScienceEdu, VI(2), 124–131.
Damayanti, C., Rusilowati, A., & Linuwih, S. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran IPA Terintegrasi Etnosains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kreatif. JISE, 6(1), 116–128. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise
Damayanti, K. D., & Kristiantari, M. G. R. (2022). Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Android Dalam Pengenalan Bahasa Inggris Dasar Siswa Kelas VI. Mimbar Ilmu, 27(1), 81–89. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.46132
Fitriani, D. K., Supeno, Wahyuni, D., & Rahayuningsih. (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Jurnal Edu Science (JES), 9(2), 294–304.
Hanum, A., & Prima Mutia Sari, dan. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Kodular Berbasis Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Bagi Kelas 4 SD. AoEJ: Academy of Education Journal, 14(2), 494–505.
Hidayati, N., Rijanto, T., Widyartono, M., & Fransisca, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Software Articulate Storyline Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Software Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik SMKN 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(1), 127–135.
Ikawati, D. S., Agustin, E. W., Hakim, L., & Pratiwi, V. (2024). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Analisis Butir Soal Pilihan Ganda pada Siswa SMK Menggunakan Anates. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(6), 6773–6781. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i6.7780
Istighfarini, M. D., Supeno, S., & Ridlo, Z. R. (2022). Pengaruh Media Aplikasi Berbasis Android Terhadap Literasi Sains Dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(1), 61–70. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i1.221
Jamaludin, Z. Z. (2022). E-Modul Keanekaragaman Hayati Berbasis Education For Sustanable Development Untuk Mendukung Implementasi Flipped Learning. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1550–1670. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.3090
Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183–191.
Narut, Y. F., & Supardi, K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA Di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61–69.
OECD. (2023). PISA 2022 Assessment and Analytical Framework. OECD. https://doi.org/10.1787/dfe0bf9c-en
Padilah, A. N., Septiani, S., Latip, A., & Rahmaniar, A. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Komputer dan Smartphone dalam Pembelajaran IPA di SMP: A Literature Review. INFOTIKA: Jurnal Pendidikan Informatika, 3(2), 1-6.
Puspitasari, E., Putra, P. A. D., & Handayani, D. R. (2021). Pengembangan Buku Ajar Fisika Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor di SMA. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 2(1), 44–52. http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF
Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 433–440. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2924
Rindayu Sintya, Y., Sutadji, E., & Tri Djatmika, E. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar. Urnal Pendidikan, 5(8), 1105–1114. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Salsabila, S., Anriani, N., & Santosa, C. A. H. F. (2023). Pengembangan E-Modul Pada Android Menggunakan Kodular Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.25157/teorema.v8i1.8704
Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA Di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683-2693.
Tri Wahyuni, E., & Singgih Budiarso, A. (2024). pengembangan E-LKPD Berbasis Socio-Scientific Issueuntuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa Pada Pembelajaran IPA SMP. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(3), 1115–1165. http://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/eduproxima
DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v8i3.33701
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Haqqy Sriealam Pamungkhas, Supeno, Zainur Rasyid Ridlo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: