Revitalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Tradisi Ludruk melalui Pembelajaran IPS Berbasis Literasi Budaya Pada Siswa SMP

Fika Anjana, Nining Winarsih

Abstract


Abstract: This study aims to analyze the values of local wisdom in the Ludruk tradition and their application in cultural literacy-based social studies learning. The research used a qualitative approach with a case study. Data were obtained through observation, interviews, and documentation, then analyzed using source triangulation and reduced for categorization. The results indicate that the values of local wisdom in ludruk include (1) the value of mutual cooperation manifested through group cooperation activities when acting out roles, (2) the value of spirituality reflected in moral messages with religious nuances, (3) the value of tolerance through the depiction of characters from various backgrounds, and (4) the value of peace through kidungan containing humorous verses and songs with a peaceful rhythm. Implementation in social studies learning is carried out through three approaches: learning about ludruk, learning with ludruk as a medium, and learning through ludruk to build character. This research contributes to strengthening cultural literacy and character formation in junior high school students.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan menganalisis nilai-nilai kearifan lokal dalam tradisi Ludruk serta penerapannya di dalam pembelajaran IPS berbasis literasi budaya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan triangulasi sumber serta direduksi untuk dikategorisasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kearifan lokal dalam ludruk meliputi (1) nilai gotong royong yang dimanifestasikan melalui kegiatan kerjasama kelompok saat memerankan peran, (2) nilai spiritualitas yang tercermin dari pesan moral bernuansa keagamaan, (3) nilai toleransi melalui penggambaran tokoh dari berbagai latar belakang, serta (4) nilai cinta damai melalui kidungan berisi syair jenaka dan tembang berirama kedamaian. Implementasi dalam pembelajaran IPS dilakukan melalui tiga pendekatan: belajar tentang ludruk, belajar dengan ludruk sebagai media, dan belajar melalui ludruk untuk membangun karakter. Penelitian memberikan kontribusi pada penguatan literasi budaya dan pembentukan karakter siswa SMP.


Keywords


Revitalization; Local Wisdom Values; Ludruk Tradition; Social Studies Learning; Cultural Literacy.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Aeni, T. N. (2023). Implementasi Literasi Budaya Sebagai Solusi Disintegrasi Bangsa di Tengah Pandemi. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 25(1), 326–335. https://doi.org/https://doi.org/10.26623/jdsb.v25i1.4501

Affandy, S. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Meningkatkan Perilaku Keberagamaan Peserta Didik. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 2(2), 69–93. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/ath.v2i2.3391

Afiqoh, N., Atmaja, H. T., & Saraswati, U. (2018). Penanaman Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sejarah Pokok Bahasan Perkembangan Islam di Indonesia Pada Siswa Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Pamotan Tahun Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 40–50.

Akmalia, R., Situmorang, M. S., Anggraini, A., Rafsanjani, A., Tanjung, A., & Hasibuan, E. E. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Budaya dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMP Swasta Pahlawan Nasional. Jurnal Basicedu, 7(6), 3878–3885. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6373

Alfiyanti, N., & Lestari, P. (2022). Analisis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Kandri Kecamatan Gunungpati Sebagai Alternatif Sumber Belajar Ips Di Smp Negeri 22 Semarang. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 4(1), 15–20. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v4i1.53155

Ali Imron, & Ari Saidul Mujazin. (2022). Integrasi Budaya Lokal dan Pendidikan Islam: Internalisasi Nilai Moral dalam Geguritan ”Nurani Peduli” pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Bulletin of Indonesian Islamic Studies, 1(2), 101–116. https://doi.org/10.51214/biis.v1i2.402

Feny Rita Fiantika. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March). PT. Global Eksekutif Teknologi.

Hadiansyah, F., Djumala, R., Gani, S., Hikmat, A. an A., Nento, M. N., Hanifah, N., Miftahussururi, & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Budaya Dan Kewargaan. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah. Jurnal Satwika, 3(2), 155. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/satwika.v3i2.10244

Karsiwan, Retnosari, L., Lisdiana, A., & Hamer, W. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal di Lampung. Journal of Social Science Education, 4(1), 39–52. https://doi.org/https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v4i1

Nurhayani, & Salistina Dewi. (2022). Teori Belajar Dan Pembelajaran. In A. Hasyimi (Ed.), CV Gerbang Media Aksara (Anggota IKAPI). CV Gerbang Media Aksara.

Pratikno, A. S., & Hartatik, A. (2023). Pudarnya Eksistensi Kesenian Tradisional Ludruk Akibat Globalisasi Budaya. Civis : Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 12(2), 56–70. https://doi.org/10.26877/civis.v12i2.10623

Ridwan, A. E. (2016). Pendidikan IPS dalam membentuk SDM beradab. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1), 27–35. https://doi.org/10.17509/jpis.v23i1.2060

Rofiqoh, Y., & Fikri, M. K. (2025). Peran Guru Sebagai Model, Inspirasi dan Motivator Ramah Budaya untuk Membimbing Siswa di Sekolah Dasar. 04(01), 63–83. https://doi.org/https://doi.org/10.70294/juperan.v4i01.724

Sarosa, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif. PT Kanisius.

Sartini, & Adf. (2020). Menggali Kearifan Lokal Nusantara Sebuah Kajian Filsafati. Jurnal Filsafat, 37(2), 111–120.

Swastika, A. I., & Utami, I. W. P. (2024). Penerapan Scaffolding pada Zone of Proximal Development (ZPD) Kelas X DKV-2 Di SMK terhadap Mata Pelajaran Sejarah. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(1), 68–76. https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p68-76

Tamrin, M., S. Sirate, S. F., & Yusuf, M. (2011). Teori Belajar Vygotsky dalam Pembelajaran Matematika. Sigma (Suara Intelektual Gaya Matematika), 3(1), 40–47.

Tohani, E., & Sugito. (2019). Penguatan Literasi Budaya Bagi Pelaku Seni Budaya Desa Kalirejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 14(1), 39–46. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JIV.1401.4

WIDIANTI, F. D. (2022). Dampak Globalisasi Di Negara Indonesia. JISP (Jurnal Inovasi Sektor Publik), 2(1), 73–95. https://doi.org/10.38156/jisp.v2i1.122

Yusnaldi, E. (2019). Potret Baru Pembelajaran IPS. In Perdana Publishing. Perdana Publishing.




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v8i3.33707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Fika Anjana, Nining Winarsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: