Inovasi Bisnis pada UMKM Alfa Tanjak Tanjungpinang
Abstract
Abstract: The purpose of this research is to find out the innovations that have been made by Alfa Tanjak in its products, namely the creation of tanjak designs/models, collaborating with various attractive tanjak colors, developing products with tanjak nuances, and making packaging as unique as possible so that consumers are interested in the products sold by Alfa. Tanjak because it has packaging that doesn't exist anywhere else in Tanjungpinang city. The research method used is a qualitative method to provide comprehensive information to researchers and the analytical technique used in this research is descriptive. The results of this study indicate that business innovations in the creative economy and adaptation of science and technology carried out by Alfa Tanjak highlight the characteristics of Malay culture, such as all attributes sold are tanjak sundries that can be used for various purposes such as fashion and event attributes, souvenirs, displays, etc.
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui inovasi yang telah dilakukan oleh Alfa Tanjak dalam produknya yakni kreasi desain/model tanjak, mengkolaborasikan beragam warna tanjak yang menarik, melakukan pengembangan produk bernuansa tanjak, dan membuat packaging seunik mungkin agar konsumen tertarik akan produk yang di jual oleh Alfa Tanjak karena ia memiliki packaging yang tidak ada di tempat lain di kota Tanjungpinang. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif untuk memberikan informasi yang komprehensif kepada peneliti dan teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi bisnis dibidang ekonomi kreatif dan adaptasi IPTEK yang dilakukan oleh Alfa Tanjak menonjolkan ciri khas kebudayaan melayu yaitu seperti semua atribut yang dijual merupakan serba-serbi tanjak yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti atribut fashion dan acara, souvenir, pajangan, dan sebagainya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azmi, U., Syam, E., & Aris, Q. I. (2020). Pengenalan Pemakaian Tanjak Melayu Pada Mahasiswa Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya. BIDIK: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.31849/bidik.v1i1.5062
Bahren, B., Ramadhani, I., & Suroso, E. (2018). Membangun Keunggulan Bersaing Melalui Inovasi Produk , Inovasi Proses , Inovasi. Jurnal Ekonomi Manajemen, 4(Mei), 8–18.
Bunga Aditi. (2018). Entrepreneurship & Startup Entrepreneur Yang Unggul.
Fahmi, M. R., Djatmika, E. T., Kusdiyanti, H., & Malang, N. (2021). Inovasi Produk : Peningkatan Kinerja Pemasaran. 2016, 1341–1353.
Hanim, L. (2018). UMKM dan Bentuk-Bentuk Usaha. http://research.unissula.ac.id/file/publikasi/210303041/6318UMKM_dan_Bentuk_-_Bentuk_Usaha.pdf
Hastuti, P., Nurofik, A., Purnomo, A., Hasibuan, A., & ... (2020). Kewirausahaan dan UMKM Yayasan Kita Menulis (Issue February 2021).
Irmawati, D. (2011). Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunia Bisnis. Orasi Bisnis, VI(November), 95–112.
Khoiri Abdi, M., & Febriyanti, N. (2020). Penyusunan Strategi Pemasaran Islam dalam Berwirausaha di Sektor Ekonomi Kreatif Pada Masa Pandemi Covid-19. El-Qist : Journal of Islamic Economics and Business (JIEB), 10(2), 160–178. https://doi.org/10.15642/elqist.2020.10.2.160-178
Mawardi, A. I., Aprilisanda, I. D., Pembangunan, U., Veteran, N., & Timur, J. (2021). Inovasi Pemasaran Produk Umkm. Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 6(1), 418–432.
Najib, M. F., Agustunus Februadi, Tjetjep Djarnika, Wahyu Rafdinal, Carolina Magdalena Lasambouw, & Neneng Nuryati. (2022). Inovasi Desain Kemasan (Packaging) sebagai Faktor Peningkatan Daya Saing Produk UMKM di Desa Ciwarua, Kabupaten Bandung Barat. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 56–64. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.8397
Putri, G. E. (2019). Daily Life Fashion: Produk Inovasi Fashion Yang Praktis, dan Fashionable Untuk Kehidupan Sehari-hari. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Sitio, vera sylvia saragi. (2017). Journal of Economics and Business Aseanomics ( JEBA ) Business Model Canvas. Journal of Economi and Business Aseanomics (JEBA), 2(1), hlm. 14-32.
Suendro, G. (2010). Analisis Pengaruh Inovasi Produk Melalui Kinerja Pemasaran Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Berkelanjutan (Studi kasus pada Industri Kecil dan Menengah Batik Pekalongan). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, IX(2), 230–243.
Yuliani, R., & Widyakanti, W. (2020). Peningkatan Penjualan Melalui Inovasi Kemasan dan Label Pada UMKM. Jurnal Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 2(2), 71–76. http://jurnal.pknstan.ac.id/index.php/KUAT/article/view/990
Refbacks
- There are currently no refbacks.