Penerapan Strategi Kolaboratif Dalam Membaca Pemahaman Teks Eksplanasi Smp Kelas VIII

Ulyma Tahara Arisandi, Putri Ayu Wulandari, Annisa Rizky Fadilla

Abstract


Salah satu aspek dalam pembelajaran bahasa Indonesia SMP Kelas VIII adalah membaca. Membaca selalu terdapat dalam setiap tema pembelajaran. Hal ini menunjukkan begitu pentingnya aspek membaca. Salah satu aspek dalam pembelajaran bahasa Indonesia SMP Kelas VIII adalah membaca. Membaca selalu terdapat dalam setiap tema pembelajaran. Hal ini menunjukkan begitu pentingnya aspek membaca. Penelitian ini berupa studi pustaka dengan metode deskriptif yakni mendeskripsikan keseluruhan terkait teori serta contoh tentang penerapan metode kolaboratif. Metode penelitian yang digunakan yakni menggunakan simak catat, dengan subyek penelitian nantinya yakni siswa SMP kelas VIII.

Keywords


Strategi Kolaboratif Membaca Pemahaman Teks Eksplanasi

Full Text:

PDF

References


Barkley, Elizabert E, K. Particia Cross, dan C. H. M. (2012). Collaborative Learning Techiques. Nusa Media.

Bouchard, & Margaret. (2005). Comprehension Strategies for English Language Learners. Boulting House.

Damayanti, W. (2022). Explanatory Text Writing Skills Eleventh Grade Senior High School Students. Jurnal Pembahas, 1, 141–150.

Karabuga, F. (2013). Collaborative Strategic Reading Exercises with Adult EFL Learners: A Collaborative and Reflective Approach to Reading. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 106(1), 621–630.

Klinnger, J. (2022). The Helping Behaviors of Fifth Graders While Using Collaborative Strategic Reading During ESL Content Class. Journal of Education, 34(1).

Moreillon, J. (2007). Collaborative strategies for teaching reading comprehension : maximizing your impact. American Library Association.

Salfera, N. (2017). Eksplanasi Dengan Menggunakan Media. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 32–43.

Tan Jin. (2022). Their encouragement makes me feel more confident : Exploring peer effects on learner engagement in collaborative reading of academic texts. Journal of English for Academic Purposes, 60(2).

Vaughn, S. (2022). Teaching Reading Comprehension Through Collaborative Strategic Reading. Journal of Education, 34(5), 284–292.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.