Model Project Citizen Untuk Meningkatkan Kompetensi Kewarganegaraan Siswa Sekolah Dasar (Literature Review)

Melly Andriani Br Ginting

Abstract


Model Project Citizen yang berbasis masalah untuk mengembangkan pengetahuan, kecakapan dan watak kewarganegaraan demokratis yang memungkinkan dan mendorong keikutsertaan dalam pemerintahan dan masyarakat sipil. Project citizen menstimulus siswa dalam menemukan masalah dan mengembangkannya dalam pengetahuan yang dapat memberikan pengaruh pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait dengan penggunaan model project citizen untuk meningkatkan kompetensi kewarganegaraan siswa Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasikan artikel yang memiliki penelitian serupa. Artikel yang digunakan sebanyak 25 jurnal nasioal terindeks google scholar. Berdasarkan penelitian ini didapat bahwa model project citizen dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kompetensi kewarganegaraan Siswa. Berdasarkan kajian literatur yang dilakukan model project citizen banyak digunakan untuk mata pelajaran PPKn Sekolah Dasar.

Keywords


Project Citizen1, PPKn2, Sekolah Dasar3

Full Text:

PDF

References


Astuti,Hera.,dkk. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Citizen Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 12 (1), 138-149. https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/21371

Branson, M. S. (1999). Belajar “Civic Education” dari Amerika (Terjemahan Syarifudin dkk). Yogyakarta: LKIS.

Budimansyah,D. (2009). Inovasi Pembelajaran Project Citizen. Bandung:Program Studi PKn SPs UPI.

Cholisin.(2003). PPKn Paradigma Baru dan Pengembangannya dalam KBM.Direktorat PLP Dirjen Dikdasmen.Depdiknas. 2008. KBBI. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Dini,Sri Fajar., Sulistyarini., Anasi,Putri.T. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Project citizen Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(7),1-9. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/34365/75676582219

Fajri,Iwan.,dkk. (2021). Model Pembelajaran Project Citizen Sebagai Inovasi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Abad 21. Jurnal Hurriah, 2(3), 105-118.

https://academicareview.com/index.php/jh/article/view/30/27

Galih Puji Mulyoto., Samsuri. (2017). Pengaruh Model Project Citizen dengan Pendekatan Saintifik terhadap Penguasaan Kompetensi Kewarganegaraan dalam Pembelajaran PPKn .Jurnal Civics, 1(14),105-118. https://journal.uny.ac.id/index.php/civics/article/view/14566/9490

Hakim,Tubagus Lukam.,dkk. (2021). Implementasi Pendidikan Antikorupsi Pada Mata Pelajaran PPKn Berbasis Project Citizen di SMAN 6 Kabupaten Tangerang Banten. Civics Education And Social Journal, 3(2), 112-124.

http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/cessj/article/view/1638

Herbert, Riza, L. S, and Mukmin, A. (2011). Application of Backpropagation Neural Networks for Rainfall Forecasting. Information and Communication Technology, 1(1), 1-5

Helminsyah.,dkk. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Project Citizen Berbasis Portofolio Untuk Kompetensi Pendidik Society 5.0. Journal Visipena, 8 (2), 237-24.

https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/view/1770/1362

I Made Pasek Anom Sarwa Adi Wisesa.,dkk. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Citizen Terhadap Keterampilan Berpikir Dan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Busungbiu. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8 (1), 35-46.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/23549

Sudrajat,Rahmat. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Project Citizen Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PPKn di SMA Di Kota Semarang. Jurnal Pancaran, 5(1),1-16,29-44. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/2601/2095

Sulaiman., Nurmasyitah. (2020). Model Project Citizen Dalam Meningkatkan Kecakapan Pendidikan Kewarganegaraan Pada Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Budaya Bangsa. Jurnal Pesona Dasar, 8(1), 59-70. https://jurnal.usk.ac.id/PEAR/article/viewFile/22367/14421

Mukhlisotin,Faridhotul.A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Citizen Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7 (1),214-227. http://journal2.um.ac.id/index.php/jppk/article/view/20381/9791

Muzaki,Alfianur.,dkk. (2022).Pemahaman Model Project Citizen Bagi Siswa Sma/Ma Dalam Memperkokoh Identitas nasional. Jurnal Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn,

(1), 13-26. file:///C:/Users/user/Downloads/16193-47591-1-PB%20(2).pdf

Nduru,Susi Marni.,dkk. (2022). Hubungan Hasil Belajar PKn Dengan Keterampilan Kewarganegaraan (civic skill) Siswa Kelas XI SMA Etis Landia Medan Tahun Ajaran 2021/2023. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(1), 22-32.

http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/1547/1380

Prihandini, Sinta Dewi.,dkk.(2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Intellectual Skills Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Sukoharjo. Jurnal PPKn, 8 (1),62-71.

https://jurnal.ppkn.org/index.php/jppkn/article/view/72/59

Suryati., Sari,Diah Eka. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Citizen Terhadap Kemampuan Berdebat Berbantuan Media Video Siaran Mata Najwa Episode “Ujian Reformasi” pada Siswa Kelas X SMK Multi Karya Medan Tahun 2019/2020. Jurnal Sastra, 10 (2), 196-205. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/ajs/article/view/27067/16456

Yolawati, Niken Nur.,dkk. (2022). Analisis Model Pembelajaran Project Citizen Pada Mata Pelajaran PKn Materi Kewajiban Menjaga Lingkungan Siswa Kelas V SDN Neglasari 1 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5), 2241-2251.

https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6938/5234

Kristinawati, Linda. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Character Project Citizen Berbasis Outdoor, Minat Belajar dan Berfikir Kritis Terhadap Prestasi Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPS, 13(1), 32-39.

https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/4757/2810

Sutrisno. (2019). Penerapan Materi Pendidikan Global Pada Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Menengah Atas Berbasis Model Project Citizens. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 4 (1), 12-21. https://journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/article/view/1348/923

Kuswaty,Maya. (2019). Model Project Citizen Berbantuan Jurnal Dialog Dalam Pembelajaran Siswa Teks Eksposisi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Upi. http://repository.upi.edu/40355/

Lubis,Nurul.H.Z.,dkk. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Citizen Dalam

Mengembangkan Kecerdasan Sosial Siswa Kelas 5 Dan 6 SD. Academia Open. 4 (2014 ),1-11. https://acopen.umsida.ac.id/index.php/acopen/article/view/3016/952

Mariyani.(2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Citizen Pada Mata Pelajaran PKn Sebagai Penguatan Ecological Citizenship. Jurnal Ilmiah dan Hasil Penelitian maupun Pemikiran Kritis, 8 (1), 99-108. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/pkn/article/view/4279

Nursanti.,dkk. (2022). Penerapan Model Project Citizen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas X Di SMA Negeri 1 Pemangkat. Jurnal Pendidikan Karakter dan Pendidikan Kewarganegaraan, 2 (3).

https://jurnal.fipps.ikippgriptk.ac.id/index.php/PPKn/article/view/154

Septiani, Devianeu Wisdiasusi (2021).Desain Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (pkn) Pada Materi Pengamalan Pancasila Menggunakan Model Project Citizen Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. http://repository.upi.edu/64134/

Wahyuni,Luluk.,dkk.(2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Project Citizen Terhadap Minat Belajar Siswa Pelajaran Pkn Kelas VIII SMP 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Dharma Pendidikan ,17 (2), 189-195.

https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/201/330

Widodo, Susilo Tri.,dkk. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Project Citizen Berorientasi Civic Kowledge, Civic Disposition, dan Civic Skill Sebagai Inovasi dalam Mata Kuliah Pendidikan PKn SD. Jurnal PKn Progresif,13(1), 23-36.

https://jurnal.uns.ac.id/pknprogresif/article/viewFile/23262/16922

Winangun, Herdi.,dkk. (2022). Pemanfaatan E-Learning Dalam Menanamkan Kemampuan Berpikir Kritis Kewarganegaraan (Intellectual Civic Skills) Peserta Didik Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 38-48. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/2035


Refbacks

  • There are currently no refbacks.