Model Project Citizen Untuk Meningkatkan Kompetensi Kewarganegaraan Siswa Sekolah Dasar (Literature Review)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti,Hera.,dkk. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Citizen Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 12 (1), 138-149. https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/21371
Branson, M. S. (1999). Belajar “Civic Education” dari Amerika (Terjemahan Syarifudin dkk). Yogyakarta: LKIS.
Budimansyah,D. (2009). Inovasi Pembelajaran Project Citizen. Bandung:Program Studi PKn SPs UPI.
Cholisin.(2003). PPKn Paradigma Baru dan Pengembangannya dalam KBM.Direktorat PLP Dirjen Dikdasmen.Depdiknas. 2008. KBBI. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Dini,Sri Fajar., Sulistyarini., Anasi,Putri.T. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Project citizen Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(7),1-9. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/34365/75676582219
Fajri,Iwan.,dkk. (2021). Model Pembelajaran Project Citizen Sebagai Inovasi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Abad 21. Jurnal Hurriah, 2(3), 105-118.
https://academicareview.com/index.php/jh/article/view/30/27
Galih Puji Mulyoto., Samsuri. (2017). Pengaruh Model Project Citizen dengan Pendekatan Saintifik terhadap Penguasaan Kompetensi Kewarganegaraan dalam Pembelajaran PPKn .Jurnal Civics, 1(14),105-118. https://journal.uny.ac.id/index.php/civics/article/view/14566/9490
Hakim,Tubagus Lukam.,dkk. (2021). Implementasi Pendidikan Antikorupsi Pada Mata Pelajaran PPKn Berbasis Project Citizen di SMAN 6 Kabupaten Tangerang Banten. Civics Education And Social Journal, 3(2), 112-124.
http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/cessj/article/view/1638
Herbert, Riza, L. S, and Mukmin, A. (2011). Application of Backpropagation Neural Networks for Rainfall Forecasting. Information and Communication Technology, 1(1), 1-5
Helminsyah.,dkk. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Project Citizen Berbasis Portofolio Untuk Kompetensi Pendidik Society 5.0. Journal Visipena, 8 (2), 237-24.
https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/view/1770/1362
I Made Pasek Anom Sarwa Adi Wisesa.,dkk. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Citizen Terhadap Keterampilan Berpikir Dan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Busungbiu. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8 (1), 35-46.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/23549
Sudrajat,Rahmat. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Project Citizen Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PPKn di SMA Di Kota Semarang. Jurnal Pancaran, 5(1),1-16,29-44. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/2601/2095
Sulaiman., Nurmasyitah. (2020). Model Project Citizen Dalam Meningkatkan Kecakapan Pendidikan Kewarganegaraan Pada Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Budaya Bangsa. Jurnal Pesona Dasar, 8(1), 59-70. https://jurnal.usk.ac.id/PEAR/article/viewFile/22367/14421
Mukhlisotin,Faridhotul.A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Citizen Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7 (1),214-227. http://journal2.um.ac.id/index.php/jppk/article/view/20381/9791
Muzaki,Alfianur.,dkk. (2022).Pemahaman Model Project Citizen Bagi Siswa Sma/Ma Dalam Memperkokoh Identitas nasional. Jurnal Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn,
(1), 13-26. file:///C:/Users/user/Downloads/16193-47591-1-PB%20(2).pdf
Nduru,Susi Marni.,dkk. (2022). Hubungan Hasil Belajar PKn Dengan Keterampilan Kewarganegaraan (civic skill) Siswa Kelas XI SMA Etis Landia Medan Tahun Ajaran 2021/2023. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(1), 22-32.
http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/1547/1380
Prihandini, Sinta Dewi.,dkk.(2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Intellectual Skills Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Sukoharjo. Jurnal PPKn, 8 (1),62-71.
https://jurnal.ppkn.org/index.php/jppkn/article/view/72/59
Suryati., Sari,Diah Eka. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Citizen Terhadap Kemampuan Berdebat Berbantuan Media Video Siaran Mata Najwa Episode “Ujian Reformasi” pada Siswa Kelas X SMK Multi Karya Medan Tahun 2019/2020. Jurnal Sastra, 10 (2), 196-205. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/ajs/article/view/27067/16456
Yolawati, Niken Nur.,dkk. (2022). Analisis Model Pembelajaran Project Citizen Pada Mata Pelajaran PKn Materi Kewajiban Menjaga Lingkungan Siswa Kelas V SDN Neglasari 1 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5), 2241-2251.
https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6938/5234
Kristinawati, Linda. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Character Project Citizen Berbasis Outdoor, Minat Belajar dan Berfikir Kritis Terhadap Prestasi Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPS, 13(1), 32-39.
https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/4757/2810
Sutrisno. (2019). Penerapan Materi Pendidikan Global Pada Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Menengah Atas Berbasis Model Project Citizens. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 4 (1), 12-21. https://journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/article/view/1348/923
Kuswaty,Maya. (2019). Model Project Citizen Berbantuan Jurnal Dialog Dalam Pembelajaran Siswa Teks Eksposisi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Upi. http://repository.upi.edu/40355/
Lubis,Nurul.H.Z.,dkk. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Citizen Dalam
Mengembangkan Kecerdasan Sosial Siswa Kelas 5 Dan 6 SD. Academia Open. 4 (2014 ),1-11. https://acopen.umsida.ac.id/index.php/acopen/article/view/3016/952
Mariyani.(2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Citizen Pada Mata Pelajaran PKn Sebagai Penguatan Ecological Citizenship. Jurnal Ilmiah dan Hasil Penelitian maupun Pemikiran Kritis, 8 (1), 99-108. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/pkn/article/view/4279
Nursanti.,dkk. (2022). Penerapan Model Project Citizen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas X Di SMA Negeri 1 Pemangkat. Jurnal Pendidikan Karakter dan Pendidikan Kewarganegaraan, 2 (3).
https://jurnal.fipps.ikippgriptk.ac.id/index.php/PPKn/article/view/154
Septiani, Devianeu Wisdiasusi (2021).Desain Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (pkn) Pada Materi Pengamalan Pancasila Menggunakan Model Project Citizen Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. http://repository.upi.edu/64134/
Wahyuni,Luluk.,dkk.(2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Project Citizen Terhadap Minat Belajar Siswa Pelajaran Pkn Kelas VIII SMP 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Dharma Pendidikan ,17 (2), 189-195.
https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/article/view/201/330
Widodo, Susilo Tri.,dkk. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Project Citizen Berorientasi Civic Kowledge, Civic Disposition, dan Civic Skill Sebagai Inovasi dalam Mata Kuliah Pendidikan PKn SD. Jurnal PKn Progresif,13(1), 23-36.
https://jurnal.uns.ac.id/pknprogresif/article/viewFile/23262/16922
Winangun, Herdi.,dkk. (2022). Pemanfaatan E-Learning Dalam Menanamkan Kemampuan Berpikir Kritis Kewarganegaraan (Intellectual Civic Skills) Peserta Didik Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 38-48. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/2035
Refbacks
- There are currently no refbacks.