PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA PELANGGAN KOPI KENANGAN DI TANGERANG SELATAN)

Muhammad Farhan Hanif, Fajar Adi Prakoso

Abstract


Makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok manusia. munculnya peluang dan tantangan khususnya bisnis minuman kopi menjadi trend saat ini. Namun persaingan harga,kualitas produk,kepuasan tidak selalu membuat konsumen menjadi loyal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan, mengetahui pengaruh harga dan kualitas produk  terhadap loyalitas pelanggan serta mengetahui pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pelanggan. Berbagai hasil studi menunjukkan ketidakkonsistenan hasil penelitian. Pada penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan non probability sampling dengan PLS. Dari hasil penelitian menunjukkan Harga dan Kualitas produk secara langsung terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan, Harga secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, Kulitas produk secara langsung terdapat pengaruh positif tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan, Kepuasan dapat memediasi Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan


Keywords


(Harga;Kualitas Produk; Kepuasan;Loyalitas).

Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2016). Pemasaran Jasa. Alfabeta.

Cardia, D. I. N. R., Santika, I. W., & Respati, N. N. R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6762. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i11.p19

Kotler, P., & Amstrong, G. (2013). principles of marketing (17th ed.). pearson.

Kusumasasti, I., & Djumilah Hadiwidjojo, A. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Coffee Shop. Ekonomi Bisnis, 22(2), 123–129.

Mahmudan, A. (2022). Berapa Konsumsi Kopi Indonesia pada 2020/2021? https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/berapa-konsumsi-kopi-indonesia-pada 20202021

Mufidah, nur. (2012). Download-fullpapers-05 jurnal nur lailatul----Pola pemanfaatan Foodcourt oleh Keluarga. Pola Konsumsi Masyarakat Perkotaan: Studi Deskriptif Pemanfaatan Foodcourt Oleh Keluarga, Vol.I/No.2, 157-178.

Novitawati, R. A. D., Mahfud, A., & Sasongko, T. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Sanger Warung Kopi Aceh Kota Malang. Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akutansi, 7(2), 135.

Patria, N. A. E. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan dan Religiusitas terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Variabel Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening di Soto Segeer Hj Fatimah [IAIN SALATIGA]. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/10205/

Shartykarini, S., Firdaus, R., & Rusniati. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan KualitasLayanan Terhadap Kepuasan PelangganDalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Wawasan Manajemen, 4(1), 41–42.

Wibowo, A. E. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Smartphone Xiaomi di Kota Magelang. Prosiding 2nd Business and Economics Conference In Utilizing of Modern Technology, 449–461.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.