Gambaran Sopan Santun Mahasiswa Prodi MIK di STIKes Santa Elisabeth Medan Tahun 2023

Robin Bastian Waruwu, Oktaviani Suryati, Agnes Jeane Zebua, Scere Sophia Sitorus, Nayanda Privanezsa Hao

Abstract


Sopan santun adalah sikap hormat kepada seseorang yang sederajat, lebih tua, atau dibawahnya memiliki adab yang baik atau bisa dikatakan sebagai cerminan yang ditanam pada diri mahasiswa tersebut melalui tutur kata atau tingkah laku. Dewasa ini, sopan santun menjadi hal yang sulit ditemukan terutama pada mahasiswa yang masih tidak sopan dalam bertutur kata maupun berperilaku. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran sopan santun mahasiswa prodi MIK di STIKes Santa Elisabeth Medan. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan kuesioner. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2023. Data dianalisis secara univariat. Hasil penelitian diperoleh bahwa mahasiswa yang memiliki sopan santun baik ada 24 orang (80%), sopan santun cukup ada 5 orang (16,7%) dan sopan santun yang kurang ada 1 orang (3,3%). Dalam hal ini, sebaiknya mahasiswa MIK tetap mempertahankan perilaku sopan yang sudah dilakukan dan berusaha memperbaiki perilaku tidak sopan yang masih dilakukan.


Keywords


Sopan; Santun; Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Damayanti, R. (2014). 9281-12329-1-Sm. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 03, 914. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/30/article/view/9281/4033

Febrianti, F., Yanti, R., & Noverita, A. (2020). Analisis Degradasi Moral Sopan Santun Siswa di SMP Negeri 01 Bandar. Jurnal Ilmiah …, 9(04), 1–10. http://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/jim/article/download/69/78

Gunawan, A. C., Agung, A., & Cahyadi, J. (n.d.). PERANCANGAN KAMPANYE IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BERHENTI BICARA KASAR UNTUK KALANGAN ANAK USIA 7-12 TAHUN. 1–11.

Jiwandono, I. S., & Khairunisa, K. (2020). Pemanfaatan Nilai-Nilai Filosofis Punakawan Dalam Upaya Penguatan Karakter Mahasiswa. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(1), 74–81. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i1.4466

Kholifah, K., & Naimah, T. (2017). Studi tentang sopan santun pada peserta didik. Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora, 1(20), 1–9. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/JSSH/article/view/1036

Kristiningrum, W., Listiyaningsih, M. D., & Putri, R. A. (2022). Description of Knowledge, Attitudes, and Polite Behavior for New Students of the Midwifery Study Program Undergraduate Program. Indonesian Journal of Midwifery, 5(September), 167–176. http://jurnal.unw.ac.id/index.php/ijm

Lilliek Suryani. (2017). Upaya Meningkatkan Sopan Santun Berbicara Dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok. E-Jurnalmitrapendidikan.Com, 1(1), 114. http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/28

Pinem, R. K. br. (2016). Peranan Kegiatan Kiam dalam Membentuk Akhlak Mulia Mahasiswa UMSU. Prosiding Seminar Nasional Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan, 155–167. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/10604

Pustikasari, A. W. (2020). Analisis dampak pembiasaan pagi hari terhadap karakter sopan santun di SDN Manisrejo. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 264–276. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/1575

Rahman, A. A., & Masripah, I. (2021). Kecerdasan Emosi Anak Usia Dini dapat Mempengaruhi Pendidikan Agama Islam Pada Usia Remajanya. 6, 222–231.

Rusman, A. (2022). Hubungan Religiusitas Dan Peran Teman Sebaya. 4(1). http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/almursyid/article/view/1649

Setiyaningsih, D. (2020). Peran Etika Dan Profesi Kependidikan Dalam Membangun Nilai-Nilai Karakter Mahasiswa Calon Guru Sd. Jurnal Ilmiah PGSD, 4(1), 27–36. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/download/6553/4208

Yulianti, I., Isnani, A., Zakkiyyah, A. L., & Hakim, J. (2018). Penerapan Bahasa Jawa Krama untuk Membentuk karakter Sopan Santun di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional di Universitas Muria Kudus (Vol. 11)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.