Pengembangan Media Pembelajaran Google Sites Berbasis Kontekstual pada Materi Pokok Larutan Penyangga

Peni Nur Febriyanti, Laili Nailul Muna

Abstract


Perkembangan teknologi informasi berdampak bagi sistem pendidikan yaitu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pengembangan media pembelajaran berbasis kontekstual khususnya pada materi larutan penyangga yang dapat digunakan peserta didik untuk belajar mandiri masih jarang ditemukan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran google sites berbasis kontekstual pada materi pokok larutan penyangga. Namun penelitian ini sampai pada tahap development. Penilaian kualitas dilakukan menggunakan angket skala Likert, sedangkan respon peserta didik dilakukan menggunakan angket skala Guttman. Media pembelajaran dinilai oleh satu ahli materi dan satu ahli media, tiga pendidik SMA/MA serta direspon oleh 10 peserta didik kelas XI MIPA. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan persentase keidealan 90,00% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian oleh ahli media mendapatkan persentase keidealan 90,00% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian oleh pendidik kimia SMA/MA mendapatkan persentase keidealan 92,78 % dengan kategori Sangat Baik (SB) dan respon peserta didik mendapatkan persentase keidealan 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran google sites berbasis kontekstual pada materi pokok larutan penyangga sangat layak digunakan.

Keywords


Media Pembelajaran; Google Sites; Larutan Penyangga

Full Text:

PDF

References


Afriani, A. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Cotextual Teaching and Learning) dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Al-Mutaaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 80–88.

Agusti, M., Ginting, S. M., & Solikhin, F. (2021). Pengembangan E-Modul Kimia Menggunakan Exe-Learning Berbasis Learning Cycle 5E pada Materi Larutan Penyangga. ALOTROP, 5(2), 198–205.

Aji, R. H. S. (2020). Dampak COVID-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, 7(5), 395–402.

Ana, F. Y., & Warlizasusi, J. (2021). Analisis Kebijakan Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMAN 8 Rejang Lebong. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(1), 13–24.

Baro’ah, S. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063–1073.

Gunawan, G., & Ritonga, A. A. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Industri 4.0. Rajawali.

Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 12–19.

Kusumaningtyas, S. I. (2022). Penggunaan Google Sites dan Video Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19 pada Materi Dimensi Tiga. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(1), 1–9.

Mualim, I. (2020). Sistem Pembelajaran Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bidang Pendidikan (E-Education). Sienna, 1(2), 80–87.

Muhaimini, M. S., Kurniawati, B., & Sufanti, M. (2021). Budaya Getok Tular sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19 Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Varidika, 33(1), 88–98.

Muhammad, A. H., Siddique, A., Youssef, A. E., Saleem, K., Shahzad, B., Akram, A., & Al-Thnian, A.-B. S. (2020). A hierarchical model to evaluate the quality of web-based e-learning systems. Sustainability, 12(10), 4071.

Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109.

Nalasari, K. A., Suarni, N. K., & Wibawa, I. M. C. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Google Sites pada Tema 9 Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(2), 135–146.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Putra, D. P. S. D. (2021). Desain dan Uji Coba Media Pembelajaran Berorientasi Everyday Life Phenomena pada Materi Termokimia. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 11(2), 64–73.

Rachmat, L., & Winata, H. (2019). Kompetensi Profesional Guru dan Media Pembelajaran Powerpoint sebagai Upaya untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(1), 38–48.

Rahmat, A. (2014). Pengantar Pendidikan: Teori, Konsep, dan Aplikasi. Ideas Publishing.

Rahmawati, P. N., & Hasanah, E. (2021). Teacher’s creativity and innovation in making teaching materials in pandemic time. Jurnal Administrasi Pendidikan.

Riduwan, S. (2011). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta.

Rohman, A. (2014). Statistika dan Kemometrika Dasar dalam Analisis Farmasi. In Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Pustaka Pelajar.

Safitri, E., Susilowati, E., & Saputro, S. (2019). Studi Komparasi Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dan Double Loop Problem Solving (DLPS) Ditinjau Dari Kemampuan Matematik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Materi Larutan Penyangga Kelas XI IPA SMA Negeri Kebakkramat. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(2), 194–201.

Saputra, D. N., Kholil, A., Selegi, S. F., Setia, A., Sinaga, K., & Farisi, A. (2021). Landasan Pendidikan. Media Sains Indonesia.

Sari, M. I., & Agustini, F. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Index Card Match terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA. International Journal of Elementary Education, 3(1), 41–45.

Setyawan, B. (2019). Pengembangan Media Google Site dalam Bimbingan Klasikal di SMAN 1 Sampung. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 6(2), 78–87.

Sugandi, A. I., & Bernard, M. (2018). Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Analisa, 4(1), 16–23.

Widianto, Edi., Husna, Alfina Anisnai’I., Sasami, Annisa Nur., Rizkia, Ezra Fitri., Dewi, Fitriana Kusuma., dan Cahyani, S. A. I. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(02), 213–224.

Widiyaningtyas, T., & Widiatmoko, A. (2015). Media Pembelajaran Berbasis Web pada Mata Pelajaran Kimia. Tekno, 21(1).

Zamili, U. (2020). Peranan Guru dalam Pengembangan Kurikulum. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 6, 311–318.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.