IMPLEMENTASI LITERSI DIGITAL PADA ERA KURIKULUM MERDEKA
Abstract
Abstrak: Kurikulum merdeka belajar merupakan kurikulum yang digagas oleh pemerintah untuk mengatasi hilangnya pembelajaran. Karakteristik utama dari kurikulum merdeka belajar yaitu (1) pembelajaran berbasis projek sebagai pengembangan soft skill dan sesuai dengan karakter pelajar pancasila, (2) fokus pada materi esensial agar terdapat waktu yang cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi dan (3) fleksibilitas untuk guru melakukan pembelajaran yang berdiferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks muatan lokal. Kurikulum merdeka menuntut guru untuk beradaptasi dengan teknologi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
REFERENSI
Aang Soenandi, I., Perangin Angin, P., & Anu, B. (2021). Peningkatan Kesiapan Literasi Digital Dalam Menunjang MBKM Kampus Mengajar di Wilayah Desa Tajur Halang SD, SMP Sinar Kasih dan Masyarakat Sekitar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 4(3), 237–246. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v4i3.924
Hattarina, S., & Marga, U. P. (2022). Implementasi Kurikulum Medeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. 1, 181–192.
Idhartono, A. R. (2022). Literasi Digital Pada Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 91–96.
Leny, L. (2022). PROSIDING Vol.1 No.1 2022. 1(1), 38–49.
Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. Gunahumas, 1(1), 72–87. https://doi.org/10.17509/ghm.v1i1.28380
Rizki Septiana, A., & Hanafi, M. (2022). Pemantapan Kesiapan Guru dan Pelatihan Literasi Digital pada Implementasi Kurikulum Merdeka. JOONG-KI:Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 380–385.
Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1200. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.333
Studi, P., Akuntansi, P., & Utara, M. S. (2021). Tantangan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi. 747–758.
Valen & Satria, T. G. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(4), 2199–2208.
Widiasari, N. (2022). Literasi Digital dan Merdeka Belajar: Pembebasan Tanpa Disorientasi ISBN 9786025207327 (Issue February).