Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis TPACK pada Pembelajaran IPA Materi Siklus Air Peserta didik Kelas IV SDN Kaloy Kecamatan Tamiang Hulu Kabupaten Aceh Tamiang

Khairunnisa Nisa

Abstract


Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk melihat dan mengetahui kegunaan dan maanfaat dari media pembelajaran Wordwall berbasis TPACK pada pembelajaran IPA peserta didik kelas IV SDN Kaloy. Variabel dalam penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran Wordwall (variabel tunggal). Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IV putra dan putri 30 peserta serta dua guru wali kelas IV. Data hasil penelitian diperoleh berdasarkan hasil wawancara dan observasi. Teknik analisis data yaitu data Reduction, data Display, dan Verification. Hasil penelitian ini yaitu terdapat manfaat yang signifikan dalam menggunakan media pembelajaran Wordwall berbasis TPACK pada pembelajaran IPA khususnya pada materi siklus air. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media wordwall merupakan media yang interaktif dan efektif, menggunakannya membuat peserta didik lebih berpikir kritis dan siswa tidak takut salah, menjawab pertanyaan lebih rileks dan tidak terbebani karena soal berbasis game dengan tugas menulis. Selain penggunaanya yang mudah dan murah, menggunakan media ini harus berada pada kondisi jaringan yang stabil dan kemampuan mengoperasikan laptop dan perangkat lain dengan baik.


Keywords


media pembelajaran; TPACK; Wordwall

Full Text:

PDF

References


A.Maolani, dkk. 2016.Metodologi Penelitian Pendidikan.Jakarta:Rajawali Pers.

Ar-Rahmah, Ainun Nuzula. Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Game Edukatif Menggunakan Platform Wordwall.Net Pada Siswa Kelas V SDIT AL-Mishbah Sumobito Jombang. Skripsi, 2021, 42.

Arsyad, A.2011.Media Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta.

Bachry, H., Yuwono, J., Pd, M., Utami, Y. T., & Pd, M. (N.D.). Penggunaan media wordwall untuk meningkatkan kemampuan menulis tegak Bersambung (Studi Single Subject Research Pada Siswa Tunarungu Kelas III Di Skh Negeri 02 Kota Serang Banten). 15.

Dirjen Dikti Kemendikbud. 2014. Buku Kurikulum Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Irham Halik, Membuat games edukasi dengan Wordwall, (https://irhamhalik.com/membuat-games-edukasi- dengan-word-wall/, diakses pada 2 Februari 2022 pukul 23.00 WITA)

Kasa, B., skk (2021). Efektivitas penggunaan aplikasi Wordwall dalam pembelajaran IPS secara daring (online) di kelas tinggi sekolah dasar. Haumeni Journal of Education, I(2), 154-159.

Koehler, M.J., & Mishra, P. 2008. Introducing TPCK. in AACTE committee on innovation and technology (Ed.), The handbook of technological pedagogical content knowledge (TPCK) for educators (pp. 3-29). New York, NY: Routledge.

Magnusson, S., Krajcik, J., & Borko, H. 1999. Nature, sources, and development of pedagogical content knowledge for science teaching. In J. Gess-Newsome & N.G. Lederman (Eds.), Examining pedagogical content knowledge: The construct and its implications for science education . pp. 95–13.

MA: Kluwer Moleong, Lexy J. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Niess, M. L. 2008b. Knowledge needed for teaching with technologies – Call it TPACK. AMTE Connections, 17 (2), 9–10.

Nunuk, Achmad, Aditin.2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurdin, Ismael, and Sri Hartati. 2019. Metodologi Penelitian Sosial.Surabaya: Media Sahabat Cendikia.

Nurdiansyah,E., Emil, E., Sulkipani. 2018. Pengembangan media pembelajaran berbasis Powtoon pada perkuliahan pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Civic: Media Kajian Kewarganegaraan. pp 1-8.15

Putri, M. 2020. Efektivitas penggunaan aplikasi wordwall dalam pembelajaran daring (online) Matematika pada materi bilangan cacah. Jurnal UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 145–165.

Rachmawati, I. N. 2007. Pengumpulan data dalam penelitian kualitatif: wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35–40.

Sanaky,H.A. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara

Sri Rahayu. 2017.Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Integrasi ICT dalam pembelajaran IPA abad 21.Researchgate.

Suhanadji, dkk. 2003. Pendidikan IPA. Surabaya: Insan Cendekia.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif dan R & D.Bandung: Alfabeta, CV.

Supriatna, dkk. 2007. Pendidikan IPA SD. Bandung: UPI Press.

Suryabrata, Sumadi. 2016. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

S.Deterding, D. Dixon, R. Khaled and L. Nacke. 2011.“ From Game Design elements to Gamesfulness: Defining Gammification.” Mindrek, pp.9-15.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.