Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT Pada Mba Cip Halal Mart

Satriadi Satriadi, Dila Fitriani, Enjelina Enjelina, Fhira Desvika, Nurmayka Sari Safitri

Abstract


Pandemi COVID-19 memberikan dampak yang cukup berpengaruh terhadap kondisi ekonomi di Indonesia, terutama bagi sector UMKM. Salah satunya adalah UMKM Mba Cip Halal Mart di kota Tanjungpinang. Mba Cip Halal Mart merupakan salah satu UMKM yang berada di Kota Tanjungpinang, namun di masa Pandemi COVID-19 terdapat beberapa tantangan yang harus dihadapi baik dari faktor internal maupun eksternalnya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskripsi kualitatif dengan memperoleh data melalui wawancara secara langsung dengan pemilik Toko Mba Cip Halal Mart. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif dengan menganalisis faktor eksternal dan internal perusahaan untuk menentukan strategi pemasaran yang perlu diterapkan oleh Mba Cip Halal Mart. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan matriks IFE, EFE dan matriks SWOT. Hasilnya, strategi yang dapat dilakukan oleh Mba Cip Halal Mart terbagi menjadi strategi umum dan strategi baru untuk meningkatkan daya saing yang dimiliki. 

Keywords


Manajemen Strategi, IFE, EFE, Matriks SWOT

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Group, Jakarta

BAKHDAR. (2019). ANALISIS SWOT TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PRODUK HERBAL PADA TOKO UJP HERBAL DI KABUPATEN GOWA. Tata Kelola Lingkungan Pasca Tambang Di Kabaena Utara Kabupaten Bombana.

David, Fred R. dan David, Forest R. (2017). Strategic Management concepts and cases A Competitive Advantage Approach. Sixtennth Edition. England. Pearson Education Limited.

Heriyanto, S., Nuryanto, U. W., Pratiwi, I., & Prihatin, J. (2022). Implementasi Swot Analisis Terhadap Strategi Pemasaran Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Umkm Khas Desa Susukan Tirtayasa Kabupaten Serang Banten. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2, 709–728.

Kosanke, R. M. (2019). Manajemen Strategi Pendidikan. 2014, 26–149.

Mandasari, D. E. A. (n.d.). STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PRODUK HERBAL DHUHA MART KOTA PAYAKUMBUH DILIHAT DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM.

Meidy Kevin Tandaju, Paulus A. Pangemanan, dan M. L. G. T. (2021). STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK JAMU HERBAL UMKM MAKAARUIEN DI KOTA MANADO. AGRIDUD, 2(4), 375–383.

Retno, D. A. K. (2018). Strategi pemasaran Obat Herbal, Studi Kasus Pada Perusahaan Obat herbal Jamur Dewa Di kabupaten Malang (Vol. 1).

Rizki, M., Abriyoso, O., & Saputra, E. K. (2021). Strategi Bisnis Makanan dan Minuman dalam menghadapi Pandemi COVID-19: Studi Kasus Red & Blue Cafe. E-Journal Apresiasi Ekonomi, 9(3), 364–371. https://stiepasaman.ac.id/ojsapresiasiekonomi/index.php/apresiasiekonomi/article/view/426

Setyorini, H., Effendi, M., & Santoso, I. (2016). Marketing Strategy Analysis Using SWOT Matrix and QSPM (Case Study: WS Restaurant Soekarno Hatta Malang). Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46–53. https://doi.org/10.21776/ub.industria.2016.005.01.6

Sianturi, R. D. (2020). Manajemen pemasaran menggunakan analisis SWOT pada UMKM guna meningkatkan daya saing UMKM. Journal of Business and Economics Research, 1(1), 45–50. https://ejurnal.seminar-id.com/index.php/jbe/article/view/118

Solehah, R., Destiarni, R. P., & Muti, D. (2022). STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS UMKM JAMU TRADISIONAL MADURA MELALUI PENDEKATAN ANALISIS SWOT ( Studi Kasus : UMKM Jamu Tradisional Madura di Kabupaten Pamekasan ) BUSINESS DEVELOPMENT STRATEGY IN MEDICINE TRADITIONAL SMEs IN MADURA THROUGH SWOT ANALYSIS APP. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis., 8(1), 480–489.

Widyaningtyas, I., & Rahmawati, F. (2021). Dampak Serta Strategi UMKM Saat Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Sidoarjo. Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), 21–41. https://doi.org/10.35590/jeb.v8i1.2860


Refbacks

  • There are currently no refbacks.