Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII C

Indah Aditiya Pratiwi, Darmadi Darmadi, Henri Yuli Hartanto, Ibadullah Malawi

Abstract


Pemilihan model pembelajaran yang dilakukan oleh guru mempengaruhi keaktifan dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini berintensi untuk mengetahui implementasi model Discovery Learning dalam meningkatkan keaktifan serta prestasi belajar matematika siswa kelas VII C SMP Negeri 4 Madiun tahun ajaran 2021/2022. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII C yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 3 siklus dan terdiri atas 4 tahapan pada tiap siklusnya, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa pada siklus 1, keaktifan belajar siswa termasuk dalam kategori rendah (50,40%), meningkat dengan kategori sedang (64,31%) di siklus 2 dan mengalami peningkatan pada siklus 3 dengan kategori tinggi (84,68%). Prestasi belajar siswa pada pra tindakan menunjukkan sebanyak 7 siswa meningkat menjadi 14 siswa di siklus 1, kemudian meningkat menjadi 19 siswa di siklus 2, dan mengalami peningkatan pada siklus 3 menjadi 26 siswa. Dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII C pada materi luas segiempat dan segitiga di SMP Negeri 4 Madiun tahun ajaran 2021/2022.

Keywords


Discovery Learning; Keaktifan; Prestasi Belajar.

Full Text:

PDF

References


Alfitry, S. (2020). Model Discovery Learning dan Pemberian Motivasi dalam Pembelajaran. Guepedia.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Arikunto, S., Supardi, & Suhardjono. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Bahasoan, A. N., Wulan Ayuandiani, Muhammad Mukhram, & Aswar Rahmat. (2020). Effectiveness of Online Learning In Pandemic Covid-19. International Journal of Science, Technology & Management, 1(2), 100–106. https://doi.org/10.46729/ijstm.v1i2.30

Bakhruddin, M., Shoffa, S., Holisin, I., Ginting, S., Fitri, A., Lestari, W., Pudyastuti, Z. E., Zainuddin, M., Alam, V., & Kurniawa, N. (2021). Strategi Belajar Mengajar (Konsep Dasar dan Implementasinya). CV. Agrapana Media.

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 67–75. https://doi.org/10.21009/PIP.321.8

Dea, W. A., Prasetyo, E., & Rahmawati, T. D. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Peserta Didik. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 141–148. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i2.647

Dwikoraningrum, T. (2022). Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Penyajian Data Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 2 Muntilan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Syntax Fusion, 2(07), 646–654. https://doi.org/10.54543/fusion.v2i07.206

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2022). Urgensi Pendidikan Nilai di Era Globalisasi. Jurnal Basicedu, 6(3), 3222–3229. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2581

Kunandar. (2015). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) (4th ed.). Rajawali Pers.

Luthfi, M. R. A., Huda, C., & Susanto, J. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V Tema 8 di SD Negeri 1 Selo Kabupaten Grobogan Jawa Tengah. Jurnal Paedagogy, 8(3), 422. https://doi.org/10.33394/jp.v8i3.3902

Maisarah. (2020). PTK dan Manfaatnya Bagi Guru. Media Sains Indonesia.

Majid, A. (2017). Analisis Data Penelitian Kualititatif. Aksara Timur.

Manik, S. E., Izzudin, M., Istianah, I., Astuti, F., Kartikasari, E. I., Wahyuni, T. S., Lisnasari, S. F., Sumairoh, H., Arrasyid, U. H., Yati, F., & Capricanilia, S. D. I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Pada Pelajaran MIPA (Matematika IPA). Media Sains Indonesia.

Maulida, A. H., Ningsih, M. F., & Bastian, T. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Keaktifan Belajar Siswa SMP. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 47. https://doi.org/10.31941/delta.v6i1.649

Nae, N. (2020). Online Learning During The Pandemic: Where does Japan Stand? Euromentor Journal, 11(2), 7–24. https://www.researchgate.net/publication/342505298

Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.991

Ragilia, N. (2021). Penerapan pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN 02 Donowangun. Action Research Journal, 1(1), 122–127. https://doi.org/10.51651/arj.v1i1.114

Rosyid, Z., Mustajab, & Abdullah, A. R. (2019). Prestasi Belajar (1st ed.). Literasi Nusantara.

Sanjaya, W. (2013). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana.

Saputra, E. W., & Yohana. (2019). Penerapan Model Discovery Learning (DL) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. JMP Online, 3(11), 1465–1475.

Singh, B. (2019). Character education in the 21st century. Journal of Social Studies (JSS), 15(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/jss.v15i1.25226

Subakti, H., Simarmata, J., Yuniwati, I., Salamun, Nababan, E. B., Silitonga, B. N., Susanti, J. S. S., Sianipar, L. K., S, S., Syam, S., Hasan, M., & Saputro, A. N. C. (2022). Esensi Pembelajaran Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Yayasan Kita Menulis.

Sudjana, N. (2004). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA.

Suwanto, E. (2021). Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Materi Program Linear. Action Research Journal, 1(1), 40–46. https://doi.org/10.51651/arj.v1i1.101

Tasdik, R. N., & Amelia, R. (2021). Kendala Siswa SMK dalam Pembelajaran Daring Matematika di Situasi Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 510–521. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.536

Wahyuningsih, E. S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=3Bz-DwAAQBAJ

Warsito, H., Winingsih, E., Setiawati, D., Naqiyah Program Studi Bimbingan dan Konseling, N., Ilmu Pendidikan, F., Negeri Surabaya, U., Lidah Wetan, J., Wetan, L., Lakarsantri, K., Surabaya, K., & Timur, J. (2022). Pembelajaran Online Pasca Pandemi Covid 19: Identifikasi Masalah Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 5(1), 75–84. https://journal.ppnijateng.org/index.php/jikj

Wulandari, Y., Rahmawati, A. E., Handriani, S. Z., Setyaningsih, A. A., Baidowi, A. L., & Darmadi, D. (2020). Penerapan dan Pemahaman Siswa SMP Kelas VIII Terhadap Materi Pembelajaran Matematika dalam Kehidupan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 85–89. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1819

Yulianto, A., & Muryaningsih, S. (2022). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Bangun Datar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(2), 139. https://doi.org/10.30595/jrpd.v3i2.14047

Yustinaningrum, B., Fitri, A., & Juliana. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 15–26. https://doi.org/10.30738/union.v10i1.10080

Zalsabella, M. P., Darmadi, D., Ningrum, P. P., Yuliarisma, S. A., Safitri, A., Prasetyo, Y. E., & Nabila, R. F. (2020). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Perasaan Tertekan Pada Siswa Kelas Tujuh SMP Saat Memahami Konsep Matematika. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 294–298. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1305


Refbacks

  • There are currently no refbacks.