Studi Literatur: Analisis Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar

Nina Ardianti Dewi, Christ Mulia S. Laoli

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana guru memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif deskriptif dengan metode studi literatur. Peneliti menggunakan berbagai sumber tertulis, misalnya jurnal dan dokumen-dokumen yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di sekolah dasar terdapat guru yang masih belum memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran dikarenakan masih kurang menguasai teknologi. Selain itu juga terdapat guru yang sudah memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran dan ini berdampak positif bagi proses pembelajaran hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Biasanya guru menggunakan media pembelajaran Slide Powerpoint, media interaktif dan juga video pembelajaran yang tentunya menarik bagi peserta didik. Selain digunakan sebagai media pembelajaran, teknologi juga digunakan sebagai sumber belajar sehingga guru bukanlah satu-satunya sumber belajar bagi peserta didik.

Keywords


Proses Pembelajaran; Teknologi

Full Text:

PDF

References


Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2(1), 18–25.

Bahar, H., Setiyaningsih, D., Nurmalia, L., & Astriani, L. (2020). Efektifitas Kahoot Bagi Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 155–162.

Biassari, I., Putri, K. E., & Kholifah, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Kecepatan Menggunakan Media Video Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2322–2329.

Dewi, S. Z., & Hilman, I. (2018). Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. 2(2), 48–53.

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. 125–129.

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113.

Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125.

Khotimah, H., Astuti, E. Y., & Apriani, D. (2019). Pendidikan Berbasis Teknologi (Permasalahan dan Tantangan). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 357–368.

Mabruri, M., & Hamzah, H. (2020). Pemanfaatan Media Microsoft Power Point dalam Pembelajaran Kemahiran Berbahasa Arab pada Era Digital. Loghat Arabi : Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 11.

Mufidah, L., Rachmawati, E., & Mayang, R. C. A. S. (2021). Kajian Pustaka Jenis Starter , Lama Fermentasi , Dan Sifat Organoleptik Yoghurt Susu Kedelai. Jurnal Socia Akademika, 7(1), 17–23.

Nafiah, N., Rulyansah, A., Budiarti, R. P. N., Mardhotillah, R. R., & Nashirin, R. (2022). Transfer Kompentesi Teknologi dari Mahasiswa kepada Guru Sekolah Dasar: Sebuah Program Pengabdian Masyarakat. Indonesia Berdaya, 3(4), 809–816.

Nahdi, D. S., Rasyid, A., & Cahyaningsih, U. (2020). Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 76–81.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72.

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran (R. Awahita (ed.)). CV. Jejak, Anggota IKAPI.

Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital pada Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0 : Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66–77.

Pramestika, L. A. (2020). Research & Learning in Primary Education Efektivitas Penggunaan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar dan Bangun Ruang SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 1–5.

Shofia, N. A., & Ahsani, E. L. F. (2021). Pengaruh Penguasaan It Guru Terhadap Kualitas Pembelajaran Dimasa Pandemi. Forum Paedagogik, 12(2), 201–215.

Supandi, A., Sahrazad, S., Wibowo, A. N., Widiyarto, S., Matematika, P., Konseling, P. B., Arsitektur, T., & Ekonomi, P. (2020). Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia. 1–6.

Widianto, E., Husna, A. A., Sasami, A. N., & Rizkia, E. F. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.