Model Pembelajaran Inkuiri sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Literasi Sains di Sekolah Dasar: Literatur Review
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aiman, U., Dantes, N., & Suma, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Literasi Sains Dan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2), 196–209. https://doi.org/10.5281/zenodo.3551978
Basam, F. (2022). Pembelajaran Literasi Sains: Tinjauan Teoritis dan Praktik. Bintang Semesta Media.
Erna Muliastrini, N. K., Nyoman, D., & Gede Rasben, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dengan Teknik Scaffolding Terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Prestasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 254. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.14116
Fa’idah, R. N., Koes H, S., & Mahanal, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(12), 1704. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i12.13096
Forum, W. E. (2015). New Vision for Education: Unlocking the Potential of Technology. In BC: British Columbia Teachers’ Federation.
Mahardika, E. A. S., Suwono, H., & Indriwati, S. E. (2016). Eksplorasi Kemampuan Awal Literasi Biologi Siswa Kelas X. Seminar Nasional Pendidikan Dan Saintek 2016, 1999, 728–732.
Muliastrini, N. K. E., & Handayani, N. N. L. (2022). Pengaruh Model Inquiri terhadap Literasi Sains dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 4 Sangsit. Jurnal Lampuhyang Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 13(2), 125–143.
Mutasam, U., Ibrohim, I., & Susilo, H. (2021). Penerapan Pembelajaran Sains Berbasis Inquiry Based Learning Terintegrasi Nature of Science Terhadap Literasi Sains. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(10), 1467. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i10.14131
Ngalimun. (2018). Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.
Nurhairani, Nurhairani, Rozi, F., & Prawijaya, S. (2019). The Development of Problem-Based Learning Model with Scientific Literacy Approach in Elementary School. 208(Icssis 2018), 230–233. https://doi.org/10.2991/icssis-18.2019.46
OECD. (2016). Draft PISA 2015 Mathematics Framework. OECD Publishing.
Rahmawati, A. D. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal TIMSS-like Domain Data dan Peluang. MATHEdunesa, 9(3), 495–503. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n3.p495-503
Rusilowati, A., Astuti, B., & Rahman, N. A. (2019). How to improve student’s scientific literacy. Journal of Physics: Conference Series, 1170(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1170/1/012028
Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.
Septiani, N. I., & Kusdinar, U. (2022). Upaya Meningkatkan Literasi Sains Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Melalui Penerapan Model Inquiry Terbimbing. 3(3), 90–97.
Suprayitno, T. (2019). Pendidikan di Indonesia: Belajar dari hasil PISA 2018. In Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang KEMENDIKBUD.
Suprianti, D., Munzil, M., Hadi, S., & Dasna, I. W. (2021). Guided Inquiry Model Assisted with Interactive Multimedia Influences Science Literacy and Science Learning Outcomes. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(3), 415. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.38802
Wulandari, N., & Sholihin, H. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Pengetahuan Dan Kompetensi Sains Siswa Smp Pada Materi Kalor. Edusains, 8(1), 66–73. https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1762
Refbacks
- There are currently no refbacks.