Model Pembelajaran Inkuiri sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Literasi Sains di Sekolah Dasar: Literatur Review

Abdul Azis Nasution, Hayatul Husna

Abstract


Rendahnya kemampuan literasi sains siswa di Indonesia dikarenakan penerapan model pembelajaran yang kurang tepat. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan literasi sains adalah model pembelajaran Inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Inkuiri sebagai alternatif dalam meningkatkan literasi sains di sekolah dasar. Adapun metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah systematic review yaitu penelaahan terhadap artikel-artikel penelitian sebelumnya yang bersumber dari jurnal terakreditasi melalui Google Scholar. Teknik pemilihan artikel berdasarkan keywords dan tahun terbit. Keywords yang digunakan dalam mesin pencarian Google Scholar adalah model Inkuiri untuk literasi sains sekolah dasar dengan rentang penelitian tahun 2019 hingga 2023. Hasil analisis dari penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan literasi sains dan dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningkatkan literasi sains di sekolah dasar.

Keywords


Literasi Sains; Model inkuiri; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Aiman, U., Dantes, N., & Suma, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Literasi Sains Dan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2), 196–209. https://doi.org/10.5281/zenodo.3551978

Basam, F. (2022). Pembelajaran Literasi Sains: Tinjauan Teoritis dan Praktik. Bintang Semesta Media.

Erna Muliastrini, N. K., Nyoman, D., & Gede Rasben, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dengan Teknik Scaffolding Terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Prestasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 254. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.14116

Fa’idah, R. N., Koes H, S., & Mahanal, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(12), 1704. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i12.13096

Forum, W. E. (2015). New Vision for Education: Unlocking the Potential of Technology. In BC: British Columbia Teachers’ Federation.

Mahardika, E. A. S., Suwono, H., & Indriwati, S. E. (2016). Eksplorasi Kemampuan Awal Literasi Biologi Siswa Kelas X. Seminar Nasional Pendidikan Dan Saintek 2016, 1999, 728–732.

Muliastrini, N. K. E., & Handayani, N. N. L. (2022). Pengaruh Model Inquiri terhadap Literasi Sains dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 4 Sangsit. Jurnal Lampuhyang Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 13(2), 125–143.

Mutasam, U., Ibrohim, I., & Susilo, H. (2021). Penerapan Pembelajaran Sains Berbasis Inquiry Based Learning Terintegrasi Nature of Science Terhadap Literasi Sains. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(10), 1467. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i10.14131

Ngalimun. (2018). Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.

Nurhairani, Nurhairani, Rozi, F., & Prawijaya, S. (2019). The Development of Problem-Based Learning Model with Scientific Literacy Approach in Elementary School. 208(Icssis 2018), 230–233. https://doi.org/10.2991/icssis-18.2019.46

OECD. (2016). Draft PISA 2015 Mathematics Framework. OECD Publishing.

Rahmawati, A. D. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal TIMSS-like Domain Data dan Peluang. MATHEdunesa, 9(3), 495–503. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n3.p495-503

Rusilowati, A., Astuti, B., & Rahman, N. A. (2019). How to improve student’s scientific literacy. Journal of Physics: Conference Series, 1170(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1170/1/012028

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.

Septiani, N. I., & Kusdinar, U. (2022). Upaya Meningkatkan Literasi Sains Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Melalui Penerapan Model Inquiry Terbimbing. 3(3), 90–97.

Suprayitno, T. (2019). Pendidikan di Indonesia: Belajar dari hasil PISA 2018. In Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang KEMENDIKBUD.

Suprianti, D., Munzil, M., Hadi, S., & Dasna, I. W. (2021). Guided Inquiry Model Assisted with Interactive Multimedia Influences Science Literacy and Science Learning Outcomes. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(3), 415. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.38802

Wulandari, N., & Sholihin, H. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Pengetahuan Dan Kompetensi Sains Siswa Smp Pada Materi Kalor. Edusains, 8(1), 66–73. https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1762


Refbacks

  • There are currently no refbacks.