Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Pegawai Negeri Sipil Di Kepolisian Resor Kota Banyumas

Widia Nurul Aghni, Fatwa Zuhaena, Cahyaningtyas Ria Uripi, P. Edi Sumantri, Ratna Pujiastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi kerja, lingkungan kerja, disiplin kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai pada Pegawai Negeri Sipil di Kepolisian Resor Kota Banyumas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Pegawai Negeri Sipil di Kepolisian Resor Kota Banyumas yaitu 57 pegawai dengan sampel sebanyak 57 responden. Metode pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa masing-masing variabel independen dalam penelitian ini yaitu variabel motivasi kerja, lingkungan kerja, dan disiplin kerja  berpengaruh positif signifikan terhadap variabel dependen yaitu kinerja pegawai, sedangkan variabel kepuasan kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Temuan ini mengimplikasikan adanya perhatian lebih dari pihak pimpinan Polresta Banyumas seperti memberikan motivasi untuk pegawai agar dapat terus meningkatkan keahlian dalam bidang pekerjaannya, menjalin hubungan yang baik dan harmonis dengan para pegawai agar terciptanya suasana kerja yang nyaman dan kondusif, memperhatikan disiplin kerja para pegawai dalam menyelesaikan pekerjaannya sesuai dengan standar kerja yang ada di Polresta Banyumas, memberikan pemahaman mengenai sistem gaji. Dengan tercapainya hal tersebut diharapkan kinerja pegawai negeri sipil di Polresta Banyumas akan mengalami peningkatan.

Keywords


disiplin kerja; kepuasan kerja; kinerja pegawai; lingkungan kerja; motivasi kerja.

Full Text:

PDF

References


Affandi, P. 2016. Concept & Indicator Human Resources Management for Management Research, Deepublish, Yogyakarta.

Desi, Dona Elvia. 2020. Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Koperasi Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Kerinci, Jurnal

Handoko, T., Hani. 2014. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Liberty, Yogyakarta.

Hariwijaya, M. 2017. Metodologi dan Teknik Penelitian Skripsi, Tesis & Disertasi, Elmatera Publishing, Yogyakarta.

Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Herlina, Vivi. 2019. Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Ichsan, Reza dkk. 2020. Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Ajudan Jendral Daerah Militer (AJENDAM) – I Bukitbarisan Medan, Jurnal Darma Agung, Vol. 28, No. 2, 187-210.

Idris, Amiruddin. 2016. Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia, Deepublish, Yogyakarta.

Indra, Yordan. 2021. Pengaruh Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Karyawan Di Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo. Katalog.ukdw.ac.id.

Mangkunegara, A,P. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mulia, Rizki Afri & Nika Saputra. 2021. Pengaruh Kompetensi, Lingkungan Kerja Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Sekretariat Daerah Kota Padang. Jurnal Ilmiah Ekotrans & Erudisi (JIEE). Vol. 01, No. 1, Hal. 1-24.

Muna, Nailul & Sri Isnowati. 2022. Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja dan Pengembangan Karir terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada PT LKM Demak Sejahtera), Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, Vol. 5, No. 2, pp. 1119–1130.

Mutiara, Vidia. 2021. Pengaruh Beban Kerja, Lingkungan Kerja, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pada Pegawai Dinas Ketenagakerjaan Pemerintah Provinsi Riau, Economics Accounting And Business Journal, Vol. 1, No. 1.

Nitisemito, Alex S. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia, CV. Mandar Maju, Bandung.

Nova, Tria Vita & Fika Trisnawati. 2021. Analisa Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Di Kantor Polsek Pamon Praja Kabupaten Mesuji Terhadap Kinerja Pegawai. Duniabisnis.org. Vol. 1, No. 2.

Oktavia, Dina, D. S. Lubis & J. Halim. 2022. Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Politeknik Unggul LP3M Medan, Jurnal Ilmiah Bisma Cendekia, Vol. 2, No. 3, pp. 130–138.

Rokhayati, I., Setiawan, H., Bagaskara, B. J. 2022. Pengaruh Komunikasi, Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Majalah Ilmiah Manajemen dan Bisnis (MIMB), 19(2), 25-34.

Sedarmayanti. 2017. Perencanaan dan Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia, Refika Aditama, Bandung.

Siagian, Sondang P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta.

Sudiyanto, Totok. 2021. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Banyuasin. Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 17, No. 1, pp. 93–115.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Alfabeta, Bandung.

Ulfa, Zulfa. 2019. Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Bagian Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Simplex, Vol.2, No. 2.

Veronica dkk. 2021. Motivasi terhadap kinerja karyawan di PT. International Business Futures. Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi–SANISTEK, 1 (1), 285-289.

Zuhaena, F., & Cahyo, H. 2022. Pengaruh Kepemimpinan, Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, Vol. 24, No.4, Hal. 743-749.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.