Pengaruh Electronic Word of Mouth, Perceived Risk, Kepercayaan dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian menggunakan aplikasi Dana pada mahasiswa Universitas Wijayakusuma Purwokerto
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh electronic word of mouth, perceived risk, kepercayaan, dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian menggunakan aplikasi dana pada mahasiswa Universitas Wijayakusuma Purwokerto. Populasi penelitian ini mahasiswa Universitas Wijayakusuma Purwokerto yang menggunakan aplikasi DANA. Metode pengambilan sampel snowball sampling dengan 100 responden. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan electronic word of mouth, kepercayaan, dan gaya hidup berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan perceived risk tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Implikasi penelitian : Dana harus menarik konsumen, agar membagikan pengalaman pada platform tertentu, supaya konsumen yang belum menggunakan aplikasi dana menjadi tertarik. Dana dapat memberikan point kepada pengguna setiap membagikan pengalaman mereka. Dana harus menyesuaikan nominal yang konsumen gunakan dalam bertransaksi, jadi uang yang dikeluarkan saat membayar sama dengan harga asli dari produk yang dijual tanpa tambahan pajak ataupun tambahan lainya. Dana harus melaporkan setiap pemasukan dan pengeluaran transaksi agar pengguna percaya sepenuhnya bisa juga dengan ditambahkan tingkat keamanan ganda agar aplikasi lebih aman dan konsumen menjadi percaya. Dana harus mengikuti perkembangan jaman untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan bisa mengikuti gaya hidup konsumen dengan memberikan promo potongan harga atau yang lainya agar konsumen bisa menggunakan dana secara terus menerus.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cahyanto, D. N. (2022). Pengaruh Kepercayaan, E-WOM, dan Persepi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Pada Era Pandemi. (Studi kasus pada konsumen Marketplace Shopee di Ponorogo). Jurnal Bisnis Dan Ekonomi.
Ermawati. (2022). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Resiko, Keamanan dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Online di Shopee Media.
Esti Masita, T., Hari Adi, P., Rabiatul Adawiyah, W., & Wihuda, F. (2022). The Role Of Consumer Hope, Positive Emotional Advertising, And Multi-Context Numbers In Developing Purchase Intention And Word Of Mouth Of Eco-Efficient Product. Ekonomski pregled, 73(3), 390-414.
Irvania, V. A., Udayana, I. B. N., & Fadhilah, M. (2022). Pengaruh Perceived Usefulness, Trust dan Perceived Risk Terhadap Purchase Intention Pengguna Shopee. Jurnal Akmenika, 19(1), 622–630.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (Edisi 12 J). PT. Indeks.
Mowen, & Minor. (2002). Perilaku Konsumen. Erlangga.
Najoan, P. R. F., Ogi, I. W. J., & Rogi, M. H. (2022). Analysis of the Influence of Products, Prices and Lifestyles on Purchase Decisions for Samsung Smartphone Products Among Class of 2017 Students, Department of Management At the Faculty of Economics and Business, Unsrat Manado. Jurnal EMBA, 10(1), 1682–1693.
Peter, J., P., & Olson, J. (2013). Consumer Behavior : Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Erlangga.
Rohman, A. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (EWOM) dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda di Era Pandemi COVID-19 (Studi Kasus Komunitas Minion Banyumas Raya (Minibra) Di Kabupaten Banyumas). Doctoral Disdertation, IAIN Purwokerto.
Saragih, A. O. G. (2019). Pengaruh Persepsi Resiko, Kepercayaan, dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan OVO di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Jurnal Universitas Sumatera Utara.
Sari, R. Y., & Elsandra, Y. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kemudahan, dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Online di Market Place. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah Sosial Budaya, 01(01), 124–137. https://www.jurnal.unidha.ac.id/index.php/JPPISB/article/download/500/303
Silvya, L. M. (2009). Pengaruh Faktor Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Jakarta, 6(1).
Suryani, T. (2013). Perilaku Konsumen di Era Internet : Implikasi pada Strategi Pemasaran.
Wicaksana, P. S. I., & Baldah, N. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Lokasi, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Bersubsidi di PT. Mitra Indah Properti. Jurnal Pelita Ilmu, 15(01), 17–24.
Wijaya, I. G. S., Pratami, N. W. C. A., Muryatini, N. N., & Yasa, I. G. D. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM), Persepsi Risiko, Kpercayaan Pelanggan, dan Keputusan Pembelian E-Commerce Tokopedia. E-Jurnal Manajemen, 11(1), 190–209.
Wolff, M., Tumbuan, W. J. F. A., & Lintong, D. C. A. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Merek Iphone Pada Kaum Perempuan Milenial di Kecamatan Tahuna. Jurnal EMBA, 10(1), 1671–1681. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/viewFile/39411/36142
Yang, Q., Pang, C., Liu, L., Yen, D. C., & Tarn, J. M. (2015). Exploring Consumer Perceived Risk and Trust for Online Payments: An Empirical Study in China’s Younger Generation. Computers in Human Behavior, 50, 9–24. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.03.058
Zulfa, L., & Hidayati, R. (2018). Analisis Pengaruh Persepsi Risiko, Kualitas Situs Web, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen E-Commerce Shopee Di Kota Semarang. Diponegoro Journal of Management, 7(3), 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Refbacks
- There are currently no refbacks.