Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPA Tentang Ekosistem Kelas V SDN 067251 Medan Deli

Hayatul Husna

Abstract


Penelitian ini bertujan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning pada pembelajaran IPA materi ekosistem dikelas V SDN 067251 Medan Deli. Penelitian ini dilaksanakan di SDN  067251 Medan Deli. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini       adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif, yang dilakukan dalam dua siklus. Instrument yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu berdasarkan hasil observasi pada setiap siklus. Subjek dalam penelitian sebanyak 27 siswa kelas V SDN 067251 .Hasil pretes sebanyak 8 orang siswa (29,62%) pada kategori tuntas dan sebanyak 19 orang siswa (70,38%) pada kategori tidak tuntas.Selanjutnya setelah pelaksanaan tindakan   siklus I dapat dikemukakan hasil nilai post tes belajar IPA siswa sebanyak 17 orang siswa (62,96%) pada kategori tuntas dan sebanyak 10 orang siswa (37,04%) pada kategori tidak tuntas Sedangkan pada siklus II, perolehan rata-rata mencapai peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 87,78 atau 87,78%. Oleh karena itu,model pembelajaran PBL  telah terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa pada materi ekosistem di kelas V SDN 067251 Medan Deli.

Keywords


Hasil Belajar; Pendidikan Dasar; Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineke Cipta.

Iswara, Syahdan Nugroho Widya, Wahyudi, and Dani Kusuma. 2022. “Peningkatan Hasil Belajar Ipa Tema 3 Subtema 2 Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas Iv.” Jurnal Cakrawala Pendas 8(2):388–96. doi: 10.31949/jcp.v8i2.2268.

Maqbullah, Shofiyah, Tati Sumiati, and Idat Muqodas. 2018. “Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar.” Metodik Didaktik 13(2):106–12. doi: 10.17509/md.v13i2.9500.

Nuraini, Fivi, and Firosalia Kristin. 2017. “Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd.” E-Jurnalmitrapendidikan 1(4):369–79. doi: 10.1080/10889860091114220.

Parasamya, C. E., and A. Wahyuni. 2017. “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika 2 (1)(1):42–49.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sulistiana, Indra. 2022. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Blimbing Kabupaten Kediri.” PTK: Jurnal Tindakan Kelas 2(2):127–33. doi: 10.53624/ptk.v2i2.50.

Supriatna, Edi. 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa.” Journal of Classroom Action Research 2(2):67–72. doi: 10.51179/asimetris.v2i2.811.

Wisudawati, Asih Widi, and Eka Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Yuafian, Reza, and Suhandi Astuti. 2020. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl).” JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) 3(1):17–24. doi: 10.26618/jrpd.v3i1.3216.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.