Implementasi E-LEARNING Sebagai Inovasi Pendidikan Berbasis Teknologi Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals (Sdgs)

John Simon Sinulingga

Abstract


Perkembangan teknologi dan informasi yang cepat telah mempengaruhi dalam berbagai aspek kehidupan termasuk dalam bidang pendidikan, Oleh karena itu, lembaga pendidikan harus mampu mengantisipasi perkembangan tersebut dengan terus menerus mengupayakan suatu program yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.maka dalam penerapan perlu melakukan inovasi pendidikan, salah satu inovasi pendidikan dengan menerapkan e-learning, Elektronic Learning, merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya. Harapan atas sistem E-learning di masa mendatang adalah penggunaan E-learning menjadi semakin efektif seiring dengan semakin berkembangnya teknologi dan metode pembelajaran yang digunakan. Pengembangan sistem E- learning juga diharapkan tidak hanya memperhitungkan masalah finansial dan profitabilitas, tetapi juga memperhatikan sisi psikologis pelajar dan mampu mengakomodasi berbagai kepribadian dan cara belajar masing-masing peserta.


Keywords


E-Learning; Inovasi Pendidikan; SDGS

Full Text:

PDF

References


Affandi, M. R., Widyawati, M., & Bhakti, Y. B. (2020). Analisis efektivitas media pembelajaran e-learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa sma pada pelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 150–157.

Dacholfany, M. I. (2016). Peranan pengambilan keputusan dalam rangka menciptakan inovasi di bidang pendidikan. Jurnal Dewantara, 1(01), 16–28.

Hanum. (2013a). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https: //doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584

Hanum, N. S. (2013b). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).

Heny Hendrayati and Budhi Pamungkas. (2016). Implementasi Model Hybrid Learning Pada Proses Pembelajaran Mata Kuliah Statistika II Di Prodi Manajemen FPEB UPI. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 181.

Lumbantoruan, J. H., & Male, H. (2022). Impact of Unprepared Competence and Difficulty in Competence of Mathematics Teachers During Online Learning. 6(4), 876–892.

Marlina, M., & Masnur, M. (2021). Aplikasi E-Learning Siswa Smk Berbasis Web. Jurnal Sintaks Logika, 1(1), 8–17.

Mastan, I. A., Sensuse, D. I., Suryono, R. R., & Kautsarina, K. (2022). Evaluation of distance learning system (e-learning): a systematic literature review. Jurnal Teknoinfo, 16(1), 132–137.

Nadziroh, F. (2017). The Analisa efektifitas sistem pembelajaran berbasis e-learning. Journal of Computer Science and Visual Communication Design, 2(1), 1–14.

Qurotul Aini, Q. A., Mukti Budiarto, M. B., POH Putra, P. O. H., & Untung Rahardja, U. R. (2020). Exploring e-learning challenges during the global COVID-19 pandemic: A review. Jurnal Sistem Informasi (Journal of Information System), 16(2), 47–65.

Ramadhani. (2017). Efektivitas Metode Pembelajaran Scl (Student Centered Learning) Dan Tcl (Teacher Centered Learning) Pada Motivasi Instrinsik & Ekstrinsik Mahasiswa Psikologi Untag Surabaya Angkatan Tahun 2014 – 2015. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 6(2), 66. https: //doi.org/10.30996/%0Apersona.v6i1.1302

Santosa, T. A., Sepriyani, E. M., Lufri, L., Chatri, M., & Violita, V. (2021). Analisis E-Learning Dalam Pembelajaran Evolusi Mahasiswa Pendidikan Biologi Selama Pandemi Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 66–70.

Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). Model penguatan literasi digital melalui pemanfaatan e-learning. Jurnal Aspikom, 3(6), 1200–1214.

Sudihartinih, E., & Wahyudin, W. (2019). Pembelajaran berbasis digital: studi penggunaan geogebra berbantuan e-learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Jurnal Tatsqif, 17(1), 87–103.

Verawati dan Desprayoga. (2019). SOLUSI PEMBELAJARAN 4.0: HYBRID LEARNING. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 1183–1192.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.