Peran Guru Dalam Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas VII Melalui Problem Solving di SMP Negeri 3 Pulau Rakyat Kabupaten Asahan

Marningot H Silalahi

Abstract


Berfikir kritis merupakan bentuk kemampuan dalam mengidentifikasi  serta merumuskan masalah, menetapkan inti dari suatu informasi, mengidentifikasi perbedaan  dan persamaan dari sesuatu, menggali relevansi informasi, kemampuan dalam membedakan  antara pendapat dan fakta, membuat asumsi, mengendalikan prasangka, menimbang konsistensi berfikir, serta menarik kesimpulan secara bertanggung jawab berdasar kan data  yang relevan disertai dengan pertimbangan dan perkiraan akibat yang akan ditimbulkan. Berpikir kritis merupakan sebuah kemampuan yang seharusnya dimiliki oleh semua siswa. Untuk itu butuh peran guru  untuk mengembangkannya, salah satu upaya yang bisa dilakukan guru adalah dengan menggunakan model pembelajaran  problem solving.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru untuk meningkatan kemampuan berfikir kritis siswa melalui metode problem solving di SMP Negeri 3 Pulau Rakyat Kabupaten Asahan. Metode peniltian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  melalui model pembelajaran problem solving  siswa mampu berfikir kritis dan  memperkuat daya ingat dan kreativitas peserta didik agar mendapatkan pemahaman yang lebih mendasar dari materi yang disampaikan.

Keywords


berfikir kritis; peran guru; problem solving

Full Text:

PDF

References


Eviyanti, C. Y., Surya, E., Syahputra, E., & Simbolon, M. (2017). Improving The Student’s Mathematical Problem Solving Ability by Applying Problem Based Learning Model in VII Grade at SMPN 1 Banda Aceh Indonesia. International Journal of Novel Research in Education and Learning, 4(2), 138–144. www.noveltyjournals.

Hidayati, Y. M., Sa’dijah, C., & Subanji, A. Q. (2019). Combinatorial thinking to solve the problems of combinatorics in selection type. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(2), 65–75. https://doi.org/10.26803/ijlter.18.2.5

McComas, W. F. (2019). Programme for International Student Assessment (PISA) Results From PISA 2018. The Language of Science Education, I–III, 79–79. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-497-0_69

Surya, E., Sabandar, J., Kusumah, Y. S., & Darhim. (2013). Improving of Junior High School Visual Thingking Repsentation Ability in Mathematical Problem Solving by CTL. IndoMS. J.M.E, 4(1), 113–126. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/article/view/568

Syahputra, E., & Surya, E. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Mengkonstruksi Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Pembelajaran Matematika Di SMA/MA. Prosiding Semirata 2015 Bidang MIPA BKS-PTN Barat, 125–137.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.