Pemanfaatan Aplikasi Canva Pada Materi Poster Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas VI Madrasah Iftidaiyah Swasta AZRINA Medan

Dwi Afri Yani

Abstract


Tantangan guru di era digital adalah memahami keunikan karakteristik dari siswa sebagai generasi digital. Penggunaan media pembelajaran yang menarik sangat dibutuhkan siswa agar mudah memahami dan merasakan kesenangan saat belajar. Canva merupakan salah satu aplikasi online yang dapat dimanfaatkan untuk membuat media pembelajaran salah satunya digunakan pada materi poster. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan aplikasi Canva pada materi poster. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan di MIS AZRINA Medan Marelan, subjeknya adalah siswa kelas VIA yang berjumlah 27 orang. Pengumpulan data menggunakan metode observasi langsung. Prosedur penelitian tindakan kelas dilakukan dalam 3 siklus yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Dari hasil analisis data yang diketahui adanya perbedaan antara sebelum tindakan dan sesudah tindakan yaitu: sebelum prasiklus terdapat 22 siswa (81,5%) yang tidak paham dan terampil menggunakan Canva, dan pada siklus I 13 siswa (48,2%) siswa cukup mengetahui dan terampil, dan pada siklus II 14 siswa (51,9%) siswa mengetahui dan terampil menggunakan Canva.

Keywords


canva; poster

Full Text:

PDF

References


Adisel, A., & Prananosa, A. G. (2020). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Sistem Manajemen Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31539/alignment.v3i1.1291

CANVA. (n.d.). Canva Untuk Pendidikan. https://www.canva.com/id_id/pendidikan/.

Irene MJA, D. (2018). Buku Penilaian Bupena Untuk SD dan MI Kelas VI // Jilid 6A. Erlangga. http://perpus.dispusip.cirebonkota.go.id//index.php?p=show_detail&id=29648%0Ahttp://perpus.dispusip.cirebonkota.go.id//lib/minigalnano/createthumb.php?filename=images/docs/63543.jpg.jpg&width=200

Lucius Pravasta Alver Leryan, Christophrus Putro Damringtyas, M. P. H. dan B. I. P. (2018). THE USE OF CANVA APPLICATION AS AN INNOVATIVE PRESENTATION MEDIA LEARNING HISTORY. PROSIDING Seminar Nasional FKIP 2018.

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.

Ridha, M. (2018). Menjadi Guru di Era Digital. Geotimes. https://geotimes.id/opini/menjadi-guru-di-era-digital-2/

Rizanta, G. A., & Arsanti, M. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Masa Kini. Prosiding Seminar Nasional Daring, 2, 560–568. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1381

Sugiyono. (2019). STATISTIKA UNTUK PENELITIAN. Bandung : Alfabeta, 2019.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, S. (2014). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Jakarta). Jakarta : Bumi Aksara, 2015.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261


Refbacks

  • There are currently no refbacks.