Maksimalisasi Fungsi Ruang Literasi Kelas Bawah Sebagai Upaya Melibatkan Orangtua Murid Secara Langsung Dalam Program Literasi Sekolah

Junaidi Junaidi

Abstract


Program Literasi Sekolah dari waktu ke-waktu terus ditingkatkan, agar sumber daya manusia Indonesia dapat mengikuti perkembangan Ilmu Pengetahuan diera globalisasi ini. Sekolah sebagai salah satu institusi dalam bidang pendidikan merupakan tempat yang sangat strategis dalam rangka menyiapkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Ada berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan diantaranya adalah melalui gerakan literasi sekolah. Literasi sekolah dapat memperkuat gerakan penumbuhan budi pekerti. Salah satu upaya yang dilakukan di SD Negeri 1 Kotafajar Kecamatan Kluet Utara Aceh Selatan adalah dengan Membuat Prgram Literasi kuhusus kelas bawah yang diperuntukkan untuk siswa kelas rendah khususnya kelas I dan II dan juga untuk para Wali Murid penjemput anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif, teknik pengumpulan dayanya dilakukannya observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mempertajam keakuratan datanya akan dilakukan menggunakan triangulasi yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Bahan bacaan berisi nilai-nilai budi pekerti, berupa kearifan lokal, nasional dan global yang disampaikan sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik. Tujuan dari gerakan ini adalah menumbuhkan minat baca anak dari awal dan mengajak orangtua siswa terlibat secara langsung sebagai bagian dari ekosistem pendidikan.

Keywords


literasi; minat baca; peserta didik; wali murid

Full Text:

PDF

References


Nurhadi. (1987). Kapita Selekta Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajarannya. Malang : Ikip Malang 2008 Membaca Cepat dan Efektif (Teori dan Latihan). Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Rahim, Farida. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ruslan. (2009). Validitas isi; Buletin Pa’biritta No. 10 Tahun IV September 2009.

Sandjaja, Soekanto. (2005). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua terhadap Minat Membaca Anak Ditinjau dari Pendekatan Stres Lingkungan. Psikodimensia Kajian Ilmiah Psikologi, 2(1), 17–25.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Soeatminah & Sri Marnodi. (1991). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta : IKIP Yogyakarta.

Soedarso. (2006). Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Surachmad, Winarno. (1980). Metode Penelitian. Bandung : Tarsito.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.