Analisis Keterampilan Guru Dalam Penggunaan Media Powerpoint Pada Pembelajaran Tematik di SD
Abstract
Pembelajaran di sekolah dasar dasar dasar akan berjalan menyenangkan jika menggunakan media sebagai alat bantu pembelajaran agar proses penyampaian materi lebih mudah dan tepat sasaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan guru adalah powerpoint. Kemampuan guru dalam memaksimalkan powerpoint juga menjadi faktor utama agar menghasilkan tampilan yang menarik bagi peserta didik. Tampilan yang menarik pada powerpoint juga bisa menunjang pembelajaran tematik yang menjadi model pembelajaran terpadu yang menggabungkan satu konsep dalam beberapa materi atau pelajaran menjadi satu tema atau topik pembahasan tertentu sehingga terjadi integrasi antara pengetahuan, keterampilan dan nilai yang memungkinkan peserta didik aktif menemukan konsep serta prinsip keilmuan secara holistik, bermakna dan otentik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kemampuan dan pengetahuan guru dalam menerapkan media powerpoint. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di beberapa Sekolah Dasar yang ada di Medan. Kemudian teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan data hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa media pembelajaran powerpoint efektif digunakan dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar dasar dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Di Sd. Jurnal Basicedu, 2(2), 11–21. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.42
Ceha, R., Prasetyaningsih, E., Iyan, B., & S, A. N. (2016). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Kegiatan Pembelajaran. Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 131–138.
Hikmah, S. N., & Maskar, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Microsoft Powerpoint Pada Sisa SMP Kelas VIII Dalam Pembelajaran Koordinat Kartesius. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 15–19.
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Lubis, H. Z., Eriska, P., Bismala, L., Arifin, M., Hidayat, F. F., Rudianto, Jamaludin, Harfiani, R., Nasution, D. W. Panggabean, S., Zulkarnain, F., Sabrina, R., Mavianti, Sulasmi, E., & Lesmana, G. (2021). Inovasi Pembelajaran di Masa Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (New Normal); Antara Peluang dan Tantangan. Umsu Press. https://www.google.co.id/books/edition/Inovasi_Pembelajaran_di_Masa_Merdeka_Bel/KMhLEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1
Muthoharoh, M. (2019). Media PowerPoint dalam Pembelajaran. Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah, 26(1), 21–32.
Rahadian, D. (2017). Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Kompetensi Teknologi Pembelajaran Untuk Pengajaran yang Berkualitas. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 234–254.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (2nd ed.). Penerbit Alfabeta.
Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. PT. Rineka Cipta.
Trianto. (2012). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. PT. Prestasi Pustakaraya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.