Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar Pada Era Digital

Ammi Al-Habiby Telaumbanua

Abstract


Abstrak: Sehubungan dengan adanya pandemi covid-19, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana siswa SDN 060870 melaksanakan pembelajaran online dari rumah. Metode yang digunakan peneliti adalah metode perpustakaan. Kajian teoritis dilakukan dengan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber. , termasuk buku, jurnal, dan berita, tentang berbagai topik yang relevan. Pendokumentasian pembelajaran yang dilakukan di SD Negeri 060870 merupakan salah satu metode yang peneliti gunakan selain pengumpulan data. Pembelajaran selesai di SD Negeri 060870 bertujuan pembelajaran rekaman sebagai pembelajaran media.dalam penggunaan Google Forms untuk penilaian kognitif atau psikomotorik guru dan dalam komunikasi dan interaksi antara siswa dan guru melalui grup Whatsapp.


Keywords


Pembelajaran daring; era digital; covid-19

Full Text:

PDF

References


(Achmad et al., 2021)Achmad, Z. A., Fanani, M. I. D., Wali, G. Z., & Nadhifah, R. (2021). Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Efektif bagi Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi COVID-19. JCommsci - Journal Of Media and Communication Science, 4(2), 54–67. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i2.121

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Damayanthi, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19 pada Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik. Edutech, 19(3), 241–262. https://ejournal.upi.edu/index.php/edutech/article/view/26978

Dwi C, B., Ameli, A., Hasanah, U., Rahman, H., & Mahesha Putra, A. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 1(2), 28–37. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i2.559

Fatmawati, N., & Lampung, U. (2020). Sekolah Dasar Selama Masa Pandemi Covid-19. Martabat : Jurnal Perempuan Dan Anak, 4(1), 97–110.

Handayani, N. N. L., & Muliastrini, N. K. E. (2020). Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya 2020. Pembelajaran Era Disruptif Menuju Era Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar), 0, 1–14. https://prosiding.iahntp.ac.id

Herwanto, S., & Hatmo, D. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Secara Daring. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2), 115–122.

Juliawan, I. W., Bawa, P. W., & Qondias, D. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(2), 157–169. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i2.342

Nadhiroh, L. (2020). IMPLEMENTASI BELAJAR DARI RUMAH KELOMPOK B SELAMA PANDEMI COVID-19 DI RA KARAKTER SEMARANG. 125–132.

Simatupang, N. I. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Pengajara Online pada Masa Pandemi Covid-19 dengan Metode Survey Sederhana. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(2), 197–203. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdp/

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

(Syah, 2020)(Anugrahana, 2020)(Juliawan et al., 2021)(Dwi C et al., 2020)(Damayanthi, 2020)(Herwanto & Hatmo, 2021)(Handayani & Muliastrini, 2020)(Fatmawati & Lampung, 2020)(Nadhiroh, 2020)(Simatupang, 2020)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.