ANALISIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI IPA DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN BERKELANJUTAN (EDUCATION FOR SUITANABLE DEVELOPMENT)

Devi Kurnia Fitra, Jimmi Copriady, Zulirfan Zulirfan

Abstract


Implementasi Kurikulum Merdeka merupakan upaya untuk mewujudkan pendidikan adil dan merata sesuai tujuan Education for Sustainable  Development (ESD). Salah satu pendekatan dalam Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran berdiferensiasi yaitu pembelajaran yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. Kebutuhan belajar tersebut meliputi kesiapan belajar, minat dan bakat, serta profil/ gaya belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterkaitan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPA dengan ESD, dan menganalisis kesadaran berkelanjutan (sustainability awareness) siswa pada pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka dan survey kuesioner tertutup kemudian data dianalisis dengan skala  likert. Jumlah responden untuk kuesioner adalah 300 siswa kelas VII  dan VIII berasal dari dua SMP Negeri di Kabupaten Indragiri Hilir dan dua SMP Negeri di Kabupaten Siak yang telah mengimplemetasikan Kurikulum Merdeka.

Keywords


Pembelajaran Berdiferensiasi, IPA,ESD

Full Text:

PDF

References


Boeren, E. (2019). Understanding Sustainable Development Goal (SDG) 4 on “quality education” from micro, meso and macro perspectives. International Review of Education, 65(2), 277–294. https://doi.org/10.1007/s11159-019-09772-7

Dewi Rahmadayanti, A. hartoyo. (2021). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250–258.

Hattarina, S., Saila, N., Faradilla, A., Putri, D. R., & Putri, R. G. A. (2022). Implementasi Kurikulum Medeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 181–192.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10

Hockett, J. A. (2018). Differentiation Strategies and Examples: Grades 6-12. June, 1–178.

Iswahyudi, I. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Teori Konstruktivisme pada Proyek Kewirausahaan Differentiated Learning in Constructivism Theory in Entrepreneurship Projects. Jurnal Pendidikan, 63–74.

Javanisa, A., Fauziah, F. F., Melani, R., & Rouf, Z. A. (2022). Implementasi Kurikulum Sekolah Penggerak Terhadap Motivasi Peserta Didik. Jurnal Kalam Pendidikan PGSD Kebumen, 1, 34–47.

Mariati, P., Purnamasari, N., Soetantyo, S., Suwarna, I. R., & Susanti, E. I. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi ( Differentiated Instruction ).

Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. 1–58.

Muhamad Arif Mahdiannur, Erman, Martini, Tutut Nurita, Laily Rosdiana, & Ahmad Qosyim. (2022). Pendampingan Pengembangan Modul Ajar Berdiferensiasi Untuk Guru Mata Pelajaran Ipa Smp-Sederajat Berorientasi Esd. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 3 No.(4), 801–808. https://doi.org/10.31949/jb.v3i4.3409

Muhammad, R. B. dkk. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Strategi Mencapai Tujuan Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Inovasi:Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan, 1(2), 132–138.

Novidsa, I., Purwianingsih, W., & Riandi, R. (2020). Exploring knowledge of prospective biology teacher about Education for Sustainable Development. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(2), 317–326. https://doi.org/10.22219/jpbi.v6i2.12212

Nur Ika Trisnawati, S. (2022). Kurikulum Prototipe sebagai Opsi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Tahta Media Group.

Primasti, S. G. (2021). Implementasi Program Education for Sustainable Development Di Sma Tumbuh. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 10(3), 80–100. https://doi.org/10.21831/sakp.v10i3.17465

Purnamasari, S., & Hanifah, A. N. (2021). Education for Sustainable Development (ESD) dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Kajian Pendidikan IPA, 1(2), 69. https://doi.org/10.52434/jkpi.v1i2.1281

Rahmawati, S., Roshayanti, F., Susatyo Nugroho, A., & Saipul Hayat, M. (2021). Potensi implementasi Education for Sustainable Development (ESD) dalam pembelajaran IPA di MTs Nahdlatul Ulama Mranggen Kabupaten Demak Article Info ABSTRACT. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(1), 2774–2156.

Rasyidi, M. (2022). Pembelajaran IPA Bervisi SETS untuk Pembangunan Berkelanjutan dalam Tinjauan Filsafat. 2(3), 182–187.

Rini, N. W., & Nuroso, H. (2022). Profil Sustainability Awareness Siswa Sma/Smk Pada Materi Suhu Dan Energi. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 18(1), 68. https://doi.org/10.35580/jspf.v18i1.21535

Rudi Prasetyo, O. A. S., & Parozak, M. R. G. (2022). Penerapan Teori Belajar Humnistik pada Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Global Education, 1(1), 33–38. https://ejournal.nusantaraglobal.ac.id/index.php/jige/article/view/65/22

Ruslindawati, R., Fauziah, A., Yenita, F., Suryanti, D., & Vilmala, B. K. (2022). Sustainability Awareness Profile of Junior High School Student in Riau Province. AIP Conference Proceedings, 2600(December). https://doi.org/10.1063/5.0117716

Situmeang, I. R. V. O. (2021). Hakikat Filsafat Ilmu dan Pendidikan dalam Kajian Filsafat Ilmu Pengetahuan. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 5(1), 1–17.

Sutopo, A., Arthati, D. F., & Rahmi, U. A. (2014). Kajian Indikator Sustainable Development Goals ( SDGs ). Kajian Indikator Lintas Sektor, 1–162.

Tomlinson, C. A. (2017). Understanding Differentiated Instruction. 6. https://moodle.clarkson.edu/pluginfile.php/763335/mod_resource/content/1/Differentiation Pamphlet.pdf

Wahyuni, A. S. (2020). Literatur Review: Pendekatan Berdiferensiasi dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti, 4(januari 2020), 1–11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.