Penggunaan Media Geogebra Dalam Meningkatkan Ketuntasan Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Arum Bhekti Pratiwi, Darmadi Darmadi, Henri Yuli Hartanto, Ibadullah Malawi

Abstract


Berdasarkan hasil observasi dan wawancara guru matematika kelas VII A diketahui siswa yang dinyatakan tuntas sebesar 54,8%, sedangkan kemampuan berpikir kritis siswa rendah disebabkan seringnya siswa menggunakan handphone ketika pembelajaran untuk mencari jawaban dari soal yang berikan guru tanpa mencoba terlebih dahulu. Berdasarkan permasalahan diatas, penulis menawarkan penggunaan media pembelajaran Geogebra yang berbasis android. Ketika guru menggunakan Geogebra, diharapkan ketuntasan belajar siswa minimal mencapai 70% dan kemampuan siswa dalam berpikir kritis mengalami peningkatan sebanyak 30% dari sebelumnya. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus pada materi Segiempat dan Segitiga. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penggunaan Geogebra dalam meningkatkan ketuntasan belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Madiun pada mata pelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Geogebra dapat meningkatkan ketuntasan belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibuktikan dengan hasil postest dan observasi. Ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 meningkat 12,9% sedangkan pada siklus 2 meningkat 25,8% dan pada siklus 3 meningkat sebesar 29%. Kemampuan berpikir kritis siswa pada kategori tinggi dari siklus 1 hingga siklus 3 berturut-turut sebesar 34,2%, 55,5% dan 81,3%.

Keywords


Berpikir Kritis; Geogebra; Ketuntasan Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdillah, L. A., Fauziah, A., Napitupilu, D. S., Sulistiyo, H., Fitriyanti, Sakti, B. P., Khusnia, A. N., Noveni, N. A., Tarjo, Suwarno, Chamidah, D., Puri, V. G. S., Salman, I., & Nurkanti, M. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Penerapannya. Adab.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Arisoy, B., & Aybek, B. (2021). The Effects Of Subject-Based Critical Thinking Education In Mathematics On Students’ Critical Thinking Skills And Virtues*. Eurasian Journal of Educational Research, 2021(92), 99–120. https://doi.org/10.14689/EJER.2021.92.6

Darmadi, D. (2015). Profil Berpikir Visual Mahasiswa Laki-Laki Calon Guru Matematika Dalam Memahami Definisi Formal Barisan Konvergen. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 1(2), 107–130. https://doi.org/10.2/JQUERY.MIN.JS

Darmadi, D. (2017). Identifikasi Kesalahan Berpikir Visual Mahasiswa dalam Menggambar Grafik Fungsi Real. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 140–144. https://doi.org/10.33654/MATH.V3I2.66

Darmadi, & Handoyo, B. (2016). Profil Berpikir Visual Mahasiswa Calon Guru Matematika dengan Gaya Belajar Visual dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 2(1), 75–84. https://doi.org/10.2/JQUERY.MIN.JS

Darmadi, & Wihardjo, E. (2019). Learning Process And Visualization Of Children To Multiplication Concept. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(11), 3648–3651. www.ijstr.org

Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah; (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 68–77. https://doi.org/10.15294/KREANO.V10I1.17822.G9387

Fitriani, F., Maifa, T. S., & Bete, H. (2019). Pemanfaatan Software Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(4), 2614–7947. https://doi.org/10.29303/JPPM.V2I4.1507

Hikmah, R. (2020). Pengaruh Aplikasi GeoGebra dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMPN Cibinong. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(2), 152–161. https://doi.org/10.30998/SAP.V5I2.6908

Lusiana, R. (2017). Profil Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linier Berbasis Kontekstual Ditinjau dari Kecerdasan Matematika Logis. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(2), 100–108. https://doi.org/10.25273/JIPM.V5I2.1173

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Deepublish.

Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/16060

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 155–158. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10490

Palempung, F. F., & Sumual, F. J. N. (2021). Dampak Metode Pembelajaran Dari bagi Ketuntasan Belajar Siswa. TELEIOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 117–129. https://doi.org/10.53674/teleios.v1i2.38

Putra, R. S., Wijayati, N., & Mahatmanti, F. W. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2). https://doi.org/10.15294/JIPK.V11I2.10628

Werang, B. R. (2015). Pendekatan Kuantitatif dalam Penelitian Sosial. Calpulis.

Yuliarisma, S. A., Darmadi, D., Ningrum, P. P., Safitri, A., Prasetyo, Y. E., & Nisa, K. (2021). Peran Orang Tua Dalam Menyeimbangkan Psikologi Anak Pada Pembelajaran Matematika Masa Covid 19. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(1), 70–75. https://doi.org/10.31004/JRPP.V4I1.1740

Yunita, S. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Transformasi Melalui Media Geogebra Kelas IX di SMP N 2 Banjit Way Kanan. Attractive : Innovative Education Journal, 2(2), 89–106. https://doi.org/10.51278/AJ.V2I2.43


Refbacks

  • There are currently no refbacks.