PENGARUH INOVASI PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UMKM SEBLAK DESA PRASMANAN DI DESA BANGILAN, KECAMATAN KAPAS, KABUPATEN BOJONEGORO

Desta Fitriana Putri, Sri Wulandari, Rizka Arum Susilowati, Denis Alfian Nugroho, Fitri Cahya Wijayanti, Alberto Daud Franky Leswana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inovasi produk, kualitas pelayanan, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian pada produk Seblak Desa Prasmanan di Desa Bangilan, Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen Seblak Desa. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 30 responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu kuesioner. Teknik analisis data yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji analisis regresi berganda, uji-T. Berdasarkan hasil analisis uji t diketahui inovasi produk (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Kualitas pelayanan (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Persepsi harga (X3) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa pengaruh variabel independen terhadap dependen dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel ini.


Keywords


Inovasi Produk, Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Produk Seblak Desa

Full Text:

PDF

References


A’isyah, N. S. (2022). Strategi Pemasaran Seblak Teh Erna dan Perkembangan Usahanya. Skripsi, 76.

Azrullah, M. M., & Suriyok, K. (2022). Pengaruh Harga, Produk dan Tempat Terhadap Minat Beli Pelanggan (Studi pada UKM Chicken Shilin Kampung Yadika Bangil). Jurnal Ilmiah Ecobuss, 10(1), 1–6.

Badriyah Badriyah, Sukiyah Sukiyah, Siti Mariskah, & Riki Gana Suyatna. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Membeli Seblak Di Daerah Tirtayasa. Jurnal Manuhara : Pusat Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 288–294. https://doi.org/10.61132/manuhara.v2i1.567

Harga, P., Produk, K., & Promosi, D. A. N. (2023). KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBLAK PASTA TAMAN SISWA BAGI MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI ( STIE ) WIDYA WIWAHA. 1, 17–32.

Jamaludin, A., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2015). Pengaruh promosi online dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 21(1), 1–8. https://media.neliti.com/media/publications/85820-ID-pengaruh-promosi-online-dan-persepsi-har.pdf

Kusumaningrum, D. D., Hendratmoko, S., & Widuri, T. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Inovasi Produk terhadap Keputusan Pembelian di Kelompok UKM Candaria. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 1, 71–76. http://ejurnal.provisi.ac.id/index.php/JIMEB

Maharani, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pizza Hut. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 2(1), 10–22. https://doi.org/10.51804/iej.v2i1.548

Maulana, Y. S., & Alisha, A. (2020). Inovasi Produk dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Restoran Ichi Bento Cabang Kota Banjar). Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 8(1), 86. https://doi.org/10.35314/inovbiz.v8i1.1313

Purnama, N. P. I. B., & Sari, N. K. M. D. (2022). Pengaruh Persepsi Harga dan Inovasi Produk terhadap Minat Pembelian (Studi pada UMKM Ncasa Stone Curving Gianyar). Jurnal Emas, 4(1), 227–236.

Wariki, G., Mananeke, L., & Tawas, H. (2015). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 1073–1085. https://doi.org/10.35794/emba.v3i2.9286


Refbacks

  • There are currently no refbacks.