Be Cool Kids, Say No to Bullying : Psikoedukasi Anti Perundungan bagi Anak Sekolah Dasar

Dyna Salawaty Maulidya, Yuditia Prameswari, Enzelika Br Sinaga

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya menghindari perilaku perundungan. Melalui pendekatan edukatif yang melibatkan penayangan video animasi interaktif, penyampaian materi, dan kuis kepada siswa, diharapkan siswa mampu memahami bahwa perilaku perundungan bisa berdampak negatif bagi dirinya, teman, keluarga dan nama baik sekolah. Kegiatan pengabdian masyarakat ini ditujukan untuk siswa kelas 4 di SDN 003 Belakang Padang yang merupakan sekolah dasar yang terletak di batas terluar Batam, yang masuk wilayah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar). Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa siswa memiliki pengetahuan yang baik mengenai dampak perundungan dan terlibat aktif selama kegiatan berlangsung. Mereka memahami dan meresapi informasi yang disampaikan, serta menunjukkan sikap yang positif terkait dengan pencegahan perundungan dan lebih welas asih dengan teman-temannya.

Keywords


Daerah pedalaman; Kesehatan mental; Perundungan; Sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Afrilia, L., Arief, D., Amini, R., & Negeri Padang, U. (2022). EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2559

Fajriati, R., Asyura, F., & Ilhamsyah, P. (2023). EDUKASI BULLYING MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA SD KELAS VI MIS HAFIZH CENDEKIA BANDA ACEH. Journal of Education Science (JES), 9(1).

Forsberg, C., Sjögren, B., Thornberg, R., Hong, J. S., & Longobardi, C. (2024). Longitudinal reciprocal associations between student–teacher relationship quality and verbal and relational bullying victimization. Social Psychology of Education, 27(1), 151–173. https://doi.org/10.1007/s11218-023-09821-y

Maulindah, L., Husin, M., & Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala, P. (2023). Peranan Guru Dalam Membimbing Siswa Yang Melakukan Perilaku Bullying Di SD Negeri 3 Suak Lamatan Kabupaten Simeulue. In Elementary Education Research Bulan Agustus Tahun (Vol. 8, Issue 3). http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/index

Oktaviany, D., & Ramadan, Z. H. (2023). Analisis Dampak Bullying Terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1245–1251. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5400

Rahmat, N. isnaeni, Hastuti, I. D., & Nizaar, M. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Menyebabkan Bullying di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 7(6), 3804–3815. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6432

Sri Lena, M., Nisa, S., Utari, T., & Anas, H. (2023). Efektivitas Implementasi Ice Breaking untuk Meningkatkan Minat dan Semangat Belajar Siswa Sekolah Dasar. 3(3), 240–248. https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i3.627

Sukawati, A., Abdul Muiz, D. L., & Ganda, N. (2021). PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Fenomena Bullying Berkelompok di Sekolah Dasar. In All rights reserved (Vol. 8, Issue 2). http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Taufiq Ismail. (2019). PENTINGNYA PERAN GURU KELAS DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING SISWA DI SEKOLAH. Prosiding Seminar Nasional PGSD.

Vindhian Ningtyas, P., & Sumarsono, R. B. (2023). Upaya Mengurangi Bullying Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Sosialisasi (Vol. 4, Issue 2).

Yuyarti. (2018). MENGATASI BULLYING MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER. In Jurnal Kreatif (Vol. 9, Issue 1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.