Analisis Dampak Bulan Ramadhan Terhadap Pendapatan UMKM di Kecamatan Bojonegoro

Lilis Zulaikha, Aditya Riyanto, Viana Anggi Resnani, Moch. Rizki Tegar Ferdiansyah, Alissiwi Wahyuning Prandani, Rony Sugiarto, Syaidatun Nisa

Abstract


Kesejahteraan masyarakat merupakan salah satu tujuan yang paling diharapkan di setiap daerah, tidak terkecuali bagi daerah di Provinsi Jawa Timur khususnya Bojonegoro. Peningkatan pendapatan yang terjadi pada saat bulan ramadhan menjadi peluang besar bagi UMKM untuk kesejahteraan hidupnya. Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh jenis produk dan jam operasional pada saat bulan ramadhan terhadap pendapatan UMKM yang ada di Kecamatan Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh variabel X1 (jenis produk) terhadap pendapatan. Dan terdapat pengaruh variabel X2 (jam operasional) terhadap pendapatan.

Keywords


Bulan ramadhan, Pendapatan , UMKM

Full Text:

PDF

References


Anom, L., Adiputra, E., Murtini, M., Safii, A. A., & Bisri, H. (2023). Product Innovation And Marketing Assistance To Eco Greeen Handcraft MSMEs. TGO Journal of Community Development, 1(2), 39–44. https://doi.org/https://doi.org/10.56070/jcd.2023.007

Anom, L., & Safii, A. A. (2022). Enhancing MSME Performance through Market Sensing Capability, Innovation Capability, and Iconic Ethnic Product Development. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.30741/adv.v6i1.778

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jonnedi, B. S. (2012). Income analysis. Journal of the American Dental Association, 143(9), 960–961. https://doi.org/10.14219/jada.archive.2012.0304

Murtini, M., Safii, A. A., & Anom, L. (2024). Exploring The Relationship Between Entrepreneurial Networking, Entrepreneur Leadership, Innovation capability, and MSMEs Performance. Innovation Business Management and Accounting Journal, 3(1), 37–47. https://doi.org/10.56070/ibmaj.2024.005

Safii, A. A., & Anom, L. (2021). Peran Moderasi Financial Access Pada Pengaruh Human Capital Dan Social Capital Terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi, 14(1), 36–49.

Safii, A. A., & Rahayu, S. (2021). Human Capital and Social Capital as Determining Factors of The MSMEs Surviving Ability. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 5(1), 1–9. https://ejournal.itbwigalumajang.ac.id/index.php/adv/article/view/659

Safii, A. A., & Suwarno, T. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perolehan Kredit Oleh Pengusaha Mikro. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 4(3).

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfa Beta.

Widyani, P., Mulyadi, D., & Sandi, S. P. H. (2023). Analisis Pendapatan UMKM Bulan Ramadhan Pada Kecamatan Telukjambe Timur Karawang Tahun 2023. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 7101–7106.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.