Implementasi Kurikulum Montessori dalam Pelaksanaan Kegiatan di Lembaga Daycare Kota Tangerang Selatan

Wemni Kristian, Sri Wulan, Nurbiana Dhieni

Abstract


Penelitian ini mengeksplorasi peran penting lembaga pengasuhan anak dalam pengasuhan, pendidikan, dan perawatan anak usia dini, dengan fokus pada implementasi kurikulum Montessori di Kota Tangerang Selatan. Daycare berfungsi sebagai tempat pengasuhan anak  yang beroperasi pada siang hari, menyediakan pengasuhan, pendidikan, dan perawatan bagi anak usia 0-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan yang aman dan menyenangkan, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang baik, konsistensi evaluasi, rasio guru dan siswa yang tepat, serta perawatan yang baik merupakan aspek-aspek penting yang harus diperhatikan oleh lembaga tempat pengasuhan anak . Penelitian ini juga menekankan alasan utama untuk memasukkan anak ke Daycare  adalah karena banyak ibu yang bekerja dan lembaga Daycare dirasa tepat sebagai tempat untuk menjaga dan menstimulasi perkembangan anak.

Keywords


Metode Montessori, Daycare, Pelaksanaan kegiatan

Full Text:

PDF

References


Buku

Garcia, E. (2007). Child Daycare management. Chandni Chowk, Delhi: Global Media.

Kasour, M. d. (2023). The Montessori pedagogy in marocco : state of the art from a qualitative perspective. Journal of human university, 165-170.

Morrison, G. (2015). Early Childhood Education Today (13 ed.). (J. Peters, Ed.) England: Pearson Education Limited. Retrieved october 19, 2023

Sciarra, D. J. (2016). Developing and Administering a Child Care and Education Program, (9 ed.). Boston, MA 02210, USA: Cengage Learning. Retrieved 11 2, 2023

Carolyn , M. D. (2012). Child Care and Education (2 ed.). 338 Euston Road, London: Hodder Education, An Hachette UK Company. Retrieved 11 2, 2023

Davies, s. (2019). T H E M O N T E S S O R I TODDLER. NEW YORK: WORKMAN PUBLISHING .

Lorna mcgrath, &. T. (2021). Montessori for every family. American: the Montessori foundation.

Montessori, m. (1912). Own handbook. (a. E. George, trans.) New york: frederick a. Stokes company.

Montessori, m. (1914). Own handbook. 18 pleasant st., cambridge, massachusetts 02139: robert bentley, inc.

Savitri, I. M. (2020). Montessori for Multiple Intelligences. Yogyakarta: PT Bentang pustaka.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Jurnal

Aral, N. d. (2015). Montessori Eğitiminin Çocukların Gelişimine Etkisinin İncelenmesi. Journal of Educational Research, 1(1), 32-52. Retrieved from https://dergipark.org.tr/en/download/article-file/450549

Catherine, L. d. (2020). Four Pillars of the Montessori. MIND, BRAIN, AND EDUCATION, 1-13.

Dhieni, N. d. (2019). Evaluation of Content Curriculum in Kindergarten. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 73. Retrieved from http:// journal.unj.ac.id/ unj/ index.php/ jpud

Rizkita, d. (2017). Pengaruh standar kualitas taman penitipan anak terhadap motivasi dan kepuasaan orang tua (pengguna) untuk memilih pelayanan tpa yang tepat. Early childhood : jurnal pendidikan, 1, 1-16.

Dhiksha, &. N. (2016). Efficacy of Montessori and traditional method of education on self-concept development of children. International Journal of Educational Policy Research and Review, 29-35. Retrieved from http://www.journalissues.org/IJEPRR/

Dinda, &. H. (2022). Pentingnya Pola Asuh Responsif Dalam Nurturing Care Untuk Mendukung Perkembangan Anak: Literature Review. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 10823-10827.

Grzywacz, &. S. (2016). Work–Family Conflict and Health Among Working. Family Relations, 176–190. doi:DOI:10.1111/fare.12169

Hidayati, L. (2023). Wanita Bekerja, Antara Karir Dan Keluarga. Kajian Hukum dan Studi Islam, 58-61.

Holden, G. W. (2021). PARENTING A Dynamic Perspective ( Lara Parra ed.). the United States of America: SAGE Publications, Inc. Retrieved Desember 20 Rabu, 2023

Naguib, N. d. (2022). Effect of Montessori on Children Development:Systematic Review. Teikyo Medical Journal, 45(01), 5729-5741.

Nancy, &. H. (2018). Early education curriculum (A child's connection to the world) (7th edition ed.). Boston, USA: Cengage learning. Retrieved 10 17, 2023

Paula , &. L. (2003). Montessori from the Start: The Child at Home, from Birth to Age Three. New york: Schocken.

Rosyada, D. (2020). Penelitian kualitatif untuk ilmu pendidikan. Jakarta: Kencana.

Wahyuningtyas, D. P. (2022). Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan dalam. Zuriah(Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini), 3, 103-116. doi:DOI: 10.29240/zuriah.v3i2.5737 |p. 103-116

Artikel/ Modul

Pranawa, d. (2019). Evaluasi Pelayanan Pengasuhan Anak. Jakarta: Lembaga komisi perlindungan anak indonesia.

Ditjen paud dan diknas. (2015, september jumat). Retrieved from petunjuk teknis penyelenggaraan taman penitipan anak: https://repositori.kemdikbud.go.id/12883/1/3.-juknis-tpa.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.