ANALISIS PERAN KOMUNITAS LOKAL, AKSEBILITAS SEKOLAH, DAN INOVASI PEMBELAJARAN

Tri Rahmania, Ibrahim Ibrahim

Abstract


Pendidikan di desa-desa terpencil sering kali dihadapkan pada berbagai tantangan, termasuk aksesibilitas terbatas terhadap sumber daya dan inovasi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan lokal. Dalam konteks ini, peran komunitas lokal dan aksesibilitas sekolah menjadi faktor kunci dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Studi ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana peran komunitas lokal, aksesibilitas sekolah, dan inovasi pembelajaran saling berinteraksi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di desa-desa terpencil. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Narasumber dalam peelitian ini adalah tokoh masyarakat. Analisis data menggunakan observasi dan wawancara. Hasil dan pembahasan menjelaskan bahwa   pentingnya memperhatikan peran komunitas lokal dan aksesibilitas sekolah dalam merancang inovasi pembelajaran yang efektif dan inklusif. Kolaborasi antara stakeholder pendidikan, termasuk sekolah, komunitas, dan pemerintah, diperlukan untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan memfasilitasi inovasi dalam Pendidikan.


Full Text:

PDF

References


Areta Putrie, D., & Rahman, A. (2021). Determinan Akses ke Sumber Daya Kebersihan Tangan: Studi Kasus Rumah Tangga di Kalimantan Barat. Jurnal Forum Analisis Statistik (FORMASI), 1(1), 27–34. https://doi.org/10.57059/formasi.v1i1.11

Kwang En, T., & Suryandi, F. A. (2011). Peranan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Pengendalian Intern AktivitasPembelian Bahan Baku Guna Mencapai Penyerahan Bahan Baku yang TepatWaktu. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 6, 1–29.

N. Hula, I. R., & Mariana, A. (2020). Aksesibilitas Pendidikan Gratis Pada Sekolah Swasta Di Gorontalo Utara. Irfani, 16(2), 1–26. https://doi.org/10.30603/ir.v16i2.1834

Nathaniela, H., & Esfandiari. Nadya Saphira. (2023). Pengaruh Penggunaaan Teknologi Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Merdeka Belajar, 1(1), 1–6.

Nur, R. D. (2024). Peningkatan Aksesibilitas Pendidikan di Desa: Peran Teknologi dan Inovasi dalam Mengatasi Kesenjangan Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Peningkatan Aksesibilitas Pendidikan di Desa: Peran Teknologi dan Inovasi dalam Mengatasi Kesenja. https://www.kompasiana.com/ravidahdnaa/65f710c0de948f241e58e9a3/peningkatan-aksesibilitas-pendidikan-di-desa-peran-teknologi-dan-inovasi-dalam-mengatasi-kesenjangan

Putera, M. T., & Rhussary, M. L. (2018). ( Terdepan , Terpencil Dan Tertinggal ) Di Kabupaten. Ekonomi Dan Manajemen, 12, 144–148. https://journals.umkt.ac.id/index.php/JEM/article/view/119

Rohman, I. U. (2023). Peran Komunitas dalam Mendukung Pendidikan Lokal Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul “Peran Komunitas dalam Mendukung Pendidikan Lokal”, Klik untuk baca: https://www.kompasiana.com/nilaiintelektual/658816a8c57afb66be227e33/peran-komunit. https://www.kompasiana.com/nilaiintelektual/658816.

sosiologi.com. (2023). Pengertian Komunitas Lokal, Ciri, Jenis, dan Contohnya. https://dosensosiologi.com/komunitas-lokal/

Sunandi, I., Juliati, J., Hermawan, W., & Ramadhan, G. (2023).

Zitri, I., Rosiastawa, A., & Hadi, A. (2023). Mencapai Target Sustainable Development Golas’s (SDG’s) di Desa Sermong Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2021. Journal of Social and Policy Issues, 41-45.

Zitri, I., Lestanata, Y., Darmansyah, D., Amil, A., & Umami, R. (2022). Inovasi Kebijakan Pengelolaan Sampah Sistem Zero Waste Di Nusa Tenggara Barat Model Pentahelix. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 21(1), 107-119.

Dampak Integrasi Teknologi pada Pengalaman Belajar Mahasiswa Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 3046–3054.

Torro Supriadi. (2022). Peran Komunitas Lokal Dalam Mendukung Kemajuan Pendidikan Anak. Jurnal of Anthropology, 4(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.