PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN BIDANG IPA SMP

Nur Indah Fatmawati, Dheanda Devionita, Yenni Kurniawati

Abstract


Proses pembelajaran IPA membutuhkan strategi mengajar yang dilengkapi dengan berbagai model dan metode pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa. Namun faktanya Masih banyak sekolah yang menerapkan sistem pembelajaran yang bersifat teacher centered. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi secara mendalam penerapan model pembelajaran kooperatif dan dampaknya terhadap kemampuan pemahaman bidang IPA pada siswa SMP. Metode yang di gunakan preferred reporting items for systematic review and meta-analysis, atau prisma. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Minat riset terhadap model pembelajaran mencapai puncak pada tahun 2019 (26%). Problem Based Learning (PBL) dan Group Investigation (GI) adalah model pembelajaran kooperatif yang paling banyak digunakan dari 2019 hingga 2024, masing-masing mencapai 24% dan 22%. Hasil belajar sangat dipengaruhi oleh model pembelajaran kooperatif, dengan presentase 57%. Pembelajaran kooperatif berdampak signifikan pada pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Berdasarkan hasil riset, pembelajaran kooperatif dominan digunakan dalam bidang biologi di kelas VII, VIII, dan IX.

Keywords


Kemampuan pemahaman, Pembelajaran kooperatif, SMP

Full Text:

PDF

References


Andriyati, S., Kuswarini, P., Pascasarjana, P., & Siliwangi, U. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Problem Based. 1(3), 28–34.

Asiyatin. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Kuis Team Siswa Kelas 8 SMPN 1 Saradan. 2(1), 1–6.

Atmah. (2019). Penerapan strategi quick on the draw dalam pembelajaran ipa smp pada materi sistem dalam kehidupan manusia. 2(1), 13–18.

Fitriyani, N. I. (2021). Metode PRISMA Untuk Memprediksi Penyakit Kanker Payudara. Jurnal Inovasi Informatika Universitas Pradita, September 2021, 13–18.

Hamid, A. A. (2023). Upaya Peningkatkan Motivasi Belajar IPA Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Berbasis Model Discovery Learning SMP Negeri 1 Tomoni. 5(2), 863–873.

Hidayat, R., & Hayati, H. (2019). Jurnal Ners Volume 3 Nomor 2 Tahun 2019 Halaman 84 - 96 JURNAL NERS Research & Learning in Nursing Science http:// journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/ners Pengaruh Pelaksanaan Sop Perawat Pelaksana Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Di Rawat Inap. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusa, 3(23), 274–282.

Khairuddin, K., & Raksun, A. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Ipa (Biologi) Siswa Pada Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Dengan Tipe Numbered Head Together (NHT). 15(4), 346–350. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i4.2019

Lawe, ike susin ardila wahi, & Bano, vidriana oktoviana. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas VII. Jip, 3(10), 7869–7876.

Lawi, S., Hadi, S., Putra, J., & Bunga, Y. N. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Number Head Together Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Santa Maria Maumere. Spizaetus; Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, May.

Malik, A. M., Kristanti, F., Soemantri, S., Studi, P., Matematika, P., & Muhammadiyah, U. (2023). Studi Meta-Analisis : Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. 16, 118–136.

Nisa, S., & Suryanti. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

Nomleni, F. T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Couple Card terhadap Higher Order Thingking Skilss Siswa pada IPA Biologi di SMP Negeri 10 Kota Kupang The Effect of Learning Method Problem Based Learning Assisted by Couple Card Media Toward Higher Order Thingking Skill Students of Biology Science in SMP Negeri 10 Kota Kupang. 13, 79–85. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v13i2.42138

Nur Zaenab, Lovy Herayanti, B. A. S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. 3(1), 374–383.

Pramudita, D. P., & Yuliani, H. (2024). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ipa ( STUDI META. 102–113.

Rahayu, S., & Hosizah, H. (2021). Implementasi Sistem Rujukan Layanan Kesehatan: Systematic Literature Review. Indonesian of Health Information Management Journal (INOHIM), 9(2), 138–152. https://doi.org/10.47007/inohim.v9i2.312

Raya, U. N., Waruwu, T., Piter, Y., Ziraluo, B., Nias, D. U., Universitas, D., & Raya, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Smp Negeri 2. 3(2).

Saadjad, D. Y. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Stad Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA. 4, 45–52.

Saregar, A., Latifah, S., & Sari, M. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Cups : Dampak Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Madrasah Aliyah Mathla ’ Ul Anwar. 05(2), 233–243. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.123

Silaban, B., & Gari, H. (2021). The Effect of Cooperative Learning Model with Two Stay Two Stray Type in Students ’ Learning Outcomes of 7 th Grade Students State Junior High School 1 Onolalu. 6(10), 1036–1043.

Sukadana, I. N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share ( TPS ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SMP. 6(1), 50–55.

Suratno, Kamid, & Sinabang, Y. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. 1(1), 127–139. https://doi.org/10.38035/JMPIS

Surayya, L., Subagia, I. W., & Tika, I. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. 4.

Wijayanto, sri tulus. (2022). Upaya Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Smp Dengan Penerapan Strategi LSQ. 2(2), 137–152.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.