DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF YANG DITIMBULKAN DARI OLAHRAGA DI MASYARAKAT:LITERATUR RIVIEW

Samuel Sipahutar, Makhsalmina Makhsalmina, Sultan Sultan

Abstract


Kegiatan keolahragaan merupakan suatu kegiatan yang paling penting dan yang harus dilakukan bagi setiap orang dimana tidak terlepas dari kegiatan-kegiatan kehidupan sehari-hari masyarakat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana dampak positif dan negatif yang ditimbulkan dari olahraga di masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literatur riview dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai artikel jurnal, buku, dan sumber informasi terkait dampak-dampak yang ditimbulkan olahraga terhadap masyarakat. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa olahraga sangat berperan penting bagi masyarakat, olaharag sangat berdampak positif bagi masyarakat karena olahraga merupakan suatu kegiatan secara fisik, batiniah dan rohaniah serta pikiran-pikiran yang positif, selanjutnya masyarakat juga akan lebih mudah menjaga kesehatan mereka sendiri dari pergerakan yang mereka lakukan dan yang terakhir masyrakat dapat lebih luas mengetahui kegunaan dari olahraga tersebut. Olahraga dapat dilakukan untuk melahirkan suatu inofasi baru atau ide baru bagi masyarakat karena dengan berolahraga pikiran menjadi tenang. Selain bermanfaat untuk jasmani, olahraga juga berperan dalam pengembangan karakter bangsa. Olahraga mampu melahirkan kebiasaan yang baik seperti jujur, disiplin, sportif, tanggung jawab, dan kerja sama. Olahraga sangat berperan untuk manusia, dan olahraga selalu dibutuhkan sepanjang zaman. Dengan berbagai manfaat olahraga tersebut sehingga dapat disimpulkan bahwa dampak olahraga lebih ke hal yang positif.

Keywords


Dampak Positif dan Negatif Olahraga Bagi Masyarakat

Full Text:

PDF

References


I Ketut Yoda. (2020). Peran Olahraga Dalam Membangun SDM Unggul di Era Revolusi Industri 4.0. Program Studi Ilmu Keolahragaan: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung Nugraha. (2018). Minat Masyarakat Terhadap E-SPORTS Sebagai Olahraga Prestasi di Jawa Timur. Pendidikan Kepelatihan Olahraga: Universitas Negeri Surabaya.

Andreas dan Bukudz. (2023). Kreativitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Filsafat: Studi Pustaka. UPH Kampus Medan: Jurnal Formasa Publisher.

Guntoro dan Putra. (2021). Pengembangan dan Validasi Kuesioner Dampak Event Olahraga pada Masyarakat (KDEOPM). Universitas Cendrawasih. Jurnal Sosioteknologi.

Ilham, Munar, H., Saputra, E., Oktadinata, A., & Daya, W. J. (2018). Meningkatkan Kesehatan Masyarakat Melalui Kegiatan Mengolahragakan Masyarakat Dan Memasyarakatkan Olahraga Di Desa Panca Mulya Dan Tanjung Harapan Kabupaten Muaro Jambi. Cerdas Sifa.

Juniarto, dkk. (2022). Edukasi Olahraga dalam Upaya Meningkatkan Kebugaran dan Kesehatan Masyarakat Kota Bekasi Provinsi Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS

Nova, Andi., Ruhama Desy M., & Andrew Rinaldi Sinulingga. (2021) Pelatihan dan Sosialisasi Tes Kebugaran Jasmani Pada Komunitas Runners Kota Langsa Sebagai Langkah Mendukung Germas (Gerakan Masyarakat Hidup) Sehat di Ruang Ternuka Kota. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Salamah, Rhosidatus. (2019). “Hubungan Asupan Zat Gizi, Aktivitas Fisik, Dan Persentase Lemak Tubuh Dengan Kebugaran Jasmani.” Media Kesehatan Masyarakat Indonesia

Sekretaris Kemenpora RI. (2010). Penyajian Data dan Informasi Statistik Keolahragaan Tahun 2010. Jakarta: Kemenpora RI.

Sumaryati. (2019). Peningkatan Mutu Kesehatan Masyarakat Dengan Aktivitas Senam Kebugaran Dan Penyuluhan Kesehatan Di Dusun Krapyak Sewon Bantul. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Sudiana, Ketut, (2014), Peran Kebugaran Jasmani Bagi Tubuh, Seminar Nasional Fmipa Undiksha

Thomson, A., Schlenker, K., & Schulenkorf, N. (2013). Conceptualizing sport event legacy. Event Management

Yudik Prasetyo. (2013). Kesadaran Masyarakat Berolahraga untuk Peningkatan Kesehatan dan Pembangunan Internasional. Pendidikan Kesehatan dan Reakreasi FIK UNY.

Zulkarnaen. (2010). Hubungan Motivasi dengan Partisipasi Masyarakat dalam Melakukan Aktivitas Olahraga Futsal di Kota Bekasi. Jurnal MOTION.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.