FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS PEMBELAJARAN PJOK

Dhia Adilla, Fikri Azizi, Andini Aryandani

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mempengaruhi faktor kualitas pembelajaran PJOK. Fokus penelitian ini adalah bertujuan untuk memahami variabel-variabel yang berkontribusi terhadap efektivitas pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK), sehingga dapat meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran di bidang tersebut. Ada beberapa faktor yang mempengharui masalah kualitas pada pembelajaran PJOK (1) Kurangnya fasilitas dan sarana pendukung pembelajaran, seperti lapangan olahraga yang memadai dan peralatan olahraga yang memadai. (2) Kurangnya dukungan dan perhatian dari pihak sekolah atau pemerintah terhadap pembelajaran PJOK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai artikel jurnal, buku, dan sumber informasi terkait faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pembelajaran PJOK. Hasil penelitian ini di harapkan dapat menunjukkan bahwa bisa di Indentifikasikan dan adanya beberapa faktor yang mempengaruhi secara signifikan dan mempengaruhi secara kualitas pembelajaran PJOK, seperti fasilitas, motivasi siswa, kualitas pengajaran, dan dukungan sekolah, ini memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap kualitas pembelajaran PJOK.

Keywords


Factor yang mempengaruhi kualitas pembelajaran pjok, faktor internal&eksternal dalam pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Aenon, N., Iskandar, I., & Rejeki, H. S. (2020). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 3(2), 149. https://doi.org/10.26418/jilo.v3i2.42965

Ayu, U., & Yunarta, A. (2022). Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Pjok di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa SMPN 2 Tembelang Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10642–10657. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2676

Iswanto, A., & Widayati, E. (2021). Pembelajaran pendidikan jasmani yang efektif dan berkualitas. MAJORA: Majalah Ilmiah Olahraga, 27(1), 13–17. https://doi.org/10.21831/majora.v27i1.34259

Laksono, T. B., Priambodo, A., Kristiyandaru, A., Olahraga, P., Negeri, U., Universitas, O., Surabaya, N., & Belajar, H. (2023). Jurnal Kesehatan Jasmani dan Olah Raga IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB MENURUNNYA HASIL BELAJAR. Jurnal Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga, 8(1), 81–87.

Nopiyanto, Y. E., Insanistyo, B., Raibowo, S., Prabowo, A., Andriyani, M., & Ibrahim, I. (2023). Analisis tingkat kepercayaan diri siswa pada pembelajaran Penjas di SD Negeri 82 Bengkulu Tengah. Jurnal Patriot, 5(3), 165–173. https://doi.org/10.24036/patriot.v5i3.962

Sahid, D. R., & Rachlan, E. R. (2019). Pengelolaan Fasilitas Pembelajaran Guru dalam meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah kejuruan (SMK). Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 3(1), 25–39. http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v3i1.2945Tommy, Sukono, & Syafutra, W. (2022). Analisis kesulitan dalam pembelajaran penjas anak tuna grahita di sekolah luar biasa negeri lubuklinggau. Jurnal Science Education, 2(1), 12–26.

Wijaya, R. G. (2022). Urgensi evaluasi kualitas pembelajaran penjas di Era 4.0: studi evaluasi antara teori dan praktis. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 18(2), 108–116. https://doi.org/10.21831/jpji.v18i2.52910

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 17. sigit vebrianto susilo. (2020). Jurnal Cakrawala Pendas Penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual untuk meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 108–115. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i1.2100

Mustafa, A.F. (2022) ‘Gambaran pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) selama pandemi covid-19 di sekolah dasar’, Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 1(2), pp. 213–225. Available at: https://doi.org/10.54284/jopi.v1i2.25.

Harmono, Setyo. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Dan Gaya Belajar Terhadap Pemahaman Konseptual Dan Ketrampilan Gerak Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Sma Kota Kediri. Jurnal Pembelajaran Olahraga. Volume 3 Nomor 1

Ramli, R., Ramadi, R., & Juita, A. (2015). Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga D an Kesehatan Di SMKN 3 Selat Panjang . Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan , 4 (1), 1 – 12.

Hadi, L. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Di Masa Pandemik Covid-19 Student Perceptions Of Online Learning During Covid-19 Pandemic. Jurnal Zarah, 8(2), 56–61. Https://Doi.Org/10.31629/Zarah.V8i2.2464.

Nova, A., Syahputra, M., Roberto, J., Surimeirian, M. A., & Nofrizal, D. (2023). Management Policy for Standardization of Physical Education Learning Infrastructure at the Elementary School Level in Langsa City, Indonesia. Indonesian Journal of Sport Management, 3(2), 198–207. https://doi.org/10.31949/ijsm.v3i2.6982


Refbacks

  • There are currently no refbacks.