INOVASI PEMBELAJARAN PJOK DENGAN PENERAPAN VR DAN AR: Literatur review
Abstract
Pembelajaran PJOK dengan penerapan VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality) merupakan metode pembelajaran dalam bidang pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan yang memanfaatkan teknologi VR dan AR sebagai alat bantu dalam proses belajar-mengajar. Pembelajaran PJOK dengan penerapan VR dan AR merupakan suatu pendekatan pada proses pembelajaran PJOK dengan perkembangan teknologi sekarang yang semakin inovatif dan berkembang, sehinngga lebih mudah dalam penerapan proses pembelajaran VR dan AR. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menemukan berbagai inovasi yang terkait dalam pembelajaran PJOK terhadap penerapan VR dan AR dan bisa memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang potensi dan efektivitas penggunaan VR dan AR dalam pembelajaran PJOK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah Studi Pustaka dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai artikel jurnal, buku dan sumber informasi tekait dengan pembelajaran PJOK dengan penerapan VR dan AR. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam proses pembelajaran PJOK dengan penerapan VR dan AR serta mempermudah siswa untuk proses pembelajaran PJOK, memberikan manfaat yang signifikan bagi siswa dalam memahami konsep PJOK, meningkatkan keterampilan fisik mereka, serta mendorong gaya hidup sehat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi, S., Aldapit, E., Nova, A., Dharmika Nugraha, P., Hutomo Bhakti, Y., & Bang Redy Utama, M. (2021). Virtual Multimedia Communication for Physical Distancing in Physical Education. Journal of Physics: Conference Series, 1779(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1779/1/012016
Angreza, B., & Purwanto, D. (2023). Inovasi pembelajaran penjas berbasis permainan tradisional di SDN inti tomoli Traditional game-based physical education learning innovation AT Inti Tomoli Elementary School empirik betapa pentingnya penanaman karakter dalam kegiatan belajar ada dalam mata. MULTILATERAL: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 22(4), 99–106.
Aygina, T., Mooduto, J., Hafid, J. B., Banto, T., & Pontoh, W. (2023). Aplikasi Augmented Reality Sebagai Inovasi Pembelajaran Digital Dalam Merespons Pandemi. Jurnal Literasi Digital, 3(3), 190–200. https://doi.org/10.54065/jld.3.3.2023.373
Faturahim, F., & Purwanto, D. (2023). Inovasi model pembelajaran digital pada guru pjok di kecamatan palu utara. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 22(4), 223. https://doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16578
Mahardika, I. M. S. (2018). Perencanaan dan Inovasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG), 1(1), 1–9. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/semnassenalog/article/view/153/109
Nurul’ ain Fitri, N., Azim, A., Isa, M., Yahya, H., Zhafri Bin, M., & Nazmi, M. (2022). AR-Learn Model: Augmented Reality (AR)-Based Learning Application Development Model. The Sultan Alauddin Sulaiman Shah Journal (JSASS), 9(1), 31–43.
Pratama, A. J., Irfan, D., & Effendi, H. (2023). Studi Literature Penggunaan Media Pembelajaran Menggunakan Teknologi Augmented Reality Pada Sekolah Kejuruan. JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika, 47–55. https://doi.org/10.24036/javit.v3i1.135
Putri, R., Budiarti, N., Sulistyani, E., Anggraini, F., & Citra Marvyna, H. (2022). Pengenalan Teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Pembelajaran Digital di Pondok Pesantren Al Muin Syarif Hidayatullah. Communautaire: Journal of Community Service, 01(02), 90–97. https://serambi.org/index.php/communautaire/article/view/15
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Rahmi, R. (2020). Inovasi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 (Learning Innovation During the Covid-19 Pandemic). AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 30(2), 111–123.
Saputra, A. (2020). Pendidikan Dan Teknologi: Tantangan Dan Kesempatan. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 3(1), 33. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IJIEM/article/view/9095
Sari, I. P., Batubara, I. H., Hazidar, A. H., & Basri, M. (2022). Pengenalan Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran. Hello World Jurnal Ilmu Komputer, 1(4), 209–215. https://doi.org/10.56211/helloworld.v1i4.142
Shabir, A. (2022). Ujicoba Penggunaan Teknologi Virtual Reality sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 696–702.
Suryaman, M., Setiyani, L., Gunawan, R., & ... (2023). Pengenalan Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality (Vr) Dan Augmented Reality (Ar) Dalam Proses Pembelajaran Kepada Para Guru. Jurnal Pengabdian Mandiri, 2(1), 167–174. https://bajangjournal.com/index.php/JPM/article/view/4678%0Ahttps://bajangjournal.com/index.php/JPM/article/download/4678/3413
Refbacks
- There are currently no refbacks.