Desain Pembelajaran Anak Usia Dini : Literatur Review

Julkifli Manik, Maya Lestari Maya, Stefy br Meliala Stefy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk desain pembelajaran menggunakan permainan tradisional untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan seluruh aspek kepribadian anak yang meliputi kognitif, Bahasa, sosial, emosi, fisik, dan motorik anak usia dini. Desain pembelajaran merupakan kerangka yang mendukung pengalaman belajar untuk menciptakan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien. Masa usia dini merupakan masa yang tepat untuk melakukan rangsangan motorik atau pendidikan untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Penelitian ini ingin menciptakan model dan strategi pembelajaran yang lebih kreatif untuk perkembangan anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan tinjauan literatur dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai artikel jurnal, buku, dan sumber informasi terkait dengan desain pembelajaran anak usia dini. Dengan adanya penelitian ini supaya dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan fisik, kognitif, sosial, emosional dan moral anak untuk kedepannya.

Keywords


Desain pembelajaran, permainna tradisional, anak usia dini, strategi pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Adi, S., Aldapit, E., Nova, A., Dharmika Nugraha, P., Hutomo Bhakti, Y., & Bang Redy Utama, M. (2021). Virtual Multimedia Communication for Physical Distancing in Physical Education. Journal of Physics: Conference Series, 1779(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1779/1/012016

Dewi, N. P. A. P., & Agung, A. A. G. (2021). Game Education Berbasis Multimedia Interaktif pada Aspek Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 149. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35439

Fitri, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 40–51. https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8681

Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 717–733. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368

Koerniantono, K. (2020). Strategi Pembelajaran. Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 3(1), 126–142.

Poerwati, C. E., Cahaya, I. M. E., & Suryaningsih, N. M. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Eksperimen Sederhana dalam Pengenalan Sains Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1472–1479. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1233

Rohaeni, S. (2020). Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model Addie Pada Anak Usia Dini. Instruksional, 1(2), 122. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.122-130

Siahaan, L. H., & Maemunah. (2021). Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain dengan Media Barang Bekas di TK Atika Thohir Falak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6958–6962.

Sumiati, N. K., & Tirtayani, L. A. (2021). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Audio Visual terhadap Stimulasi Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 220. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35514

Udiani, N. K. I., & Kristiantari, M. . R. (2021). Video Pembelajaran Pengenalan Lambang Bilangan Berbasis Teori Brunner untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 202. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.34445

Udju, A. H., Hawali, R. F., Nalle, E. S., Tamelab, M. F., & Potdon, D. Y. (2023). Desain Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Fatule’u Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 388–394. https://doi.org/10.59395/altifani.v3i3.389

Wahyuni, N. L. A. I. (2022). Media Papan Pintar Angka Berbasis Animasi Untuk Stimulus Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 120–128. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.47134


Refbacks

  • There are currently no refbacks.