Pembelajaran Penjas Anak Usia Dini: Literature review

Massyura Massyura, Teuku Farras Rizqi, Teuku Farras Rizqi, Dani Setiawan Setiawan, Dani Setiawan Setiawan

Abstract


Pembelajaran anak usia dini sangatlah penting karena, di usia ini adalah usia emas bagi mereka dan harus diperhatikan oleh gurunya. Tujuan dari penelitian ini, agar mengetahui potensi pembelajaran dari anak tersebut. Pembelajaran untuk anak usia dini bisa berupa gerakan fundamental, belajar sambil bermain. dan gerakan motorik Proses pembelajaran anak usia dini juga menggunakan media seperti menampilkan video  pembelajaran,  belajar sambil bermain dan  holistik integratif yang sudah diintegrasikan nilai-nilai dan aspek dalam pendidikan. Penelitian ini menggunakan literature review dari berbagai jurnal dan artikel yang terkait dengan pembelajaran anak usia dini. Hasil penelitian  ini  diharapkan  kemampuan  atau  kreativitas  seorang  guru untuk meningkatkan kemampuan siswa/i dikarenakan dininya usia anak didiknya.


 


Keywords


Anak, Pembelajaran, Usia Dini,

Full Text:

PDF

References


(Surahman et al., 2020a)Ardiana, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.65

Asiyani, G., Salehudin, M., Merlina, Dahliana, H., Anggraini, S., & Mutmainah, A. S. (2022).

Systematic Literature Review : Holistic Integrative Ict-Based in Early Childhood. Jurnal

Ilmiah PESONA PAUD, 9(2), 75–89. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/120653

Djibran, F., & Pamungkas, J. (2023). Pembelajaran Tari Tradisional untuk Stimulasi Aspek

Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 876–

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4167

Fitria, A. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Peroses Pembelajaran. Cakrawala Dini,

(2), 61.

Hananingsih, W., & Saputra, S. Y. (2019). Pengembangan Modul Permainan Bolavoli Menggunakan Pendekatan Saintifik Dalam Kurikulum 2013 Untuk Pendidikan Kesetaraan Paket C Kelas XII. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 3(3), 50–55. https://doi.org/10.58258/jisip.v3i3.786

Lestari, R. H., Sumitra, A., Nurunnisa, R., & Fitriawati, M. (2020). Perancangan Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Sistem Informasi Berbasis Website. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1396–1408. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.770

Mayar, F., Sakti, R., Yanti, L., Erlina, B., Osriyenti, O., & Holiza, W. (2022). Pengaruh Video Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Fisik Motorik pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2619–2625. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2081

Nasution, N., Darmayunata, Y., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Anak

Usia Dini berbasis Augmented Reality. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6),

–6468. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3408

Nurul Zahriani Jf, & Khairul Azmi. (2022). Strategi Pembelajaran Aktif Pada Anak Usia Dini.

BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 2(1), 61–71.

Puspitasari, E. (2012). Menyusun Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Educhild,

(1), 68.

Setiawan, A., Praherdhiono, H., & Suthoni, S. (2019). Penggunaan Game Edukasi Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Anak Usia Dini. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 39–44. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p039

Shofia, M., & Dadan, S. (2021). Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan

Tambusai, 05(01), 1561.

Sufiati, V., & Afifah, S. N. (2019). Peran perencanaan pembelajaran untuk performance mengajar guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 48–53. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26609

Surahman, F., Sanusi, R., & Maulina Dewi, T. (2020a). PENGEMBANGAN BUKU AJAR PENDIDIKAN JASMANI BAGI ANAK USIA DINI Fadli. Journal Sport Area, 5, 116–127. https://doi.org/10.25299/sportarea..vol().4797

Surahman, F., Sanusi, R., & Maulina Dewi, T. (2020b). Pengembangan Buku Pembelajaran Pendidikan Jasmani Bagi Anak Usia Dini. Journal Sport Area, 5, 116–127. https://doi.org/10.25299/sportarea..vol().4797

Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 1(1), 92–111. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/95

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Ardiana, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.65

Asiyani, G., Salehudin, M., Merlina, Dahliana, H., Anggraini, S., & Mutmainah, A. S. (2022).

Systematic Literature Review : Holistic Integrative Ict-Based in Early Childhood. Jurnal

Ilmiah PESONA PAUD, 9(2), 75–89. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/120653

Djibran, F., & Pamungkas, J. (2023). Pembelajaran Tari Tradisional untuk Stimulasi Aspek

Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 876–

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4167

Fitria, A. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Peroses Pembelajaran. Cakrawala Dini,

(2), 61.

Hananingsih, W., & Saputra, S. Y. (2019). Pengembangan Modul Permainan Bolavoli Menggunakan Pendekatan Saintifik Dalam Kurikulum 2013 Untuk Pendidikan Kesetaraan Paket C Kelas XII. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 3(3), 50–55. https://doi.org/10.58258/jisip.v3i3.786

Lestari, R. H., Sumitra, A., Nurunnisa, R., & Fitriawati, M. (2020). Perancangan Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Sistem Informasi Berbasis Website. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1396–1408. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.770

Mayar, F., Sakti, R., Yanti, L., Erlina, B., Osriyenti, O., & Holiza, W. (2022). Pengaruh Video Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Fisik Motorik pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2619–2625. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2081

Nasution, N., Darmayunata, Y., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Anak

Usia Dini berbasis Augmented Reality. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6),

–6468. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3408

Nurul Zahriani Jf, & Khairul Azmi. (2022). Strategi Pembelajaran Aktif Pada Anak Usia Dini.

BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 2(1), 61–71.

Puspitasari, E. (2012). Menyusun Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Educhild,

(1), 68.

Setiawan, A., Praherdhiono, H., & Suthoni, S. (2019). Penggunaan Game Edukasi Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Anak Usia Dini. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 39–44. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p039

Shofia, M., & Dadan, S. (2021). Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan

Tambusai, 05(01), 1561.

Sufiati, V., & Afifah, S. N. (2019). Peran perencanaan pembelajaran untuk performance mengajar guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 48–53. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26609

Surahman, F., Sanusi, R., & Maulina Dewi, T. (2020a). PENGEMBANGAN BUKU AJAR PENDIDIKAN JASMANI BAGI ANAK USIA DINI Fadli. Journal Sport Area, 5, 116–127. https://doi.org/10.25299/sportarea..vol().4797

Surahman, F., Sanusi, R., & Maulina Dewi, T. (2020b). Pengembangan Buku Pembelajaran Pendidikan Jasmani Bagi Anak Usia Dini. Journal Sport Area, 5, 116–127. https://doi.org/10.25299/sportarea..vol().4797

Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 1(1), 92–111. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/95

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489


Refbacks

  • There are currently no refbacks.