Pembelajaran Penjas Anak Usia Dini: Literature review
Abstract
Pembelajaran anak usia dini sangatlah penting karena, di usia ini adalah usia emas bagi mereka dan harus diperhatikan oleh gurunya. Tujuan dari penelitian ini, agar mengetahui potensi pembelajaran dari anak tersebut. Pembelajaran untuk anak usia dini bisa berupa gerakan fundamental, belajar sambil bermain. dan gerakan motorik Proses pembelajaran anak usia dini juga menggunakan media seperti menampilkan video pembelajaran, belajar sambil bermain dan holistik integratif yang sudah diintegrasikan nilai-nilai dan aspek dalam pendidikan. Penelitian ini menggunakan literature review dari berbagai jurnal dan artikel yang terkait dengan pembelajaran anak usia dini. Hasil penelitian ini diharapkan kemampuan atau kreativitas seorang guru untuk meningkatkan kemampuan siswa/i dikarenakan dininya usia anak didiknya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
(Surahman et al., 2020a)Ardiana, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.65
Asiyani, G., Salehudin, M., Merlina, Dahliana, H., Anggraini, S., & Mutmainah, A. S. (2022).
Systematic Literature Review : Holistic Integrative Ict-Based in Early Childhood. Jurnal
Ilmiah PESONA PAUD, 9(2), 75–89. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/120653
Djibran, F., & Pamungkas, J. (2023). Pembelajaran Tari Tradisional untuk Stimulasi Aspek
Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 876–
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4167
Fitria, A. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Peroses Pembelajaran. Cakrawala Dini,
(2), 61.
Hananingsih, W., & Saputra, S. Y. (2019). Pengembangan Modul Permainan Bolavoli Menggunakan Pendekatan Saintifik Dalam Kurikulum 2013 Untuk Pendidikan Kesetaraan Paket C Kelas XII. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 3(3), 50–55. https://doi.org/10.58258/jisip.v3i3.786
Lestari, R. H., Sumitra, A., Nurunnisa, R., & Fitriawati, M. (2020). Perancangan Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Sistem Informasi Berbasis Website. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1396–1408. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.770
Mayar, F., Sakti, R., Yanti, L., Erlina, B., Osriyenti, O., & Holiza, W. (2022). Pengaruh Video Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Fisik Motorik pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2619–2625. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2081
Nasution, N., Darmayunata, Y., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Anak
Usia Dini berbasis Augmented Reality. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6),
–6468. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3408
Nurul Zahriani Jf, & Khairul Azmi. (2022). Strategi Pembelajaran Aktif Pada Anak Usia Dini.
BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 2(1), 61–71.
Puspitasari, E. (2012). Menyusun Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Educhild,
(1), 68.
Setiawan, A., Praherdhiono, H., & Suthoni, S. (2019). Penggunaan Game Edukasi Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Anak Usia Dini. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 39–44. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p039
Shofia, M., & Dadan, S. (2021). Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan
Tambusai, 05(01), 1561.
Sufiati, V., & Afifah, S. N. (2019). Peran perencanaan pembelajaran untuk performance mengajar guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 48–53. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26609
Surahman, F., Sanusi, R., & Maulina Dewi, T. (2020a). PENGEMBANGAN BUKU AJAR PENDIDIKAN JASMANI BAGI ANAK USIA DINI Fadli. Journal Sport Area, 5, 116–127. https://doi.org/10.25299/sportarea..vol().4797
Surahman, F., Sanusi, R., & Maulina Dewi, T. (2020b). Pengembangan Buku Pembelajaran Pendidikan Jasmani Bagi Anak Usia Dini. Journal Sport Area, 5, 116–127. https://doi.org/10.25299/sportarea..vol().4797
Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 1(1), 92–111. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/95
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489
Ardiana, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.65
Asiyani, G., Salehudin, M., Merlina, Dahliana, H., Anggraini, S., & Mutmainah, A. S. (2022).
Systematic Literature Review : Holistic Integrative Ict-Based in Early Childhood. Jurnal
Ilmiah PESONA PAUD, 9(2), 75–89. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/120653
Djibran, F., & Pamungkas, J. (2023). Pembelajaran Tari Tradisional untuk Stimulasi Aspek
Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 876–
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4167
Fitria, A. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Peroses Pembelajaran. Cakrawala Dini,
(2), 61.
Hananingsih, W., & Saputra, S. Y. (2019). Pengembangan Modul Permainan Bolavoli Menggunakan Pendekatan Saintifik Dalam Kurikulum 2013 Untuk Pendidikan Kesetaraan Paket C Kelas XII. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 3(3), 50–55. https://doi.org/10.58258/jisip.v3i3.786
Lestari, R. H., Sumitra, A., Nurunnisa, R., & Fitriawati, M. (2020). Perancangan Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Sistem Informasi Berbasis Website. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1396–1408. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.770
Mayar, F., Sakti, R., Yanti, L., Erlina, B., Osriyenti, O., & Holiza, W. (2022). Pengaruh Video Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Fisik Motorik pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2619–2625. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2081
Nasution, N., Darmayunata, Y., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Anak
Usia Dini berbasis Augmented Reality. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6),
–6468. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3408
Nurul Zahriani Jf, & Khairul Azmi. (2022). Strategi Pembelajaran Aktif Pada Anak Usia Dini.
BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 2(1), 61–71.
Puspitasari, E. (2012). Menyusun Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Educhild,
(1), 68.
Setiawan, A., Praherdhiono, H., & Suthoni, S. (2019). Penggunaan Game Edukasi Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Anak Usia Dini. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 39–44. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p039
Shofia, M., & Dadan, S. (2021). Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan
Tambusai, 05(01), 1561.
Sufiati, V., & Afifah, S. N. (2019). Peran perencanaan pembelajaran untuk performance mengajar guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 48–53. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26609
Surahman, F., Sanusi, R., & Maulina Dewi, T. (2020a). PENGEMBANGAN BUKU AJAR PENDIDIKAN JASMANI BAGI ANAK USIA DINI Fadli. Journal Sport Area, 5, 116–127. https://doi.org/10.25299/sportarea..vol().4797
Surahman, F., Sanusi, R., & Maulina Dewi, T. (2020b). Pengembangan Buku Pembelajaran Pendidikan Jasmani Bagi Anak Usia Dini. Journal Sport Area, 5, 116–127. https://doi.org/10.25299/sportarea..vol().4797
Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 1(1), 92–111. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/95
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489
Refbacks
- There are currently no refbacks.