PENGARUH PENGGUNAAN MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI KELAS IV DI SD ISLAM AL – ADZKAR

Azzam Sahrul Qudsi

Abstract


Abstrak:

                Penelitian ini dilakukan karena ditemukan fakta bahwa siswa SD Islam Al - Adzkar Kota Depok kelas IV kurang mampu menulis karangan dan hasil belajar siswa masih rendah (KKM) pada mata pelajaran bahasa Indonesia terutama dalam menulis karangan narasi.

 Jenis Penelitian ini adalah penelitian Pra-Eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Mind Mapping dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis karangan narasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Islam Al - Adzkar Pada Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 20 Orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 9 kali pertemuan selama 4 bulan dari bulan Februari – Mei 2024.

Metode penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest design . Dalam desain ini, sebelum perlakuan diberikan, kelas ekperimen terlebih dahulu diberikan pretest (tes awal) kemudian diberikan perlakuan dengan menggunakan Mind Mapping . Setelah diberikan perlakuan, diberikan posttest (tes akhir). Desain ini digunakan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai yaitu untuk mengetahui pengaruh Mind Mapping terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar pada akhir pembelajaran serta data hasil observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial.

Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa terjadi peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia dalam kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SD Islam Al - Adzkar yang di buktikan dengan perbandingan rata – rata nilai hasil belajar siswa yang diperoleh dari pretest sebesar 65 dan 85 hasil belajar pada posttest .

Saran yang dapat peneliti berikan yaitu sebaiknya guru menggunakan pembelajaran dengan berbagai macam media sehingga siswa merasa senang, antusias, dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Merujuk penggunaan Mind Mapping dapat diterapkan dalam setiap pembelajaran, khususnya pada pembelajaran bahasa Indonesia dalam menulis karangan narasi sehingga dapat merangsang dan melatih siswa untuk menuangkan ide atau gagasan ke dalam bahasa tulis serta dapat melatih siswa agar lebih terampil dalam menulis, dan pada akhirnya meningkatkan hasil belajar .


Keywords


Strategi mind mapping, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Kemampuan menulis karangan, Sekolah dasar.

Full Text:

PDF

References


Anisa, Aini. 2012. “Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya Vol. 1 No .1 (125). Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Alek dan Achmad. 2011. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana.

Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Buzan, Tony. 2013. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Depdikbud. 2003. Pengajaran Membaca. Jakarta: Depdikbud

Djumingin, Sulastriningsih. 2011. Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Deporter Bobbi, dkk. 2014. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa PT Mizan Pustaka.

Emzir.2012. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif.Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Himpunan Lengkap Undang – Undang Sistem Pendidikan Nasional 2014: Saufa.

Junaidi. 2010. Titik Persentase Distribusi t, (Online), (http://junaidichaniago.wordpress.com, diakses 20 Agustus 2015).

Komara, Endang. 2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: Refika Aditama.

Murtono.2010. Menuju Kemahiran Berbahasa Indonesia Langkah Maju Menulis Karya Ilmiah. Surakarta: UNS Press.

Rajab, Rahmi Istifawati. 2015. Penerapan Model peta konsep (Mind Mapping) untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa pada Kelas IV SD Negeri Gunung Sari II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Makassar: Uneversitas Negeri Makassar.

Ratnasari, Ririk, dkk. 2009. Kebahasaan. Jakarta: Depdiknas.

Samosir, Sondang Admaja. 2013. Pengaruh Pengunaan Model Peta Pikiran (Mind Map) terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi oleh Siswa Kelas XI SMK Negeri I Sidikalang Kab. Dairi. Skripsi. Sidikalang: Tidak Diterbitkan.

Sulistiyaningsih, Eny. 2010. “Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi dengan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) Pada Siswa Kelas V SD Negeri Karangasem III Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011”. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Pembelajaran Di Sekolah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tim Penyusun FKIP Unismuh Makassar. 2014. Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: FKIP Unismuh Makasaar.

Tarigan, Henri Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan. Berbahasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.