Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Linear Berdasarkan Langkah Polya

ayu ismi hanifah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketercapaian setiap indikator yang mengukur kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dalam menyelesaikan masalah Aljabar Linear. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah mahasiswa Teknik Informatika Semester 2 sebanyak 34 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan berasal dari tes kemampuan pemecahan masalah Aljabar Linear yang meliputi materi sistem persamaan linear dan matriks. Dari hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah mahasiswa berdasarkan langkah Polya dibedakan atas tiga kategori diantaranya yaitu kategori tinggi, sedang, dan rendah. Mahasiswa dengan kemampuan pemecahan masalah kategori tinggi sebanyak 10 mahasiswa, mahasiswa dengan kemampuan pemecahan masalah kategori sedang sebanyak 16 mahasiswa, dan sebanyak 8 mahasiswa memiliki kemampuan pemecahan masalah kategori rendah. Sedangkan untuk kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dalam memecahkan masalah Aljabar Linear dengan langkah Polya ini berbeda-beda, untuk indikator memahami masalah diperoleh persentase ketercapaian sebesar 61,02%, untuk indikator merencanakan penyelesaian masalah diperoleh persentase ketercapaian sebesar 61,52%, untuk indikator melaksanakan perencanaan penyelesaian masalah diperoleh persentase ketercapaian sebesar 63,72%, dan untuk indikator memeriksa kembali diperoleh persentase ketercapaian sebesar 61,76%.

Keywords


Kemampuan pemecahan masalah; Masalah aljabar linear; Polya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.