Analisis Riset Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Mata Pembelajaran IPA

Eva Wulandari, Fitri Cahaya Ningsih, Susilawati Susilawati, Yenni Kurniawati

Abstract


Untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep pembelajaran IPA, perlu ditingkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis riset mengenai kemampuan berpikir kritis siswa SMP pada mata pelajaran IPA. Metode yang digunakan adalah Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta-Analysis (PRISMA). Hasil penelitian ini menunjukkan kurangnya penelitian pada kelas VII dan IX. Metode deskriptif kualitatif merupakan yang paling umum digunakan, dengan presentase sebesar 32%. Angket menjadi instrumen evaluasi yang paling sering digunakan, mencapai presentase sebesar 44%. Materi biologi diidentifikasi sebagai yang paling efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, dengan presentase sebesar 59%, sedangkan indikator pengukuran Ennis 1985 mencapai presentase 70%. Analisis tahun 2021 menunjukkan adanya peningkatan sebesar 12% dalam kemampuan berpikir kritis siswa.

Keywords


Pembelajaran IPA, Keterampilan berpikir kritis,

Full Text:

PDF

References


Af’idayani, N., Setiadi, I., & Fahmi. (2018). The Effect of Inquiry Model on Science Process Skills and Learning Outcomes. European Journal of Education Studies, 4(12), 177–182. https://doi.org/10.5281/zenodo.1344846

Akwantin, Y. T., Hidayati, Y., Qomaria, N., Muharrami, L. K., & Rosidi, I. (2022). Profil Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Natural Science Educational Research, 5(1), 20–30.

Almas, N., Herunata, & Nugraheni, D. (2023). Analisis Kebutuhan Identifikasi Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Smp Kelas Vii Pada Materi Suhu Dan Perubahannya. 8, 43–47.

Amalia, N. F., & Minarti, I. B. (2023). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP dalam Pembelajaran IPA Materi Sistem Peredaran Darah. Jl. Patimura, 17(1), 152–160.

Ariza Rahmadana Hidayati, Wirawan Fadly, & Rahmi Faradisya Ekapti. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Bioteknologi. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 34–48. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i1.68

Ayun, Q., Hasasiyah, S. H., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Smp Dalam Pembelajaran Ipa Pada Materi Tekanan Zat. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 9(2), 1804–1811. https://doi.org/10.26740/jpps.v9n2.p1804-1811

Baru, M. (2021). Proceeding of Integrative Science Education Seminar Dampak Perkuliahan Daring dalam Pembiasaan Budaya. 1, 633–646.

Daniati, N., Handayani, D., Yogica, R., & Alberida, H. (2018). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Padang tentang Materi Pencemaran Lingkungan. Atrium Pendidikan Biologi, 1(2), 1–10.

Darmaeni, Danial, M., & Nurdin Arsyad. (2018). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM, BASA, DAN GARAM SMP NEGERI 1 BULUKUMBA. 1(14), 63–65. https://doi.org/10.15900/j.cnki.zylf1995.2018.02.001

Dede Rohimah , Suhendar, B. R. (2019). PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MTs KELAS VIII Dede Rohim. 7(2), 45–55.

Fahmi, F., Fajeriadi, H., & Irhasyuarna, Y. (2021). Feasibility of the Prototype of Teaching Materials on the Topic of Classification of Living Things Based on the Advantage of Local Wetland. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 3(2), 113. https://doi.org/10.20527/bino.v3i2.10322

Fiirdaus, R. J., Wahyuni, S., & Utomo, A. P. (2021). Analisis Penggunaan Video Pembelajaran Ipa Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 1, 50–56. https://doi.org/10.30631/psej.v1i2.702

Fithriyah, I., Sa’dijah, C., & Sisworo. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya, 2006, 155–158.

Gunawan, A. S., Marianti, A., & Kamari, P. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Terkait Materi Hereditas. BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 125–133. https://doi.org/10.32938/jbe.v7i2.2006

Hadi, S., Tamansiswa, U. S., Palupi, M., & Indonesia, U. I. (2020). SYSTEMATIC (Issue March).

Havina Putri, M., Wahyuningsih, E., SMK Penerbangan, G., Selatan, K., Ipa Smpn, G., Tanah Bumbu, K., & Kalimantan Selatan, P. (2021). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Ipa Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Smp Pada Materi Pokok Listrik Statis the Effectiveness of Science Learning Devices To Train Critical Thinking Skills of Junior High School Students in Stati. JOUrnal of Banua Science Education E, 1(2), 79–84.

Hesy, Cosmas Poluakan, jovialine albertine rungkat. (2021). ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 45.

Hidayati, R., Makhrus, M., & Sutrio. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika Materi Getaran Harmonik Dengan Pendekatan Saintifik. Kappa Journal, 6(2), 258–268.

Huda, M. N., & Suharto, B. (2008). Huda, Suharto, dan Kusasi, Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII C SMP ............................... 78. 78–87.

Istiqah, W., Agustini, R., & Budijastuti, W. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA menggunakan model PBL (problem based learning) pada materi sistem pencernaan manusia untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik di SMPN 02 Suboh. Jurnal Education and Development, 9(2), 237–243.

Jumadi, J., Sunarno, W., & Aminah, N. S. (2018). Pengembangan Modul Ipa Berbasis Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas Vii Smp Pada Materi Kalor. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 262. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v7i2.22986

Khairunnisa. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Ix Smpn 3 Paringin Pada Mata Pelajaran Ipa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA “Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pembelajaran IPA,” 185–192.

Khoirudin, R., Ashad, & Moh. Masykuri. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG), 3(2), 150–161. https://doi.org/10.30738/jipg.vol3.no2.a12716

Khumairok, W., Wulandari, A. Y. R., Qomaria, N., & Muharrami, L. K. (2021). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Smp Pada Materi Getaran Gelombang Dan Bunyi Menggunakan Soal Berbantuan Prompting Question. Natural Science Education Research, 4(1), 35–44. https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.8353

Kivunja, C. (2015). Exploring the Pedagogical Meaning and Implications of the 4Cs “Super Skills” for the 21<sup>st</sup> Century through Bruner’s 5E Lenses of Knowledge Construction to Improve Pedagogies of the New Learning Paradigm. Creative Education, 06(02), 224–239. https://doi.org/10.4236/ce.2015.62021

Makhrus, M., & Hadiprayitno, G. (2012). Penerapan Perangkat Pembelajaran Fisika Berorientasi Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Connected. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 19(2), 237–242.

Masitah, T., Wulandari, A. Y. R., Hadi, W. P., & Qomaria, N. (2022). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII Materi Pencemaran Lingkungan. Natural Science Education Research, 4(3), 209–213. https://doi.org/10.21107/nser.v4i3.8392

Mauren, D. S., Primairyani, A., Uliyandari, M., & Parlindungan, D. (2023). ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII DI SMPN 9 KOTA BENGKULU DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. 4, 37–46.

Meriyanti, M., Pratiwi, R. H., Gresinta, E., & Sulistyaniningsih, E. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP terhadap mata pelajaran IPA Melalui Penggunaan Media Google Classroom. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(2), 226–232. https://doi.org/10.33369/diklabio.5.2.226-232

Mufidah, A. M. I., & Putra, A. A. I. A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor. Proceeding of Integrative Science Education Seminar, 1, 60–69.

Oktaviyanti, R., & Fadly, W. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup dan Benda Tak Hidup. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 77–88.

Paramitha, G. P., Sriyanti, I., Ariska, M., & Marlina, L. (2021). Analisis Modul Elektronik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Smp Pada Materi Fisika. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 8(1), 52–60. https://doi.org/10.36706/jipf.v8i1.14031

Pasaribu, S. E., Halendra, H., Ristiono, R., & Atifah, Y. (2020). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP yang Diajar Dengan Model Problem Based Learning dan Discovery Learning. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 460–469.

Pramuji, L., Permanasari, A., & Ardianto, D. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Stem Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Science Education and Practice, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.33751/jsep.v2i1.1699

Prasetyono, R. N., & Trisnawati, E. (2018). Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Empat Pilar Pendidikan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 162. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.679

Prastyo, E. D., & Dimas, A. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pesawat Sederhana Kelas Viii Smpn 1 Kasreman Tahun Ajaran 2022/2023. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(2), 249–254. https://doi.org/10.29100/.v5i2.4137

Purwanti, E. (2023). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Sistem Kehidupan Tumbuhan. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1), 864. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i1.8541

Puspa, C. I. S., Rahayu, D. N. O., & Parhan, M. (2023). Transformasi Pendidikan Abad 21 dalam Merealisasikan Sumber Daya Manusia Unggul Menuju Indonesia Emas 2045. Jurnal Basicedu, 7(5), 3309–3321. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5030

Rahayu, S., & Hosizah, H. (2021). Implementasi Sistem Rujukan Layanan Kesehatan: Systematic Literature Review. Indonesian of Health Information Management Journal (INOHIM), 9(2), 138–152. https://doi.org/10.47007/inohim.v9i2.312

Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Setiadi, D. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 119. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.388

Ratih, F., & Nasir, M. (2018). an Analysis of Critical Thinking Skills for Clas Vii Students on Global Warming Topic in Mts Al-Muttaqin Pekanbaru. Jom Fkip-Ur, 5, 1–13.

REN, H. (2022). Rethinking in Biology Experiment Teaching in Middle School. Highlights in Science, Engineering and Technology, 14, 150–156. https://doi.org/10.54097/hset.v14i.1604

Ridho, S., Ruwiyatun, R., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pokok Bahasan Klasifikasi Materi dan Perubahannya. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 10–15. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.194

Saad. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Materi Pemanasan Global Dengan Sola Berbasis Pendekatan Socioscientific Issues (SSI). Natural Science Education Research, 4(3), 231–241. https://doi.org/10.21107/nser.v4i3.8516

Saintifika. (2022). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Ipa Siswa Smp Negeri 1 Glenmore Kabupaten Banyuwangi. Saintifika, 24(1), 20–29.

Samsul Amarila, R., Subali, B., & Saptono, S. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Terpadu Tema Lingkungan. Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 8(1), 82–91. https://doi.org/10.21009/improvement.v8i1.20192

Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung, 2(April), 1–7.

Sukmawati, I., Siswanto, J., & Roshayanti, F. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dan Science Motivation Siswa Pada Pembelajaran Pesawat Sederhana. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 11(2), 144–148. https://doi.org/10.26877/jp2f.v11i2.5441

Ulfah, R., Irhasyuarna, Y., Febriyani Putri, R., Annur Pendidikan IPA, S., Pmipa, J., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., Lambung Mangkurat Jln Brigjend Hasan Basry, U. H., & Utara, B. (2020). Identifikasi Kemampuan Critical Thinking Kelas 9 Smpn Pada Materi Ipa Di Kotabaru. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 3(1), 257–264.

Wahyuni*, S., Ridlo, Z. R., & Rina, D. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Tata Surya. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 6(2), 99–110. https://doi.org/10.24815/jipi.v6i2.24624

Wida Mustika, R. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPA dan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Kontekstual Model Inkuiri. Journal of Education Action Research, 3(2), 117. https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17267

Yusri, A. Z. dan D. (2020). eva. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.