Pembelajaran Diferensiasi Dalam Pjok: Literature Review

Viki Mulia Amanda, Wilfan Tamba, Chaira Niswatun

Abstract


Pembelajaran diferensiasi dalam PJOK salah satu strategi dalam proses belajar mengajar yang bertujuan dapat memenuhi kebutuhan proses belajar yang beragam dari setiap peserta didik. Penulisan artikel ini menggunakan metode tinjauan pustaka (literature review). Tinjauan pustaka dilakukan dengan mengumpulkan artikel-artikel yang diterbitkan dalam kurun waktu lima tahun terakhir, yaitu dari tahun 2018 hingga 2022. Tujuan dari kajian pustaka ini adalah menganalisis penerapan model pembelajaran diferensiasi terhadap hasil belajar peserta didik. Pencarian literature difokuskan pada kata kunci "Pembelajaran diferensiasi dalam pjok" melalui Google Scholar. Implementasi pembelajaran diferensiasi terlihat dalam pelaksanaan pembelajaran yang menyediakan media dan sumber belajar yang disesuaikan denga ntipe dan gaya belajar peserta didik. Berdasarkan hasil tinjauan pustaka, strategi pembelajaran diferensiasi dapat menjaga semangat belajar dari peserta didik yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Peserta didik diberikan kegiatan pembelajaran beragam yang sama dengan yang mereka perlukan. Dengan menerapkan strategi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik, pemahaman mereka pada keterampilan yang dimiliki akan meningkat dan bermanfaat di masa depan. Hasil kajian literature menunjukkan bahwa pembelajaran diferensiasi memiliki karakteristik yang mencakup mengakomodir, melayani, dan mengakui keberagaman siswa dalam belajar sesuai dengan kesiapan, minat, dan preferensi belajar mereka.

Keywords


Berdiferensiasi, pembelajaran, PJOK

Full Text:

PDF

References


Adisjam, A., & Saparia, A. (2023). Penerapan pembelajaran diferensiasi mengoptimalkan minat dan bakat murid dalam pembelajaran pjok smp al azhar mandiri palu. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 22(4), 54. https://doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16571

Annisa Putri Tami & Friyatmi. (n.d.). M a s l i q. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(November 2023), 1277–1285.

Fahmi Prasetio Nugroho, & Yudha Febrianta. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran PJOK di SDN Sidareja 01. JSH: Journal of Sport and Health, 5(1), 29–41. https://doi.org/10.26486/jsh.v5i1.3677

Herwina, W. (2021). 0ptimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasitimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10

Malana, S. L., Loes, J., & Lande, Y. (2022). Strategi Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah. VoxVeritatis:JurnalTeologidanPendidikanAgamaKristen, 1(2), 88–96.

Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Google Scholar, 1–58.

MS, M. (2023). Pembelajaran Berdiferesiasi Dan Penerapannya. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 533–543. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.534

Nova, A., Syahputra, M., Roberto, J., Surimeirian, M. A., & Nofrizal, D. (2023). Management Policy for Standardization of Physical Education Learning Infrastructure at the Elementary School Level in Langsa City, Indonesia. Indonesian Journal of Sport Management, 3(2), 198–207. https://doi.org/10.31949/ijsm.v3i2.6982

Rahman, M. A., Nanik Indahwati, & Novilia Puspa Widiyanti. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pola Gerak Dominan. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 3(2), 192–201. https://doi.org/10.55081/jumper.v3i2.986

Safitri, N., Safriana, S., & Fadieny, N. (2023). Literatur Review: Model Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika (JPIF), 246–255. https://journal.uniga.ac.id/index.php/jpif/article/view/2811%0Ahttps://journal.uniga.ac.id/index.php/jpif/article/download/2811/1746

Supriyadi, S. (2017). Community of Practitioners: Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan antar Pustakawan. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 2(2), 83. https://doi.org/10.14710/lenpust.v2i2.13476

Venus Ihsa Mukhofi, M. (2023). GYMNASIA : PJOK DI SMP SE KABUPATEN PONOROGO Venus Ihsa Mukhofi , Mu ’ arifin Universitas Negeri Malang , Jl . Semarang No . 5 Malang , Jawa Timur , Indonesia Email korepondensi : [email protected] GYMNASIA : Pendahuluan Pendidikan menj. Http://Jurnal.Anfa.Co.Id/Index.Php/PJKR, 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.