Paradigma Masyarakat Dalam Pembelajaraan Penjas

Aqila Zahra, Muhammad Ramadhana, Mutia Rachmi

Abstract


Desa Rogojampi adalah sebuah desa di Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi dengan memiliki berbagai potensi perekonomian. Beberapa sektor pertanian yang terdapat di Desa Rogojampi antara lain aktivitas pertanian, aktivitas kreatif umkm, dan aktivitas perdagangan dan jasa. Aktivitas kreatif menjadi salah satu sektor perekonomian potensial yang ada di Desa Rogojampi. Dengan berdasarkan potensi ekonomi kreatif maka perlu dilakukan pengembangan sebagai desa kreatif. Dalam rangka upaya mengembangkan sebagai desa kreatif menghadapi tantangan dalam bidang kebencanaan. Riwayat kebencanaan yang pernah terjadi di Rogojampi meliputi banjir dan angin puting beliau serta beberapa resiko bencana lainnya. Sehingga dalam rangka menjaga keberlanjutan aktivitas kreatif dengan mempertimbangkan resiko bencana perlu dikembangkan arahan sebagai sebuah Desa Kreatif Berkelanjutan Tangguh Bencana pada Desa Rogojampi Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. Upaya arahan pengembangan sebagai desa kreatif berkelanjutan tangguh bencana perlu memperhatikan karakteristik khas desa dan kondisi kapasitas berbasis Pentagon aseet. Pentagon aseet meliputi Modal manusia, modal alam, modal sosial, modal fisik dan modal finansial. Hasil akhir penelitian ini adalah arahan pengembangan Desa Rogojampi sebagai Desa Kreatif Berkelanjutan Tangguh Bencana.

Keywords


Paradigma masyarakat; Pembelajaraan penjas

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Siti, and Ririn Astuti. 2021. “Analisis Mengenai Telaah Kurikulum K-13 Pada Jenjang Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5 (6): 6120–25. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1770.

Arifin, Syamsul. 2017. “Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik.” Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga 16 (1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666.

Ariga, Selamat. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19.” Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2 (2): 662–70. https://doi.org/10.56832/edu.v2i2.225.

Cholilah, Mulik, Anggi Gratia Putri Tatuwo, Komariah, and Shinta Prima Rosdiana. 2023. “Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21.” Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran 1 (02): 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110.

Erin Aprillia, Cut Nurhayati, and Anjani Putri Belawati Pandiangan. 2022. “Perubahan Kurikulum Pada Proses Pembelajaran.” Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial 1 (4): 402–7. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i4.78.

Fitriyah, Chumi Zahroul, and Rizki Putri Wardani. 2022. “Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 12 (3): 236–43. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243.

Frimansyah, Farhan. 2022. “Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP 7 (1): 41. https://doi.org/10.5281/zenodo.5541056.

Hita, I putu agus dharma et al. 2020. “Jurnal Menssana.” Jurnal Menssana 5 No.2 (1): 146–56.

Mustafa, Pinton Setya, and Wasis Djoko Dwiyogo. 2020. “Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di Indonesia Abad 21.” JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan 3 (2): 422–38. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268.

Nazirun, Novia, Novri Gazali, and M Fikri. 2020. “Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani.” Jurnal Penjakora 6 (2): 119. https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i2.20898.

Nopiyanto, Yahya Eko, and Dian Pujianto. 2022. “Proses Pembelajaran Penjas Adaptif Di Sekolah Luar Biasa Kota Bengkulu.” Jurnal Education and Development 10 (2): 28–34.

Nova, Andi, Muhajjir Syahputra, Julio Roberto, Muhamad Anas Surimeirian, and Dedi Nofrizal. 2023. “Management Policy for Standardization of Physical Education Learning Infrastructure at the Elementary School Level in Langsa City, Indonesia.” Indonesian Journal of Sport Management 3 (2): 198–207. https://doi.org/10.31949/ijsm.v3i2.6982.

Rosmana, Primanita Sholihah, Acep Ruswan, Lisa Nabilah, Dinda Fitriani, Yunia Nurhaliza, Anti Oktaviani, Tiominar Febrianti, and Puspita Sari. 2024. “Pembelajaran Paradigma Baru Di SD Pada Kurikulum Merdeka.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8 (1): 4665–71.

Setiyorini, Sri Rejeki, and Deni Setiawan. 2023. “Perkembangan Kurikulum Terhadap Kualitas Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Teknologi Pendidikan 1 (1): 1–12. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i1.27.

Soleman, Nuraini. 2020. “Dinamika Perkembangan Kurikulum Di Indonesia.” Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman 12 (1): 1. https://doi.org/10.46339/foramadiahi.v12i1.228.

Syafruddin, Muhammad Akbar, Andi Sahrul Jahrir, Akbar Yusuf, Ikadarny, and Akbar Yusuf. 2022. “Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Dalam Pembentukan Karakter Bangsa.” Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan 10 (2): 73–83.

Syofian, Muhammad, and Novri Gazali. 2021. “Kajian Literatur: Dampak Covid-19 Terhadap Pendidikan Jasmani.” Journal of Sport Education (JOPE) 3 (2): 93. https://doi.org/10.31258/jope.3.2.93-102.

Tri Anggini, Indah, and Afief Clara Riana Dea Suryani Retno Wulandari. 2022. “Pengelolaan Kurikulum Dan Pembelajaran.” Jurnal Multidisipliner KAPALAMADA 1 (3): 398–405. https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/Kapalamada/article/view/253/228.

Widiyatmoko, Fajar Ari, and Maftukin Hudah. 2017. “Evaluasi Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran Penjas.” Jurnal Ilmiah Penjas 3 (2): 44–60. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/587.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.