Pengaruh Media Sosial Dan Perluasan Akses Pasar Terhadap Pendapatan Umkm Di Bojonegoro

Prasetiyo Nur Cahyo, Dewi Diah Wulansari, Dyah Ayu Romadhoni, Alvina Damayanti, Imam Sujadi, Ahmad Ali Fahri, Arga Habib Saputra

Abstract


Digital marketing adalah kegiatan promosi maupun distribusi melalui media digital secara online dengan memanfaatkan berbagai sarana misalnya media sosial. Persaingan bisnis yang ketat menjadi cambuk bagi pelaku usaha terutama pelaku UMKM. Sebagai pelaku usaha tentunya ingin selalu mencapai keuntungan disetiap produk yang dihasilkan. Pada era 4.0 yang mengedepankan digitalisasi, para pelaku UMKM dapat memanfaatkan sarana jejaring sosial untuk membantu meningkatkan pendapatan secara signifikan serta meluaskan akses pasar sehingga produk yang dihasilkan dapat di jangkau hingga ke luar negeri. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dampak penggunaan media sosial terhadap peningkatan akses pasar dan pendapatan UMKM. Pengumpulan data menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Analisis data menunjukkan adanya korelasi positif antara penggunaan media sosial dan peningkatan akses pasar serta pendapatan UMKM. Hasil ini menyoroti pentingnya integrasi media sosial dalam strategi pemasaran UMKM untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan pertumbuhan bisnis secara signifikan. Mitra penelitian ini adalah UMKM bergerak di bidang F&B di kota bojonegoro. UMKM ini sudah berdiri 1 tahun lalu akan tetapi dalam kegiatan pemasarannya masih sangat minim dan konvensional. Untuk itu UMKM ini perlu diberikan pelatihan tentang pentingnya pemanfaatan digital marketing agar sistem pemasarannya menjadi lebih baik sehingga dapat memperluas akses pasar dan meningkatkan pendapatannya. Metode yang digunakan dengan memberikan tutorial membuat akun instagram, facebook, wa bussines beserta cara mengelola media digital tersebut. Penggunaan media digital dapat ditindaklanjuti dengan pembimbingan secara berkala sehingga bisa efektif dan optimal dalam menunjang kegiatan pemasaran dan meningkatkan penjualan usaha UMKM.


Keywords


Akses Pasar; Media Sosial; Pendapatan; UMKM

Full Text:

PDF

References


Erwin, E. dkk. (2023). Digital Marketing : Penerapan Digital Marketing pada Era Society 5.0 - Google Books. In PT Sonpedia Publishing Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/DIGITAL_MARKETING_Penerapan_Digital_Mark/zF7FEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=apa+itu+smm+dalam+digital+marketing&pg=PA90&printsec=frontcover

Fadli, R., Hidayati, S., Cholifah, M., Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Validitas dan Reliabilitas pada Penelitian Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Menggunakan Product Moment. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1734–1739. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1419

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Nadya, N. (2016). Peran Digital Marketing Dalam Eksistensi Bisnis Kuliner Seblak Jeletet Murni. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 1(2), 133–144. https://doi.org/10.36226/jrmb.v1i2.17

Prasetyo, D., & Fahimatul, U. (2020). Pengenalan Google My Business untuk Pemanfaatan Digital Marketing pada Pengenalan Google My Business untuk Pemanfaatan Digital Marketing …. J. Pengabdian Balerang, 2(1), 20–24. https://doi.org/10.33884/jpb.v2i01.1625.CITATIONS

Swasta Priyambada. (2017). Potensi Media Sosial bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Malanag Raya. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, November, 2–7.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.