Menilai kontribusi tambang tembaga ke dalam aspek praktik pertambangan yang baik (A good mining practices): studi kasus Desa Tongo yang berlokasi di sekitar area tambang tembaga

Lulu Luciana Putri

Abstract


Berbagai Kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh kegiatan pertambangan seperti kerusakan ekosistem, deforestasi, polusi hingga penurunan jumlah dan kualitas sumber air. Perusahan tambang memiliki tanggung jawab tersendiri untuk mengatasi kerusakan lingkungan yang diakibatkannya. Adapun untuk tujuan penelitian ini adalah  mengkaji kontribusi perusahaan pertambangan pada aspek good mining practices melalui penerapan program Corporate Social Responsibility (CSR) khususnya yang berkaitan dengan lingkungan. Salah satu pertambangan tembaga yang beroperasi di Indonesia dijadikan sebuah studi kasus untuk mendukung analisa yang dilakukan.  Penelitian ini didasarkan pada kerangka konseptual yang mengintegrasikan konsep pembangunan berkelanjutan (lingkungan, ekonomi dan sosial) dan di fokuskan pada dimensi social dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan di Desa Tongo Kecamatan sekongkang kabupaten Sumbawa Barat. Pendekatan kualitatif, dengan melakukan analisis terhadap literatur yang relevan, kebijakan perusahaan, dan studi kasus tentang praktik-praktik CSR khusus dalam aspek lingkungan dan sosial pada industri tambang tembaga. Dari hasil studi literatur, dan wawancara dengan pemangku kepentingan didapatkan bahwa pertambangan tembaga PTAMNT telah melakukan berbagai kegiatan yang mereflesikan a good mining practices khsusunya dalam memelihara lingkungan dan menciptakan pembangunan berkelanjutan. Dampak positif terhadap pelaksanaan a good mining practices tersebut antara lain penanaman pohon untuk meningkatkan prosentase tutupan lahan di sekitar lokasi kegiatan pertambangan. Jika dikuantifikasi dengan jumlah penyerapan CO2 sebuah pohon sekitar 10-kilogram pertahun selama 20 tahun kehidupan pertamanya maka program penanaman pohon sejumlah 500 pohon akan memberikan kontribusi penyerapan CO2 sebesar 5000 kilogram/tahun.

Keywords


Environmental; CorporateSocial Responsibility; Good mining practices

Full Text:

PDF

References


Agung Hardiyanto, M., Wijaya Setiawan, K., Adi Sasongko, N., Zakky Almubaroq, H., Studi Ketahanan Energi, P., Manajemen Pertahanan, F., & Pertahanan Republik Indonesia, U. (2023). Penerapan Good Mining Practice (Gmp) Guna Mendukung Net Zero Emission 2060 (Studi Kasus: PT Vale Indonesia). Jurnal Kewarganegaraan, 7(2).

Ananda, Y. (2022). Kerusakan Lingkungan Akibat Kegiatan Penambangan Emas Ilegal Di Kabupaten Murung Raya, (Kalteng). Pusat Publikasi S-1 Pendidikan IPS FKIP ULM, 1(1), 1–11.

Endah, K. (2020). Pemberdayaan Masyarakat : Menggali Potensi Lokal Desa. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(1), 135–143. https://jurnal.unigal.ac.id/moderat/article/view/3319/2914

Engel. (2014). Pertanggungjawaban Perusahaan Pertambangan Dalam Kerusakan Lingkungan Hidup Di Indonesia. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, II(2), 37–47.

Ilmiah Oleh, J. (t.t.). EFEKTIFITAS PELAKSANAAN REKLAMASI TANAH EKS TAMBANG PT AMMAN MINERAL NUSA TENGGARA DI KABUPATEN SUMBAWA BARAT.

Kenotariatan, J. R., Irfan, M., Fathony, M. Y., & Asy, H. (2021). IMPLIKASI PENERAPAN CORPORATE R SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) SEBAGAI BENTUK TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAAN PERTAMBANGAN DI KECAMATAN HU’U KABUPATEN DOMPU (Vol. 2, Nomor 2). https://doi.org/10.29303/

Mela Dondo Burhanuddin Kiyai, S. (t.t.). DAMPAK SOSIAL PENGELOLAAN TAMBANG EMAS DI DESA BAKAN KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW (Vol. 2021).

Setiawan, T., Adriana, F., Pardomuan, ), & Sihombing, R. (t.t.). KARAKTERISTIK PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE (CSRD) Company Characteristics, Profitability and Corporate Social Responsibility Disclosure (CSRD). Dalam Journal of Business & Applied Management (Vol. 14, Nomor 1). http://journal.ubm.ac.id/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.