Menuju Kemajuan Sosial dan Humaniora: Membangun Desa-desa Unggul Untuk Indonesia

Suci Tri Handayani

Abstract


Makalah ini bertujuan untuk mengungkap isu-isu kajian di bidang sosial dan humaniora tentang pentingnya pembangunan desa sebagai tulang punggung Indonesia memiliki potensi besar untuk menggerakkan kemajuan sosial dan humaniora yang signifikan menuju Desa unggul. Penelitian ini menggunakan hasil pemikiran sendiri ditambah data-data pendukung yang diperoleh dari sumber referensi, baik buku maupun jurnal. Hasil dari makalah ini menyoroti pentingnya fokus pada aspek-aspek seperti pendidikan, kesehatan, keadilan sosial, dan partisipasi masyarakat dalam upaya membangun desa yang berdaya saing dan berkelanjutan. Melalui pendekatan yang holistik dan kolaboratif antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta, pembangunan desa dapat menjadi katalisator utama atau mempercepat pertumbuhan dalam mewujudkan visi Indonesia yang lebih inklusif dan berkeadilan.

Keywords


Sosial, Humaniora, Desa Unggul

Full Text:

PDF

References


Anon. n.d. “KONTRIBUSI DANA DESA DALAM MENURUNKAN ANGKA KEMISKINAN DI KABUPATEN MELAWI Irma Setianingsih.” 1–18.

Devi Deswimar, Almasri; (2014). “Peran Program Pemberdayaan Masyarakat Desa Dalam Pembangunan Pedesaan.” Jurnal EL-RIYASAH 5(1):41. doi: 10.24014/jel.v5i1.657.

Dilahur, D. 2016. “Geografi Desa dan Pengertian Desa.” Forum Geografi 8(2):119. doi: 10.23917/forgeo.v8i2.4826.

Dr.Ulber Silalahi, Ma. (2012). Metode Pnelitian Sosial. Bandung.

Faisal, Muhammad. (2018). “Implikasi Program Dana Desa Terhadap Kohesi Sosial Di Desa Tamalate Kabupaten Takalar.” Sosiohumaniora 20(3):222. doi: 10.24198/sosiohumaniora.v20i3.16070.

Henriyani, Etih. (2019). “Program Inovasi Desa ; Antara Peluang Dan Tantangan.” FISIP Universitas Galuh Ciamis 69.

Kedua, Edisi. n.d. “untuk Mewujudkon Deso Unggul don Berkelonjuton.”

Nuzulia, Atina. (1967). “済無No Title No Title No Title.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 5–24.

Sauri, Sofyan, dan Tika Afrilla. 2022. “Ilmu Sosial dan Humaniora Sebagai Bagian Perkembangan Filsafat.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4:10626–32.

Yanuarsari, Revita, Iwan Asmadi, Hendi Suhendraya Muchtar, dan Rita Sulastini. (2021). “Peran Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam Meningkatkan Kemandirian Desa.” Jurnal Basicedu 5(6):6307–17. doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1828.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.