Satu Dekade Implementasi Software Cabri 3D Dalam Pembelajaran Geometri

Arba Dinra Meikantari, Syaharuddin Syaharuddin, Malik Ibrahim, Habib Ratu Perwira Negara

Abstract


Abstract: Technology is very helpful in the field of education, such as with various software. One of them is Cabri 3D software. The Cabri 3D program is one of the tools in learning mathematics, one of which is learning geometry. The purpose of this meta-analysis is to re-analyze the results of these studies or scientific publications related to a decade of geometry learning. The method used in this research is a meta-analysis using Cabri 3D software in Geometry learning as much as 30 data. The data were collected from indexing databases such as Scopus, Directory of Open Access Journal, Wordcat, Google Scholar. The filtered data are the results of research containing Fisher's test (F), student's test (t), correlation test (r), and the number of students (N), then analyzed using meta-analysis through effect size values and standard errors to see a summary. effect sizes. The results of data analysis using JASP software show that there is a significant effect on geometry learners with an estimated impact of 0.399 or equal to 40% which is included in the very poor category. This value indicates that of course the use of Cabri 3D does not fully support geometry learning.

Abstrak: Teknologi sangat membantu dalam bidang pendidikan, seperti dengan adanya berbagai software. Salah satunya software Cabri 3D. Program Cabri 3D merupakan salah satu tool bantu dalam pembelajaran matematika,salah satunya adalah pembelajaran geometri. Tujuan dari penelitian meta-analisis ini adalah menganalisis kembali hasil-hasil penelitian atau publikasi ilmiah tersebut yang berkaitan dengan pembelajaran geometri satu dekade. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta-analisi menggunakan software Cabri 3D dalam pembelajaran geometri sebanyak 30 data.data dikumpulkan dari database pengindeks seperti, scopus, directory of open access journal, wordcat, google scholar. Data yang difilter adalah hasil penelitian yang memuat uji fisher (f), uji student (t), uji kolerasi (r), dan jumlah peserta didik (n), kemudian dianalisis menggunakan meta-analisis melalui nilai effect size dan standart error untuk melihat summary effect size. Hasil analisis data menggunakan software jasp menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikkan dengan dalam pembelajar geometri dengan estimasi dampak sebesar 0,51 atau sama dengan 51% yang termasuk katagori sangat kurang. Nilai ini menunjukkan bahwa tentunya tidak sepenuhnya penggunaan Cabri 3D mendukung dalam pembelajaran geometri.

 


Keywords


Cabry 3D, Geometry, Meta Analysis,

Full Text:

PDF

References


Amalia. (2018). Volume 1 Nomor 1 , Januari – Juni 2018 , halaman 7 – 13 Tersedia Daring pada https://ejurnalunsam.id/index.php/JDM Penerapan Model Brain Based Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Dengan Cabri 3D Pada Materi Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunik. 1, 7–13.

Batubara, N. A. (2018). Pengaruh Software Cabri 3D V2 Plus Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di Sma. Jurnal Pendidikan Tambusai |, 2(4), 882–889. ISSN:2614–3097.

Buchori, A., & Masduki, L. R. (2015). Pengembangan Cd Pembelajaran Berbantu Cabri 3D Dengan Model Problem Based Learning Di Sekolah Menengah Atas. Euclid, 2(2), 296–305. https://doi.org/10.33603/e.v2i2.364

Dewi, R. K. (2020). Pemanafaatan Media 3 Dimensi Berbasis Virtual Reality Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd. Jurnal Pendidikan, 21(1), 28–37. https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.732.2020

Dhosa, P. Y. (2018). Journal of songke math. Joornal of Songke Math, 1(2), 10–21.

Diah Ayu Indraningtias, A., & Wijaya, R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(5), 24–36. perangkat pembelajaran, pendekatan matematika realistik, kemampuan berpikir kritis Abstract

Geometri, S., Kullanılan, Ö., & Etkisi, Ö. (2013). 8. Sınıf Geometri Öğretiminde Kullanılan Cabri 3D’nin Kavramsal Öğrenmeye Etkisi 1. 4(3), 224–241.

Hendriana. (2019). , Edi Supriadi. 5(2), 1–11.

Junianti, N. M., Wiarta, I. W., & Wiyasa, K. N. (2020). Model Eliciting Activities Berbasis Kontekstual Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Sd. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2), 281–289.

Keskin. (2015). 6 TH International Visible Conference On Educational Studies And Applied Linguistics April 26-27 , 2015 Erbil (Issue June). https://www.academia.edu/22125004/6_TH_INTERNATIONAL_VISIBLE_CONFERENCE_

Novenda, K. mony, & Agustika, gusti ngurah sastra. (2020). Aplikasi Cabri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang. Journal for Lesson and …, 3(2), 264–271. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/27250

Noviani, J., Syahputra, E., & Murad, A. (2017). The effect of Realistic Mathematic Education (RME) in improving primary school students’ spatial ability in subtopic two dimension shape. Journal of Education and Practice, 8(34), 112–126.

Nurjanah, Latif, B., Yuliardi, R., & Tamur, M. (2020). Computer-assisted learning using the Cabri 3D for improving spatial ability and self- regulated learning. Heliyon, 6(11), e05536. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05536

Palupi, T. Y. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Berbantu Software Cabri 3D Dengan Pendekatan Brain Based Learning Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Aksioma, 7(2), 69. https://doi.org/10.26877/aks.v7i2.1421

Paradesa, R. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Transformasi Berbasis Visual. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA, 2(1), 56–84.

Putra, F. G. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Software Cabri 3D Di Tinjau Dari Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 143–154. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.43

Ramadani, I., Zulkarnain, Z., & Saragih, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Van Hiele Berbantu Software Cabri 3D Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX MTSN Andalan Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 3(2), 1–11.

Richi, N. ., & . M. . (2017). Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Cabri 3D Di Kelas Viii Smp Negeri 27 Medan. Inspiratif : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 86–95. https://doi.org/10.24114/jpmi.v3i1.8886

ROHMAN, Y., Puspita, L., & Toybah, T. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Cabri 3D Berbantuan Media Konkrit Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sdn 41 Palembang …. https://repository.unsri.ac.id/38055/

Septiasari, P., Dantes, N., & Suastra, W. (2020). Pengaruh Model Reciprocal Teaching Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ipa Kelas V. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 85–94.

Tama, B. J., Rezeki, S., & Hikmah, R. (2020). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dengan Menggunakan Cabri 3D. Journal of Instructional Mathematics, 1(1), 38–43. https://doi.org/10.37640/jim.v1i1.265

Wahyuni, A., & Rudhito, M. A. (2012). Efektivitas Pembelajaran Dengan Program Cabri 3D Dibanding Pembelajaran Konvensional Pada Topik Jarak Garis Dengan Bidang Dalam Bangun Ruang Kelas X SMA N 1 Depok Sleman. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 1–191. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/fitriana-yuli-saptanningtyas-spd-msi/1-makalah-pendidikan-matematika.pdf

Widiastuti, E. R., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Software Cabri 3D V2 terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1687–1699. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.690

Winarti, E. R., & Kharis, M. (2014). Implementasi Pembelajaran Mea Berbantuan Cabri 3D Terhadap Hasil Belajar Materi Jarak. Unnes Journal of Mathematics Education., 3(1), 41–47.

Yanty Putri Nasution, E. (2017). Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa Melalui Pembelajaran Geometri Berbantuan Cabri 3D. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 179–194. https://doi.org/10.31943/mathline.v2i2.45

Yuliyanto, A., Amalia, D. M., & Muqodas, I. (2020). Use of instagram to improve verbal-linguistic intelligence and kinesthetic-body intelligence of low-class students through scientific approach in primary schools. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 112. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6344

Zainal, Z. (2018). Meningkatkan Peringkat Berfikir Geometri Siswa SMP di Parepare Berdasarkan Teori Van Hiele. Saintifik, 4(1), 54–62. https://doi.org/10.31605/saintifik.v4i1.144


Refbacks

  • There are currently no refbacks.