Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Mobilitas Sosial Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Kelas XI SMA

Suparman Suparman, Syamsu Andi Kamaruddin

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sosiologi pada siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Enrekang melalui model pembelajaran Group Investigation dalam memahami materi tentang Mobilitas Sosial. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPS dengan jumlah siswa 15 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Pada pelaksanaannya pembelajaran Group Investigation merupakan suatu tindakan yang diberikan siswa untuk meningkatkan hasil belajar sosiologi pada siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kulitatif. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Setelah di lakukan pembelajaran dengan penerapan pembelajaran Group Investigation selama dua siklus pembelajaran, di peroleh hasil sebagai berikut: (1) Hasil belajar sosiologi siswa pada siklus pertama berada pada ketegori dengan skor sangat rendah 6,6%, Skor rendah 20%,skor sedang 46%, skor tinggi 26% dan skor sangat tinggi 0%. (2) Hasil belajar sosiologi siswa pada siklus kedua berada pada kategori dengan skor sangat rendah 0%, skor randah 6,6%,Skor sedang 20% skor tinggi 53% dan skor sangat tinggi 20% . (3) Hasil analisis kualitatif manunjukkan adanya perubahan yang terjadi pada sikap siswa selama proses pembelajaran sesuai dengan hasil observasi yaitu dengan adanya penerapan pembelajaran Group Investigation pada pokok bahasan Mobilitas Sosial dapat meningkatkan minat belajar siswa serta dapat meningkatkan kehadiran siswa.

Keywords


Model Pembelajaran; Group Investigation; Hasil Belajar; Mobilitas sosial.

Full Text:

PDF

References


Afikri. dkk (2014). Indahnya Kebersamaan: buku siswa. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud

Astuti, Y. A. (2013). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sosiologi. SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 3(1). http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sosant/article/view/2218

Arifin, Zainal. (2014). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi. Dkk. (2015). Penelitian Tindakan Kelas Jakarta: Bumi Aksara

Darmadi, Hamid. (2015). Desain dan Implementasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung: Alfabeta

Ermi, N. (2016). penggunaan media LKS dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal Pendidikan, 8(1), 34–45. file:///C:/Users/Nia/Downloads/4388-8677-1-SM (2).pdf

Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 53–64.

Irawati, E., & Susetyo, W. (2017). Implementasi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional di Blitar. Jurnal Supremasi, 7(1), 3. https://doi.org/10.35457/supremasi.v7i1.374

Kadiriandi, R., & Ruyadi, Y. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Model Two Stay Two Stray (Tsts) Terhadap Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Sosiologi Di Sma Pasundan 3 Bandung. Sosietas, 7(2), 429–433. https://doi.org/10.17509/sosietas.v7i2.10362

Kususmawardani, I., Purnomo, A., & Towaf, S. M. (2018). Efektifitas Model REACT dalam Meningkatkan Pengetahuan Siswa Tentang Pembelajaran IPS Materi Mobilitas Sosial. Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal, 6(1), 11–18.

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324

Nasution, E. (2018). Problematika Pendidikan di Indonesia. Urnal Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah IAIN Ambon, 1–10.

Sumertha, I. G. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 195. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17908

Tanujaya, Benidiktus. Mumu. (2016). Penelitian Tindakan Kelas; Panduan Belajar, Mengajar, dan Meneliti. Yogyakarta: Media Akademi

Suparman. (2021). meningkatkan hasil belajar sosiologi melalui model pembelajaran group investigation pada siswakelas XI IPS. Bajangjournal, 1(3), 6.

Suparman, D. (2019). Development of discussion learning model and personal investigation in classroom sociology learning xi ips sma muhammadiyah enrekang. 6(1), 35–40.

Zahrawati, F. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Siswa. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 71–79.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.